PT SUKSES MAKMUR Menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Prima Bagi Karyawan Yang Bertugas Pada Bagian Customer Services, Pasca Pelatihan

- Redaksi

Thursday, 5 June 2025 - 09:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PT Sukses Makmur baru-baru ini menyelenggarakan pelatihan Pelayanan Prima untuk karyawan Customer Services. Setelah pelatihan, bagian pengembangan SDM melakukan evaluasi, salah satunya berfokus pada modul pelatihan yang digunakan. Evaluasi ini penting untuk mengukur efektivitas pelatihan dan melakukan perbaikan di masa mendatang.

Kasus ini menarik untuk dikaji menggunakan dua model evaluasi yang berbeda: model Abruzzese dan model Alpasch. Kedua model ini memberikan perspektif yang berbeda namun saling melengkapi dalam menilai efektivitas pelatihan.

Analisis Model Evaluasi Abruzzese

Model Abruzzese menawarkan pendekatan evaluasi pelatihan yang komprehensif. Model ini mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari reaksi peserta (reaction), proses pelatihan, hasil pelatihan, hingga dampak jangka panjang pelatihan terhadap kinerja individu dan organisasi. Ini merupakan kerangka evaluasi yang holistik.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam kasus PT Sukses Makmur, fokus evaluasi terhadap modul pelatihan terletak pada basis evaluasi reaksi. Evaluasi reaksi berfokus pada bagaimana peserta merespon pelatihan, meliputi kepuasan, minat, dan persepsi mereka terhadap relevansi dan manfaat modul pelatihan. Metode pengumpulan data biasanya berupa survei atau kuesioner pasca pelatihan.

Baca Juga :  Bagaimana Google Slides dapat Memfasilitasi Kolaborasi dalam Sebuah Tim?

Meskipun model Abruzzese juga mencakup evaluasi proses, hasil, dan dampak, evaluasi terhadap modul pelatihan pada kasus ini lebih tepat dikategorikan sebagai evaluasi reaksi. Ini merupakan langkah awal yang penting untuk memahami persepsi peserta sebelum melangkah ke tahap evaluasi yang lebih kompleks.

Analisis Model Evaluasi Alpasch

Model Alpasch juga memberikan kerangka kerja untuk mengevaluasi pelatihan. Meskipun kurang populer dibandingkan model Kirkpatrick, model ini menawarkan kerangka yang terstruktur. Model ini mengklasifikasikan evaluasi pelatihan ke dalam beberapa tingkat.

Survei terhadap modul pelatihan dalam kasus PT Sukses Makmur akan masuk dalam tingkat reaksi (reaction level) menurut model Alpasch. Tingkat reaksi fokus pada persepsi dan kepuasan peserta terhadap pelatihan secara langsung. Ini meliputi aspek-aspek seperti materi, metode penyampaian, dan fasilitas pelatihan.

Baca Juga :  Doa Meminta Pertolongan Allah SWT, Jangan Lupakan saat Kondisi Terdesak

Tingkat reaksi merupakan tahap awal dan penting dalam evaluasi Alpasch. Informasi yang diperoleh pada tingkat ini sangat berharga untuk meningkatkan kualitas pelatihan selanjutnya. Model Alpasch juga mencakup tingkat evaluasi lain seperti pembelajaran (learning), perilaku (behavior), dan hasil (results), namun dalam konteks evaluasi modul pelatihan, tingkat reaksi menjadi fokus utama.

Perbandingan dan Kesimpulan

Baik model Abruzzese maupun Alpasch menunjuk pada evaluasi reaksi sebagai kategori yang paling tepat untuk menilai survei terhadap modul pelatihan di PT Sukses Makmur. Hal ini menekankan pentingnya mendengarkan umpan balik peserta secara langsung sebagai langkah awal dalam memastikan efektivitas pelatihan.

Data yang dikumpulkan dari evaluasi reaksi ini sangat berharga untuk perbaikan modul pelatihan di masa mendatang. Perbaikan dapat mencakup penyederhanaan materi, penggunaan metode pengajaran yang lebih interaktif, atau penyesuaian konten agar lebih relevan dengan kebutuhan peserta. Evaluasi reaksi merupakan fondasi penting untuk evaluasi yang lebih komprehensif dan terarah.

Baca Juga :  Menuntut Ilmu Hendaknya dengan Niat yang Lurus: Kunci Keberkahan dan Kesuksesan

Evaluasi yang komprehensif, memperhatikan aspek reaksi, proses, hasil, dan dampak akan memberikan gambaran yang lebih utuh tentang efektivitas pelatihan dan membantu PT Sukses Makmur meningkatkan kualitas pelayanan prima karyawannya. Dengan demikian, investasi dalam pelatihan akan memberikan return yang maksimal bagi perusahaan.

Selain itu, penting bagi PT Sukses Makmur untuk mempertimbangkan implementasi evaluasi berkelanjutan. Tidak hanya mengevaluasi modul pelatihan saja, namun juga efektivitas pelatihan secara keseluruhan dalam meningkatkan kinerja karyawan Customer Services. Hal ini dapat diukur melalui peningkatan kepuasan pelanggan, penurunan tingkat komplain, atau peningkatan efisiensi operasional.

Berita Terkait

Kenalan Yuk dengan SMPN 3 Brebes: Sekolah Favorit dengan Semangat Berprestasi!
SD Muhammadiyah 1 Tanggul: Sekolah Unggulan dengan Sentuhan Islami dan Teknologi
Apakah Boleh Potong Kuku Menjelang Idul Adha? Simak Begini Pandangan Islam
SEBUAH Warehouse Ingin Membuat Standar Kerja Untuk Aktivitas Bongkar Muat Agar Bisa Memperbaiki Performance Kinerjanya, Manajer Gudang Menilai
BAGAIMANA Metode Antrian Dapat Membantu Organisasi Dalam Meningkatkan Layanan Pelanggan Dan Efisiensi Operasional?
APA Saja Kesulitan Yang Dihadapi Oleh UMKM, Baik Dari Faktor Internal Maupun Faktor Eksternal? Berikan Contoh Jenis UMKM Yang Anda Ketahui
SEBUAH Perusahaan Teknologi Sedang Mengalami Lonjakan Proyek Dan Perlu Menentukan Tim Yang Paling Cocok Untuk Setiap Proyek, Dengan Metode Assignment
TIPIFIKASI Merupakan Fenomena Atau Gambaran Dari Suatu Objek Yang Ada Diluar Sana, Ada Beberapa Tipifikasi Yang Dianggap Penting Dalam Kaitannya
Tag :

Berita Terkait

Friday, 6 June 2025 - 19:49 WIB

Kenalan Yuk dengan SMPN 3 Brebes: Sekolah Favorit dengan Semangat Berprestasi!

Friday, 6 June 2025 - 19:36 WIB

SD Muhammadiyah 1 Tanggul: Sekolah Unggulan dengan Sentuhan Islami dan Teknologi

Thursday, 5 June 2025 - 14:42 WIB

Apakah Boleh Potong Kuku Menjelang Idul Adha? Simak Begini Pandangan Islam

Thursday, 5 June 2025 - 10:35 WIB

SEBUAH Warehouse Ingin Membuat Standar Kerja Untuk Aktivitas Bongkar Muat Agar Bisa Memperbaiki Performance Kinerjanya, Manajer Gudang Menilai

Thursday, 5 June 2025 - 10:25 WIB

BAGAIMANA Metode Antrian Dapat Membantu Organisasi Dalam Meningkatkan Layanan Pelanggan Dan Efisiensi Operasional?

Berita Terbaru

Redmi Pad 2 (Dok. Ist)

Berita

Redmi Pad 2 Resmi Hadir, Tablet Murah dengan Fitur Mumpuni

Friday, 6 Jun 2025 - 15:34 WIB

Dawet Bayat (Dok. Ist)

kuliner

Dawet Bayat, Minuman Tradisional Legendaris dari Klaten

Friday, 6 Jun 2025 - 15:31 WIB