PT Sukses Makmur baru-baru ini menyelenggarakan pelatihan Pelayanan Prima untuk karyawan Customer Services. Setelah pelatihan, bagian pengembangan SDM melakukan evaluasi, salah satunya berfokus pada modul pelatihan yang digunakan. Evaluasi ini penting untuk mengukur efektivitas pelatihan dan melakukan perbaikan di masa mendatang.
Kasus ini menarik untuk dikaji menggunakan dua model evaluasi yang berbeda: model Abruzzese dan model Alpasch. Kedua model ini memberikan perspektif yang berbeda namun saling melengkapi dalam menilai efektivitas pelatihan.
Analisis Model Evaluasi Abruzzese
Model Abruzzese menawarkan pendekatan evaluasi pelatihan yang komprehensif. Model ini mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari reaksi peserta (reaction), proses pelatihan, hasil pelatihan, hingga dampak jangka panjang pelatihan terhadap kinerja individu dan organisasi. Ini merupakan kerangka evaluasi yang holistik.
ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT
Dalam kasus PT Sukses Makmur, fokus evaluasi terhadap modul pelatihan terletak pada basis evaluasi reaksi. Evaluasi reaksi berfokus pada bagaimana peserta merespon pelatihan, meliputi kepuasan, minat, dan persepsi mereka terhadap relevansi dan manfaat modul pelatihan. Metode pengumpulan data biasanya berupa survei atau kuesioner pasca pelatihan.
Meskipun model Abruzzese juga mencakup evaluasi proses, hasil, dan dampak, evaluasi terhadap modul pelatihan pada kasus ini lebih tepat dikategorikan sebagai evaluasi reaksi. Ini merupakan langkah awal yang penting untuk memahami persepsi peserta sebelum melangkah ke tahap evaluasi yang lebih kompleks.
Analisis Model Evaluasi Alpasch
Model Alpasch juga memberikan kerangka kerja untuk mengevaluasi pelatihan. Meskipun kurang populer dibandingkan model Kirkpatrick, model ini menawarkan kerangka yang terstruktur. Model ini mengklasifikasikan evaluasi pelatihan ke dalam beberapa tingkat.
Survei terhadap modul pelatihan dalam kasus PT Sukses Makmur akan masuk dalam tingkat reaksi (reaction level) menurut model Alpasch. Tingkat reaksi fokus pada persepsi dan kepuasan peserta terhadap pelatihan secara langsung. Ini meliputi aspek-aspek seperti materi, metode penyampaian, dan fasilitas pelatihan.
Tingkat reaksi merupakan tahap awal dan penting dalam evaluasi Alpasch. Informasi yang diperoleh pada tingkat ini sangat berharga untuk meningkatkan kualitas pelatihan selanjutnya. Model Alpasch juga mencakup tingkat evaluasi lain seperti pembelajaran (learning), perilaku (behavior), dan hasil (results), namun dalam konteks evaluasi modul pelatihan, tingkat reaksi menjadi fokus utama.
Perbandingan dan Kesimpulan
Baik model Abruzzese maupun Alpasch menunjuk pada evaluasi reaksi sebagai kategori yang paling tepat untuk menilai survei terhadap modul pelatihan di PT Sukses Makmur. Hal ini menekankan pentingnya mendengarkan umpan balik peserta secara langsung sebagai langkah awal dalam memastikan efektivitas pelatihan.
Data yang dikumpulkan dari evaluasi reaksi ini sangat berharga untuk perbaikan modul pelatihan di masa mendatang. Perbaikan dapat mencakup penyederhanaan materi, penggunaan metode pengajaran yang lebih interaktif, atau penyesuaian konten agar lebih relevan dengan kebutuhan peserta. Evaluasi reaksi merupakan fondasi penting untuk evaluasi yang lebih komprehensif dan terarah.
Evaluasi yang komprehensif, memperhatikan aspek reaksi, proses, hasil, dan dampak akan memberikan gambaran yang lebih utuh tentang efektivitas pelatihan dan membantu PT Sukses Makmur meningkatkan kualitas pelayanan prima karyawannya. Dengan demikian, investasi dalam pelatihan akan memberikan return yang maksimal bagi perusahaan.
Selain itu, penting bagi PT Sukses Makmur untuk mempertimbangkan implementasi evaluasi berkelanjutan. Tidak hanya mengevaluasi modul pelatihan saja, namun juga efektivitas pelatihan secara keseluruhan dalam meningkatkan kinerja karyawan Customer Services. Hal ini dapat diukur melalui peningkatan kepuasan pelanggan, penurunan tingkat komplain, atau peningkatan efisiensi operasional.