Berikut ini adalah 20 soal PTS (Penilaian Tengah Semester) dan STS (Soal Tematik) mata pelajaran IPA kelas 5 SD semester 1 Kurikulum Merdeka tahun 2025, lengkap dengan kunci jawabannya. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep dasar IPA yang telah dipelajari selama semester 1.
Soal-soal ini mencakup berbagai topik, termasuk rantai makanan, transfer energi, sifat-sifat cahaya dan bunyi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berlatih mengerjakan soal-soal ini, siswa diharapkan dapat mempersiapkan diri menghadapi PTS dan STS dengan lebih baik.
Soal dan Kunci Jawaban PTS/STS IPA Kelas 5 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka Tahun 2025
Berikut 20 soal pilihan ganda dan kunci jawabannya. Bacalah setiap soal dengan teliti dan pilihlah jawaban yang paling tepat.
ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT
1. Perhatikan makhluk hidup berikut: 1. tanaman pisang, 2. ayam, 3. singa, 4. fitoplankton. Makhluk hidup yang memperoleh energi dengan cara memakan makhluk hidup lain adalah …. A. 1 dan 2 B. 1 dan 4 C. 2 dan 3 D. 3 dan 4
Kunci Jawaban: C. Singa dan ayam adalah hewan karnivora dan omnivora yang memperoleh energi dengan memakan makhluk hidup lain.
2. Pernyataan yang benar terkait transfer energi dalam jaring-jaring makanan adalah … (Beberapa pernyataan diberikan tentang persentase energi yang digunakan dan disimpan makhluk hidup, serta peran produsen).
Kunci Jawaban: (Jawaban yang tepat akan bergantung pada pernyataan yang diberikan dalam soal asli. Pastikan pernyataan yang tepat mengenai persentase energi yang digunakan untuk aktivitas dan disimpan, serta peran produsen sebagai sumber utama energi dalam rantai makanan).
3. Perhatikan rantai makanan berikut: Sayur → siput → katak → ular. Jika terjadi perburuan katak sawah secara besar-besaran, akibatnya adalah …. A. populasi siput berkurang B. populasi sayur berkurang C. populasi ular bertambah D. populasi cacing bertambah
Kunci Jawaban: B. Karena katak memakan siput yang memakan sayur, maka berkurangnya populasi katak akan menyebabkan peningkatan populasi siput, yang selanjutnya akan mengakibatkan berkurangnya populasi sayur.
4. Berdasarkan teks tentang periskop, sifat cahaya yang dimanfaatkan adalah … A. pembiasan cahaya B. perambatan lurus cahaya C. pemantulan cahaya D. perambatan cahaya menembus benda bening
Kunci Jawaban: C. Periskop memanfaatkan pemantulan cahaya pada cermin untuk memindahkan bayangan objek ke mata pengamat.
5. Alasan periskop banyak digunakan pada kapal selam adalah … A. Melihat benda di bawah air tanpa cahaya B. Memanfaatkan pembiasan cahaya C. Melihat keadaan di atas permukaan air saat di bawah permukaan D. Menyerap cahaya di dalam air dan menyalurkannya ke mata
Kunci Jawaban: C. Periskop memungkinkan kru kapal selam untuk mengamati permukaan laut tanpa harus menampakkan kapal selam ke permukaan.
6. Dua orang, satu di darat dan satu di dalam air, berteriak bersamaan dari jarak sama. Siapa yang suaranya terdengar lebih dulu? A. Orang di darat B. Orang di dalam air C. Keduanya bersamaan D. Keduanya tidak terdengar
Kunci Jawaban: B. Bunyi merambat lebih cepat di dalam air daripada di udara.
7. Sinta dapat mendengar musik dengan jelas meskipun duduk jauh dari panggung karena … A. Bunyi tidak butuh medium B. Bunyi tidak tembus udara C. Bunyi merambat melalui udara D. Bunyi hanya merambat melalui zat padat
Kunci Jawaban: C. Bunyi merambat melalui udara sebagai medium.
8. Pernyataan benar tentang rantai makanan: Bunga → Kupu-kupu → Katak → Ular adalah … A. Bunga berfotosintesis B. Katak mendapat energi dari ular C. Ular pengurai D. Kupu-kupu puncak rantai makanan
Kunci Jawaban: A. Bunga sebagai produsen melakukan fotosintesis.
9. Makhluk hidup yang menguraikan senyawa organik menjadi nutrisi dalam tanah disebut …. A. predator B. produsen C. dekomposer D. konsumen
Kunci Jawaban: C. Dekomposer seperti jamur dan bakteri mengurai materi organik.
10-12. Soal berdasarkan bacaan tentang ekosistem sawah yang terancam. (Soal dan kunci jawaban akan bergantung pada bacaan yang diberikan).
13. Transfer energi dari produsen ke konsumen I ditunjukkan oleh nomor … (Beberapa pernyataan diberikan tentang interaksi makhluk hidup).
Kunci Jawaban: (Jawaban yang tepat akan bergantung pada pernyataan yang diberikan dalam soal asli. Perhatikan hubungan makan memakan antara produsen dan konsumen primer).
14. Contoh hewan konsumen I (primer), kecuali … A. Kelinci makan wortel B. Kambing makan rumput C. Ular makan tikus D. Sapi makan rumput
Kunci Jawaban: C. Ular adalah konsumen sekunder (karnivora).
15. Pernyataan tepat tentang perambatan cahaya: 1. Matahari sumber cahaya tunggal 2. Cahaya dipantulkan cermin 3. Air perlu untuk cahaya bergerak 4. Cahaya tidak butuh media
Kunci Jawaban: (Jawaban yang tepat akan bergantung pada pernyataan yang diberikan dalam soal asli. Perhatikan sifat cahaya yang tidak memerlukan medium untuk merambat dalam ruang hampa).
16. Air kolam tampak dangkal namun sebenarnya dalam, karena … A. Pemantulan cahaya B. Pembiasan cahaya C. Penguraian cahaya D. Cahaya merambat lurus
Kunci Jawaban: B. Pembiasan cahaya menyebabkan perubahan arah rambat cahaya saat melewati medium yang berbeda (udara dan air).
17. Komponen yang diperlukan agar kita dapat melihat: 1. Air 2. Cahaya 3. Udara 4. Mata
Kunci Jawaban: C. Mata (indra penglihatan) dan cahaya sangat penting untuk melihat.
18. Manfaat cahaya di bidang kesehatan: 1. Menghilangkan tulang 2. Menghangatkan tubuh 3. Operasi mata 4. Mengobati penyakit kulit
Kunci Jawaban: A. Cahaya digunakan dalam beberapa prosedur medis seperti operasi dan terapi.
19. Astronot tidak dapat mendengar di luar angkasa karena … A. Tidak ada medium B. Tidak ada sumber bunyi C. Tidak ada cahaya D. Tidak ada benda bergerak
Kunci Jawaban: A. Bunyi memerlukan medium untuk merambat.
20. Adit berteriak pada kaleng kosong utuh (A), Budi pada kaleng kosong berlubang (B). Pernyataan benar: A. Pantulan A lebih keras B. Pantulan B lebih keras C. Pantulan A dan B sama D. Tidak ada pantulan
Kunci Jawaban: A. Kaleng utuh memantulkan bunyi lebih baik daripada kaleng berlubang.
Semoga soal-soal dan kunci jawaban ini bermanfaat bagi siswa kelas 5 SD dalam mempersiapkan diri menghadapi PTS dan STS IPA semester 1 Kurikulum Merdeka.