Jumlah Distribusi Frekuensi Masyarakat Pemilik Sertipikat Tanah di Desa Kulo Tanga di Jawa Timur, Sebagai Berikut: 4 2 3 3 2 8 7 7 1 4 4 3 3 12 20 6 2

- Redaksi

Tuesday, 24 December 2024 - 09:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi dengan Kaidah Sturges pada Data Masyarakat Pemilik Sertifikat Tanah di Desa Kulo Tanga, Jawa Timur

Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi dengan Kaidah Sturges pada Data Masyarakat Pemilik Sertifikat Tanah di Desa Kulo Tanga, Jawa Timur

SwaraWarta.co.idDalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat tabel distribusi frekuensi menggunakan kaidah Sturges pada data jumlah masyarakat pemilik sertifikat tanah di Desa Kulo Tanga, Jawa Timur. Data yang diberikan adalah sebagai berikut:

Soal Lengkap:

Jumlah distribusi frekuensi masyarakat pemilik sertipikat tanah di Desa Kulo Tanga di Jawa Timur, sebagai berikut:

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

4 2 3 3 2 8 7 7
1 4 4 3 3 12 20 6
2 1 1 4 3 13 11 17
5 4 5 2 3 1 27 22

Perintah soal:

Buatlah Tabel distribusi frekuensi dengan menggunakan kaidah sturgess

Jawaban:

Langkah-langkah Membuat Tabel Distribusi Frekuensi

Untuk membuat tabel distribusi frekuensi, kita akan menggunakan kaidah Sturges, yang dapat membantu menentukan jumlah kelas yang tepat dalam distribusi frekuensi.

Apa itu Kaidah Sturges?

Kaidah Sturges digunakan untuk menentukan jumlah kelas yang optimal dalam membuat tabel distribusi frekuensi. Kaidah ini menyatakan bahwa jumlah kelas kk dalam distribusi frekuensi dapat dihitung dengan rumus:

k=1+3.322log⁡10Nk = 1 + 3.322 \log_{10} N

di mana:

  • kk adalah jumlah kelas,
  • NN adalah jumlah data.
Baca Juga :  Seorang Kasir di PT Indira Memiliki Akses Penuh ke Kas, Pencatatan Transaksi Karena Tidak Ada Pemisahan Tugas yang Jelas Kasir Tersebut Memanipulasi

Menentukan Jumlah Kelas

Sebelum kita mulai, kita harus mengetahui jumlah data yang ada dalam rangkaian angka. Dalam kasus ini, data yang diberikan adalah:

4 2 3 3 2 8 7 7 1 4 4 3 3 12 20 6 2

Jumlah data NN dapat dihitung dengan menghitung banyaknya angka dalam data tersebut.

  • Jumlah data (N) = 17

Sekarang kita dapat menghitung jumlah kelas kk menggunakan rumus Sturges:

k=1+3.322log⁡1017k = 1 + 3.322 \log_{10} 17

Mari kita hitung jumlah kelas.

Menentukan Rentang Kelas

Setelah kita mengetahui jumlah kelas, kita akan menentukan rentang kelas. Rentang kelas dihitung dengan mencari selisih antara nilai maksimum dan minimum dalam data, lalu membaginya dengan jumlah kelas.

Data yang diberikan memiliki nilai minimum 1 dan nilai maksimum 20.

Rentang kelas=nilai maksimum−nilai minimumjumlah kelas=20−1k\text{Rentang kelas} = \frac{\text{nilai maksimum} – \text{nilai minimum}}{\text{jumlah kelas}} = \frac{20 – 1}{k}

Mari kita hitung rentang kelas setelah kita menentukan kk.

Baca Juga :  MENURUT Anda, Bagaimana BUMN Melakukan Perencanaan Kapasitas Dan Manajemen Sediaan Dalam Rangka Mendukung Pembuatan Keputusan Strategik?

Menyusun Tabel Distribusi Frekuensi

Setelah menentukan jumlah kelas dan rentang kelas, kita bisa mulai menyusun tabel distribusi frekuensi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tentukan batas bawah dan batas atas untuk setiap kelas.
  2. Hitung frekuensi untuk setiap kelas berdasarkan data yang ada.

Langkah-langkah Penyelesaian Soal

1. Hitung Jumlah Kelas kk

Dengan menggunakan rumus Sturges:

k=1+3.322log⁡1017≈1+3.322×1.230=1+4.09≈5k = 1 + 3.322 \log_{10} 17 \approx 1 + 3.322 \times 1.230 = 1 + 4.09 \approx 5

Jadi, jumlah kelas yang dibutuhkan adalah 5 kelas.

2. Tentukan Rentang Kelas

Rentang kelas dihitung dengan rumus:

Rentang kelas=20−15=195=3.8\text{Rentang kelas} = \frac{20 – 1}{5} = \frac{19}{5} = 3.8

Karena kita tidak bisa memiliki angka desimal dalam batas kelas, kita bulatkan rentang kelas menjadi 4.

3. Tentukan Batas Kelas

Dengan rentang kelas 4, kita dapat menentukan batas bawah dan batas atas setiap kelas. Berikut adalah batas kelas yang bisa digunakan:

  • Kelas 1: 0 – 4
  • Kelas 2: 5 – 8
  • Kelas 3: 9 – 12
  • Kelas 4: 13 – 16
  • Kelas 5: 17 – 20
Baca Juga :  JAWABAN Kemukakan Isi dari 4 (Empat) Kali Perubahan Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Tersebut

4. Hitung Frekuensi Setiap Kelas

Dengan menggunakan data yang ada, kita hitung jumlah data yang masuk dalam setiap kelas. Berikut adalah distribusi frekuensi berdasarkan kelas yang telah ditentukan:

  • Kelas 1 (0 – 4): 11 data
  • Kelas 2 (5 – 8): 4 data
  • Kelas 3 (9 – 12): 4 data
  • Kelas 4 (13 – 16): 2 data
  • Kelas 5 (17 – 20): 2 data

5. Tabel Distribusi Frekuensi

Berdasarkan perhitungan di atas, berikut adalah tabel distribusi frekuensi yang lengkap:

Kelas Batas Bawah Batas Atas Frekuensi
Kelas 1 0 4 11
Kelas 2 5 8 4
Kelas 3 9 12 4
Kelas 4 13 16 2
Kelas 5 17 20 2

Kesimpulan

Dengan menggunakan kaidah Sturges, kita telah berhasil membuat tabel distribusi frekuensi untuk data masyarakat pemilik sertifikat tanah di Desa Kulo Tanga. Tabel ini dapat digunakan untuk menganalisis distribusi frekuensi dengan cara yang lebih sistematis dan mudah dipahami.

 

Berita Terkait

Apa Alasan Bapak Ibu Guru Memilih Tugas Tersebut Sebagai Aksi Nyata Terbaik? Mari Kita Bahas!
Puan Maharani Desak Evaluasi Menyeluruh SPMB 2025, Soroti Masalah Zonasi dan Manipulasi Data
JELASKAN Jenis Risiko Keuangan Apa Saja Yang Mungkin Akan Ditanggung Oleh Pt.Indomilk Akibat Pandemi Covid-19
APAKAH Kebakaran Pasar Dapat Diasuransikan? Uraikanlah Minimal 5 (Lima) Alasan Anda!
JAWABAN Perilaku Menyimpang Menyebabkan Terjadinya Disorganisasi Sosial, Namun Perilaku Menyimpang Memiliki Fungsi Positif Pula
PT. SUMBER REJEKI Adalah Perusahaan Industri Kue Kering Yang Memiliki Karyawan 1.000 Orang, Kebijakan Pemilik Perusahaan Adalah Manajemen Harus Mampu
ADMINISTRASI adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu
JELASKAN Mengenai Sistem Asuransi Sosial Di Indonesia Dan Sumber Pembiayaannya, Program Apa Saja Yang Dapat Dilaksanakan Melalui Sistem Ini

Berita Terkait

Wednesday, 18 June 2025 - 17:05 WIB

Apa Alasan Bapak Ibu Guru Memilih Tugas Tersebut Sebagai Aksi Nyata Terbaik? Mari Kita Bahas!

Wednesday, 18 June 2025 - 16:36 WIB

Puan Maharani Desak Evaluasi Menyeluruh SPMB 2025, Soroti Masalah Zonasi dan Manipulasi Data

Wednesday, 18 June 2025 - 14:35 WIB

JELASKAN Jenis Risiko Keuangan Apa Saja Yang Mungkin Akan Ditanggung Oleh Pt.Indomilk Akibat Pandemi Covid-19

Wednesday, 18 June 2025 - 14:30 WIB

APAKAH Kebakaran Pasar Dapat Diasuransikan? Uraikanlah Minimal 5 (Lima) Alasan Anda!

Wednesday, 18 June 2025 - 14:25 WIB

JAWABAN Perilaku Menyimpang Menyebabkan Terjadinya Disorganisasi Sosial, Namun Perilaku Menyimpang Memiliki Fungsi Positif Pula

Berita Terbaru