Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Kesiapan Gibran Rakabuming Raka dalam Hadapi Debat Cawapres


Gibran siap hadapi debat cawapres yang akan digelar pekan ini
Gibran siap hadapi debat cawapres yang akan digelar pekan ini.
( Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Pada tanggal 22 Desember 2023 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat cawapres.

Calon cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, akan berhadapan langsung dengan dua cawapres lainnya, yaitu Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD.

Gibran menyatakan sudah siap menghadapi debat cawapres pekan depan dan telah menyiapkan segala hal untuk beradu debat dengan Cak Imin dan Mahfud MD

"Ndak, nggak ada (yang ditakuti)," ucap Gibran di Balai Kota Solo, Jumat, 15 Desember 2023.

Ketika diwawancarai oleh awak media mengenai anggapan negatif terhadap kemampuannya sebagai cawapres, Gibran mengaku tidak ambil pusing. 

"Ya nggak apa-apa," jawabnya singkat.

Dirinya juga tidak mempermasalahkan hal terkait dengan pihak-pihak yang meragukan kemampuannya.  

Meskipun demikian, Gibran tidak menjelaskan lebih rinci persiapan apa yang telah dilakukannya.

"Ya nanti kami siapkan ya. Terima kasih," pungkasnya singkat pada Kamis 14 Desember 2023.

Debat cawapres ini merupakan debat perdana bagi Gibran karena sebelumnya ia tidak pernah hadir dalam debat yang diselenggarakan oleh organisasi atau stasiun TV.

Pada debat cawapres minggu depan, Gibran dan dua cawapres lainnya akan membahas isu isu ekonomi. 

Ahmad Muzani, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, menyatakan bahwa Gibran akan memberikan kejutan dalam debat cawapres. 

"Saya memperkirakan nanti pada tanggal 22 Desember debat cawapres akan penuh kejutan," ujar Muzani usai acara peluncuran platform pemilihmuda.id di Fanta HQ, Jakarta, Kamis, 14 Desember 2023

Muzani mengatakan bahwa masyarakat menganggap kemampuan berdebat Gibran di bawah rata-rata dan menilai putra Presiden Joko Jokowi itu terkenal irit bicara. 

"Sejak awal masyarakat umum terstigma kemampuan berdebatnya, kemampuan menjelaskannya, kemampuan menjelaskan atas solusi masalahnya karena ada stigma seolah-olah kemampuan itu Mas Gibran di bawah standar," jelasnya. 

Namun, menurut Muzani, kemampuan berdebat Gibran telah terbukti ketika ia berpartisipasi dalam debat sebagai calon Wali Kota Surakarta. 

"Saya sudah lihat saat jadi Wali Kota Surakarta, Mas Gibran menjelaskan banyak hal di beberapa tempat. Mas Gibran cukup menguasai banyak masalah," pungkasnya.

Ia percaya bahwa Gibran dapat menyampaikan gagasan dan memberikan solusi dari setiap permasalahan dalam masyarakat.

Pada tanggal 13 November 2023, KPU RI menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter