Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mahasiswa Aceh Gelar Aksi Unjuk Rasa agar Pengungsi Rohingya dipindahkan


Aksi unjuk rasa mahasiswa Aceh menolak Pengungsi Rohingnya
Aksi unjuk rasa mahasiswa Aceh menolak Pengungsi Rohingnya
( Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id- Sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus di Aceh mengadakan aksi menolak kehadiran etnis Rohingya. 

Sebagai bagian dari aksi tersebut, para pengunjuk rasa mengajak para pengungsi Rohingya ke halaman kantor Kemenkumham Aceh. 

"Kami mengangkat Rohingya ke mobil, kita mengantarkan Rohingya ke Kemenkumham Aceh," kata Korlap Aksi T Wariza Ismandar, di Banda Aceh, dilansir Antara Rabu (27/12/2023).

Para mahasiswa awalnya berkumpul di kantor DPR Aceh, tetapi kemudian pergi ke Balai Meuseuraya Aceh (BMA) untuk menemui para pengungsi Rohingya.

Ketika mereka sampai di BMA, para mahasiswa mengarahkan sekitar 137 orang pengungsi untuk naik ke mobil yang telah dipersiapkan. 

Para pengungsi perempuan dan anak-anak menangis ketika para mahasiswa mendekat, tetapi pengunjuk rasa tetap membawa mereka ke mobil dan membawa mereka ke Kemenkumham Aceh.

Wariza mengatakan bahwa rencana awal mereka adalah membawa pengungsi Rohingya ke kantor Imigrasi.

 Tetapi karena sedang dalam pengerjaan pembangunan gedung, maka mereka dialihkan ke Kemenkumham Aceh.

Menurut Wariza, seharusnya Imigrasi atau Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menjadi garda terdepan dalam menangani masalah pengungsi Rohingya, tetapi belum ada tindakan apa pun untuk membantu para pengungsi.

"Belum ada tindakan, jadi kita minta imigrasi untuk mendeportasi Rohingya," ujar Korlap.

Saat ini, para pengungsi Rohingya berada di halaman depan kantor Kemenkumham Aceh dan belum ada kepastian apakah mereka akan diterima atau ada kebijakan lain yang akan diambil.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter