Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Siapakah Pasukan Houthi di Yaman? Apa Target Mereka dan Siapa yang Mendukung Mereka?

Siapakah Pasukan Houthi di Yaman? Apa Target Mereka dan Siapa yang Mendukung Mereka?
Pasukan Houthi dari Yaman yang siap menyerang Amerika Serikat.


SwaraWarta.co.id - Dalam aksi serangannya di Laut Merah, kelompok pemberontak Houthi dari Yaman telah menghancurkan kapal-kapal yang berlayar menuju Israel. 

Inilah kejadian di mana ketegangan melibatkan drone, roket, dan kapal-kapal yang menjadi pion di atas papan Laut Merah.

Sebulan yang lalu, kelompok Houthi menarik perhatian dunia dengan menculik kapal kargo yang memiliki kaitan dengan Israel.

Mereka tidak hanya melancarkan serangan dengan roket dan drone ke beberapa kapal komersial, tetapi juga menangkap satu kapal kargo Israel yang mereka klaim berada di Laut Merah.

Namun, drama ini disangsikan oleh Israel yang membantah kepemilikan atas kapal tersebut.

Balasan Gelombang Bentuk Solidaritas Terhadap Palestina

Operasi pembalasan Israel di Gaza pada Oktober lalu memicu serangan balasan dari Houthi. Mereka melepaskan hujan rudal dan drone ke arah Israel.

Sebagian serangan berhasil dicegat oleh kapal perang AS di Laut Merah, namun sebagian lagi mendarat di perairan Mesir. Kisah serangan ini menjadi saga di tengah gelombang konflik yang tak kunjung surut.

Pada November 2023, Houthi menyita kapal kargo yang mereka klaim milik Israel. Meskipun Israel membantah, dan tanpa awak kapal yang memiliki kewarganegaraan Israel, namun misteri kepemilikan kapal tersebut tetap menggantung. Itu menjadi babak baru dari pertarungan antara Houthi dan Israel.

Houthi terus menargetkan kapal komersial di Laut Merah dengan drone dan rudal sejak Desember. Meskipun kapal perang AS, Inggris, dan Prancis berhasil menggagalkan beberapa serangan, namun beberapa di antaranya tetap menemui sasaran.

Perusahaan pelayaran besar seperti Mediterranean Shipping Company dan CMA CGM mengambil langkah cerdas dengan mengalihkan jalur pelayaran mereka untuk menghindari ancaman di Laut Merah.

Selain itu, AS dengan tegas menyalahkan Iran atas serangan ini, meskipun dilakukan oleh Houthi di Yaman. Usulan pembentukan satuan tugas angkatan laut menjadi langkah taktis untuk melindungi pelayaran komersial dari serangan yang lebih luas.

Asal-Usul dan Keterikatan: Houthi, kelompok bersenjata asal Zaidi di Yaman, muncul sebagai pemberontak terhadap pemerintahan korup Presiden Ali Abdullah Saleh.

Dengan dukungan Hizbullah di Lebanon dan anggapan Iran sebagai sekutu, Houthi memainkan peran kunci dalam ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter