Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Wisata Pulau Pahawang, Nikmati Pesona Laut Biru dan Taman Nemo di Lampung

Wisata Pulau Pahawang, Nikmati Pesona Laut Biru dan Taman Nemo di Lampung
Wisata Pulau Pahawang

SwaraWarta.co.id - Wisata Lampung Pahawang adalah destinasi wisata di Indonesia yang menawarkan keindahan alam bawah laut yang luar biasa. 

Terletak di Pulau Pahawang, Lampung Selatan, wisata ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat para pengunjung terpesona.

Lokasi dan Rute Wisata Lampung Pahawang

Pulau Pahawang terletak di kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Untuk mencapai wisata Lampung Pahawang, Anda bisa menggunakan jalur udara atau jalur laut.

Jalur udara bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat yang mendarat di Bandara Radin Inten II di Bandar Lampung.

Jalur laut bisa ditempuh dengan menaiki kapal ferry dari Pelabuhan Merak yang menuju ke Pelabuhan Bakauheni. 

Lalu, perjalanan bisa diteruskan dengan menaiki kendaraan sewa menuju ke Pelabuhan Ketapang dengan jarak waktu tempuh sekitar 3 jam.

Jika ingin menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menaiki bus dari Pelabuhan Bakauheni menuju ke Bandar Lampung. 

Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot jurusan Rajabasa – Tanjung Karang, dan berhenti di Pasar Bawah Ramayana. 

Naik angkot lagi jurusan Tanjung Karang-Teluk Betung dan berhenti di Gudang Garam. Setelah itu, naik angkutan pick up menuju Dermaga Ketapang dengan jarak waktu tempuh sekitar 1 jam.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Pelabuhan Bakauheni menuju Bandar Lampung, yakni menuju ke Bunderan Gajah maka ambil jalur lurus menuju ke arah Teluk Betung. 

Lanjutkan perjalanan menuju ke Padang Cermin atau Way Ratai dan akan ada penunjuk jalan yang bisa digunakan sebagai pedoman agar tidak tersesat.

Menikmati Keindahan Alam di Pahawang

Pulau Pahawang terdiri dari dua pulau, yaitu Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Pulau Pahawang Besar adalah pulau utama dengan luas sekitar 1.000 hektar, sementara Pulau Pahawang Kecil hanya memiliki luas sekitar 13 hektar dan merupakan milik asing.

Pulau Pahawang Besar dihuni oleh sekitar 900 kepala keluarga. Terumbu karang di sekitar pulau ini menjadi habitat berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya.

Destinasi wisata Lampung Pahawang akan mengajak Anda untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang mempesona. 

Anda bisa melakukan snorkeling atau berenang menikmati keindahan alam biota laut dan terumbu karang yang beragam.

Anda juga bisa sekadar berjalan-jalan di tepian pantai, menikmati desir pasir dan angin sepoi-sepoi. Selain itu, pemandangan saat sunset dan sunrise juga sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Untuk pengunjung yang ingin melihat-lihat flora dan fauna khas dari hutan mangrove, juga bisa melakukannya di wisata Lampung Pahawang ini.

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang lebih menantang selain snorkeling, cobalah free diving. Dijamin seru dan Anda bisa menemukan berbagai jenis biota laut. 

Ada beberapa titik lokasi snorkeling yang biasa dikunjungi wisatawan di Pulau Pahawang ini, seperti di daerah Gosong Pancong, dan Cukuh Bedil, juga Gosong Bekri, serta Tanjung Putus.

Fasilitas dan Biaya Wisata Lampung Pahawang

Di wisata Lampung Pahawang tersedia beberapa fasilitas dan penginapan yang bisa Anda gunakan selama berlibur di sana. 

Anda bisa memilih villa atau homestay yang tersedia di Pagetahan, Jelarangan, dan Cukuh Nyai.

Jika berencana untuk pergi sendiri, sebaiknya ajak setidaknya 4 orang agar biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Transportasi dari Pelabuhan Bakauheni ke Ketapang memerlukan biaya sekitar Rp50.000.

Jika Anda ingin lebih fleksibel, Anda bisa menyewa mobil dengan biaya sekitar Rp200.000-Rp250.000. Biaya tersebut hanya estimasi dan bisa berubah-ubah sewaktu-waktu.

Untuk biaya sewa perahu menuju Pulau Pahawang adalah sekitar Rp400.000-Rp500.000 per perahu yang umumnya mampu menampung hingga 25 orang. 

Anda juga bisa menyewa perahu harian agar bisa mengunjungi pulau-pulau lain di sekitar Pahawang.

Sementara itu, untuk harga penginapan biasanya berkisar antara Rp200.000-Rp500.000 per malam, tergantung kepada jenis penginapan yang dipilih.

Ada banyak jasa paket wisata yang tersedia di wisata Lampung Pahawang dengan harga berkisar Rp250.000-Rp450.000 per orang tergantung pada paket yang dipilih. 

Anda bisa melakukan riset dan perhitungan sendiri, mana yang paling sesuai dengan keinginan dan budget Anda.

Kesimpulan

Wisata Lampung Pahawang menawarkan keindahan alam bawah laut yang memukau. Anda bisa menikmati pesona alam di tepi pantai, melakukan snorkeling atau free diving, bahkan menikmati indahnya pemandangan saat sunset dan sunrise.

Anda bisa mencapai wisata Lampung Pahawang dengan jalur udara atau jalur laut dari Pelabuhan Merak dan Kota Bandar Lampung. 

Terdapat beberapa fasilitas dan penginapan yang tersebar di beberapa dusun, dan Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Hindari sampah dan jangan merusak lingkungan wisata. Selamat menikmati liburan Anda di Lampung Pahawang!



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter