Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Alasan Artikel Ilmiah dapat Diterima pada Jurnal Ilmiah

Alasan Artikel Ilmiah dapat Diterima pada Jurnal Ilmiah
 Alasan Artikel Ilmiah dapat Diterima pada Jurnal Ilmiah.


SwaraWarta.co.id – Dalam hal ini kita akan membahas yang berkaitan dengan alasan artikel ilmiah dapat diterima pada jurnal ilmiah.

Artikel ilmiah adalah karya tulis yang menyajikan hasil penelitian atau kajian ilmiah.

Artikel ilmiah biasanya diterbitkan di jurnal ilmiah sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian kepada masyarakat luas.

Untuk dapat diterima di jurnal ilmiah, sebuah artikel harus memenuhi sejumlah kriteria tertentu. Kriteria-kriteria tersebut meliputi:

  • Orisinalitas

Artikel ilmiah harus merupakan hasil penelitian yang asli dan belum pernah diterbitkan sebelumnya.

  • Kualitas penelitian

Penelitian yang mendasari artikel ilmiah harus dilakukan dengan cermat dan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah yang berlaku.

  • Kontribusi

Artikel ilmiah harus memberikan kontribusi baru bagi ilmu pengetahuan.

  • Penulisan

Artikel ilmiah harus ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan mudah dipahami.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing kriteria tersebut:

Orisinalitas

Orisinalitas merupakan salah satu kriteria terpenting dalam penerimaan artikel ilmiah. Artikel ilmiah yang tidak orisinal, seperti hasil plagiat, tidak akan diterima oleh jurnal ilmiah.

Untuk memastikan orisinalitas artikel ilmiah, jurnal ilmiah biasanya menggunakan perangkat lunak untuk mendeteksi plagiarisme. Jika artikel ilmiah terdeteksi mengandung unsur plagiarisme, maka artikel tersebut akan ditolak.

Kualitas penelitian

Kualitas penelitian merupakan faktor penting lainnya yang menentukan penerimaan artikel ilmiah. Jurnal ilmiah akan lebih mengutamakan artikel ilmiah yang dilakukan dengan cermat dan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah yang berlaku.

Kualitas penelitian dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti:

  • Rancangan penelitian

Rancangan penelitian harus cermat dan mampu menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan.

  • Metode penelitian

Metode penelitian yang digunakan harus tepat dan sesuai dengan rancangan penelitian.

  • Hasil penelitian

Hasil penelitian harus valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

  • Analisis data

Analisis data harus dilakukan dengan cermat dan tepat.

Kontribusi

Artikel ilmiah harus memberikan kontribusi baru bagi ilmu pengetahuan. Artikel ilmiah yang tidak memberikan kontribusi baru tidak akan diterima oleh jurnal ilmiah.

Kontribusi baru dapat berupa:

  • Hasil penelitian yang baru

Artikel ilmiah dapat memberikan kontribusi baru dengan menyajikan hasil penelitian yang baru dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

  • Temuan baru

Artikel ilmiah dapat memberikan kontribusi baru dengan menyajikan temuan baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

  • Saran baru

Artikel ilmiah dapat memberikan kontribusi baru dengan menyajikan saran baru yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah atau meningkatkan kualitas penelitian.

Penulisan

Penulisan merupakan aspek penting lainnya yang menentukan penerimaan artikel ilmiah. Artikel ilmiah harus ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan mudah dipahami.

Penulisan artikel ilmiah harus mengikuti kaidah-kaidah penulisan ilmiah yang berlaku. Kaidah-kaidah penulisan ilmiah tersebut biasanya ditentukan oleh masing-masing jurnal ilmiah.

Selain memenuhi kriteria-kriteria di atas, artikel ilmiah juga harus sesuai dengan bidang ilmu yang dituju oleh jurnal ilmiah tersebut. 

Jurnal ilmiah biasanya memiliki bidang ilmu tertentu yang menjadi fokusnya. Oleh karena itu, penulis harus memastikan bahwa artikel ilmiahnya sesuai dengan bidang ilmu yang dituju oleh jurnal tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai alasan artikel ilmiah dapat diterima pada jurnal ilmiah. Artikel ilmiah yang memenuhi kriteria-kriteria di atas akan lebih berpeluang untuk diterima oleh jurnal ilmiah.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter