Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Segera Menyelesaikan 33 Juta Lembar Surat Suara

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Segera Menyelesaikan 33 Juta Lembar Surat Suara

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Segera Menyelesaikan 33 Juta Lembar Surat Suara.



SwaraWarta.co.id - Sebelum 27 Januari 2024, Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menyelesaikan penyortiran dan pelipatan 33.847.852 surat suara untuk Pemilu 2024.

Nelvia Gustina, Divisi Logistik KPU DKI Jakarta, menyatakan, "Sudah selesai hampir 100 persen, tanggal 20 Januari lalu."

Nilvia mengatakan bahwa tidak ada masalah selama proses sortir dan lipat suara, tetapi ada beberapa surat suara yang rusak. Namun, masalah ini dapat diselesaikan dengan cepat.

Dia juga menyatakan bahwa timnya sedang dalam tahap pengemasan logistik untuk dikirim ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang diharapkan selesai pada H-1 pemilihan atau 13 Februari 2024.

"Kami sedang melakukan pengaturan dan pengemasan logistik pemilu di dalam dan di luar kotak suara," katanya.

KPU kabupaten/kota menentukan harga jasa sortir dan lipat, jadi pihaknya belum dapat memberikan komentar tentang masalah ini.

KPU DKI Jakarta juga meminta Kepolisian untuk memastikan keamanan logistik selama Pemilu 2024 di Ibu Kota.

"Kami bekerja sama dengan kepolisian untuk memastikan distribusi ke TPS aman," katanya.

Personel Kepolisian bertanggung jawab untuk mengawasi logistik dari gudang hingga TPS untuk memastikan kondisinya aman ketika tiba di tujuan, kata Nelvia.

Menurut KPU DKI, distribusi logistik tahap pertama selesai pada 30 Desember 2023. Sementara, tahap kedua direncanakan selesai pada 25 Januari 2024.

Masa kampanye pemilu ditetapkan oleh KPU RI dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024; pemungutan suara dilakukan pada 14 Februari 2024.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter