Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Penjelasan Tentang Apa Itu Greenflation?

Penjelasan Tentang Apa Itu Greenflation
Penjelasan Tentang Apa Itu Greenflation.


SwaraWarta.co.id - Greenflation baru-baru ini sedang banyak diperbincangkan terutama sejak didiskusikan dalam debat kandidat cawapres 2024 kemarin.

Dimana istilah ini digunakan oleh Cawapres pasangan nomor urut 2 yakni Gibran Rakabuming Raka yang bertanya kepada paslon nomor urut 3.

Konsep ini merujuk pada kenaikan harga barang dan jasa yang dipicu oleh upaya transisi ke ekonomi yang lebih ramah lingkungan.

Berikut beberapa poin penting mengenai greenflation:

Penyebab:

  • Kenaikan biaya bahan baku dan energi: Transisi ke sumber energi terbarukan seperti matahari dan angin membutuhkan investasi besar, sehingga harganya bisa lebih tinggi dibandingkan energi fosil saat ini. Hal ini mempengaruhi biaya produksi berbagai barang dan jasa.

  • Penetapan harga karbon: Banyak negara mulai menerapkan skema "cap and trade" untuk emisi karbon, dimana batas emisi total ditetapkan dan diperdagangkan di pasar. Harga karbon yang meningkat menyebabkan biaya produksi menjadi lebih tinggi, yang diteruskan ke konsumen melalui harga akhir.

  • Kurangnya infrastruktur hijau: Infrastruktur untuk mendukung teknologi ramah lingkungan belum merata dan masih terbatas. Ini bisa berdampak pada biaya logistik dan distribusi, sehingga mempengaruhi harga barang.


Dampak:

  • Kenaikan harga barang dan jasa: Greenflation berpotensi meningkatkan biaya hidup, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

  • Perlambatan ekonomi: Kenaikan harga bisa menurunkan daya beli dan konsumsi, sehingga berpotensi memperlambat pertumbuhan ekonomi.

  • Ketidakadilan sosial: Dampak greenflation bisa tidak merata. Masyarakat miskin cenderung lebih terbebani kenaikan harga barang kebutuhan pokok, sementara kelompok kaya memiliki lebih banyak pilihan untuk beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan.

Diskusi:

  • Keterkaitan dengan inflasi umum: Greenflation dianggap sebagai salah satu faktor kontribusi terhadap inflasi umum, namun perannya masih diperdebatkan.

  • Kebijakan mitigasi: Ada beberapa kebijakan yang bisa diterapkan untuk mengurangi dampak greenflation, seperti transfer tunai langsung ke masyarakat berpenghasilan rendah, investasi infrastruktur hijau, dan pengembangan teknologi yang lebih efisien.

Greenflation masih merupakan konsep yang dinamis dan terus berkembang. Perlu penelitian lebih lanjut untuk memahami dampaknya secara menyeluruh dan merumuskan kebijakan mitigasi yang efektif.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter