Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Cara Membuat Lukisan Manusia dengan Aktivitasnya, Dijamin Hasilnya Memuaskan!

5 Cara Membuat Lukisan Manusia dengan Aktivitasnya, Dijamin Hasilnya Memuaskan!
Cara melukis manusia dengan aktivitasnya (Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Lukisan manusia dengan aktivitasnya sering menjadi ide para seniman lukis. Sebab objek ini memiliki daya tarik tersendiri bagi seniman dan juga masyarakat.

Cara Membuat Lukisan manusia dengan aktivitasnya 

Sekarang kita akan membahas secara lebih detail mengenai langkah-langkah yang harus dipahami oleh para pemula dalam seni melukis

1. Mencari Ide

Langkah pertama dalam melukis adalah dengan memunculkan ide atau gagasan untuk sebuah lukisan. 

Mencari ide dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membaca buku, browsing di internet, menonton film, mengunjungi pameran, atau melihat obyek langsung. 

Dengan mencari ide, imajinasi kita akan terpicu dan kita dapat menciptakan hasil karya yang unik dan out of the box.

2. Membuat Sketsa

Setelah ide atau gagasan tercipta, langkah kedua adalah membuat sketsa terlebih dahulu sebelum melukis. 

Sketsa merupakan gambaran awal atau bentuk kasar dari ide yang akan menjadi pondasi dalam membuat lukisan. 

Sketsa ini harus diselesaikan terlebih dahulu sehingga tercipta sebuah gambaran dari lukisan yang akan dibuat.

3. Pemilihan Alat dan Bahan

Langkah ketiga adalah pemilihan bahan dan alat yang sesuai. Setiap pelukis memiliki preferensi masing-masing dalam menggunakan bahan dan peralatan yang berbeda-beda ketika hendak menciptakan karya seni dua dimensi. 

Ada yang memilih menggunakan kertas gambar dengan cat air, kertas gambar dengan spidol maupun cat akrilik, atau kanvas yang dibingkai serta cat minyak. 

Pemilihan bahan dan alat harus disesuaikan dengan preferensi masing-masing pelukis agar dapat menciptakan hasil yang maksimal.

4. Menentukan Teknik Melukis

Setelah memilih bahan dan alat lukis yang sesuai, langkah keempat adalah menentukan teknik melukis yang ingin digunakan. 

Teknik melukis dibutuhkan untuk menghasilkan karya yang istimewa. Beberapa contoh teknik melukis adalah teknik plakat warna atau warna tebal.

Selain itu, terdapat teknik transparan atau warna tipis, goresan ekspresif dengan menggunakan palet maupun jari, hingga teknik timbul.

5. Penyempurnaan Lukisan

Langkah kelima dan terakhir adalah penyempurnaan lukisan. Sempurnakan lukisan dengan mewarnai sketsa yang telah dibuat hingga rampung. 

Pilih teknik yang sesuai untuk setiap obyek lukisan sehingga hasilnya dapat menjadi maksimal. Selain itu, lakukan perhatikan lukisan secara detail untuk melihat kekurangannya.

Ketika belajar melukis, pastikan untuk memahami langkah-langkah dasar yang telah dijelaskan di atas. 

Ilmu dasar ini perlu dipelajari oleh para pemula sebelum melangkah untuk menjadi pelukis profesional. Semoga berhasil dan selamat mencoba!



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter