Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Keutamaan Malam Nuzulul Qur'an yang Memiliki Keistimewaan

5 Keutamaan Malam Nuzulul Qur'an yang Memiliki Keistimewaan
Keutamaan malam Nuzulul Qur'an (Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan bagi umat muslim, salah satunya adalah Malam Nuzulul Quran. 

Pada malam ini umat Islam memperingati peristiwa penting di mana Allah SWT menurunkan Al-Quran pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW. 

Malam Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 17 Ramadhan, tepatnya pada tanggal 28 Maret 2024. 

Keutamaan Malam Nuzulul Qur'an yang Cukup Istimewa 

Malam Nuzulul Quran memiliki keutamaan dan manfaat yang besar bagi umat Islam. Berikut beberapa keutamaan dari malam Nuzulul Qur'an, yakni:

1. Lebih Baik dari Seribu Bulan

Salah satu keutamaan malam ini adalah amalan kebaikan yang dilakukan pada malam Nuzulul Quran memiliki pahala setara dengan amalan selama 1000 bulan. 

Keutamaan ini dijelaskan dalam Surat Al-Qadr ayat 1-5, di mana Allah SWT menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik dari pada seribu bulan.

2. Malam Diturunkannya Al-Qur'an 

Selain itu, pada malam Nuzulul Quran, para malaikat turun ke Bumi dengan membawa keberkahan dan rahmat, serta memberi perlindungan kepada orang yang membaca Al-Quran dan mengamalkan ilmu dengan benar. 

Para malaikat turun ke Bumi bersamaan dengan penurunan Al-Quran dan memberikan ketenangan serta kedamaian bagi mereka yang mencari-Nya.

Pernyataan ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Qs. Ad-Dukhan ayat 4 sebagai berikut:


فِيْهَا يُفْرَقُ كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍۙ


Artinya : "Pada (malam itu) dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah."

3. Ditetapkannya Takdir Ajal dan Rezeki

Keutamaan lain dari malam Nuzulul Quran adalah waktu di mana Allah SWT menentukan segala urusan, seperti takdir ajal dan rezeki manusia. 

4. Malam Salam Malaikat Terhadap Ahli Masjid

Pada malam ini, para malaikat memberikan salam kepada mereka yang berada di dalam masjid sampai waktu subuh, dan memberi perlindungan serta keberkahan kepada mereka yang mempelajari ilmu agama dengan tekun dan taat.

Malam Nuzulul Quran juga menandakan awal munculnya agama Islam sebagai penyempurna tauhid-tauhid sebelumnya. 

Malam tersebut juga menjadi waktu di mana umat Islam bisa memperdalam pemahaman terhadap Al-Quran, mengambil hikmah dan pesan moral yang terkandung di dalamnya.

5. Malam Penuh Kemuliaan 

Dalam merayakan Malam Nuzulul Quran, umat Islam biasanya mengadakan berbagai kegiatan ibadah, seperti membaca Al-Quran, berdoa, melakukan amalan kebaikan, dan menghadiri kajian atau ceramah agama. 

Semua kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

Diharapkan umat Islam dapat memahami keutamaan Malam Nuzulul Quran dan memanfaatkan waktu mulia ini sebaik mungkin dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter