Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Cara Memilih Bibit Durian yang Benar, Dijamin Untung!

Cara Memilih Bibit Durian yang Benar, Dijamin Untung!
Cara memilih bibit durian (Dok.Istimewa)


 SwaraWarta.co.id - Menanam durian memang membutuhkan kualitas bibit yang bagus agar durian dapat tumbuh dengan baik dan berbuah lebat. 

Cara Memilih Bibit Durian yang Benar

Dalam memilih bibit durian yang unggul, ada beberapa ciri khusus yang harus diperhatikan agar bibit yang dibeli berkualitas bagus dan sukses dalam budidaya. 

Selain membeli bibit di toko penjual, Anda juga bisa mencoba membeli dari petani langsung. Berikut ini adalah beberapa ciri bibit durian yang unggul:

1. Berasal dari induk yang berkualitas

Pastikan bibit durian yang dipilih berasal dari induk yang berkualitas. Induk yang berkualitas akan menghasilkan bibit yang juga berkualitas sehingga durian yang dihasilkan juga berkualitas.

2.Tumbuh subur dan baik

Pilih bibit durian yang tumbuhannya subur dan normal tanpa kecacatan. Pastikan bibit yang dipilih mampu tumbuh optimal, tidak ada daun yang mengering, tidak ada cabang yang rusak dan tidak ada penyakit.

3.Sehat dan bebas hama atau penyakit

Bibit durian yang tidak terserang hama atau penyakit memiliki kesempatan yang lebih baik untuk tumbuh dengan baik. 

Pastikan bibit tidak terserang penyakit seperti penyakit daun atau embun tepung.

4. Batang yang kuat

Bibit durian yang dipilih harus mempunyai batang yang kuat. Batang yang kuat memungkinkan bibit untuk bertahan dari angin dan hujan sehingga mampu tumbuh dengan baik.

5. Tumbuh tegak

Pastikan bibit durian yang dipilih tumbuhnya tegak dan tidak melengkung. Tumbuh tegak memungkinkan bibit untuk tumbuh optimal dan tanpa gangguan sehingga mampu tumbuh dengan baik.

6. Ketinggian bibit sekitar 60-80 cm

Pilih bibit durian yang memiliki ketinggian sekitar 60-80 cm. Ketinggian bibit yang optimal memungkinkan bibit untuk tumbuh dengan maksimal dan berbuah lebat.

7. Percabangan mulus dan kuat

Pilih bibit durian yang memiliki percabangan mulus dan kuat, sehingga dapat menancap di tanah dengan kuat dan tidak mudah tumbang. 

Pastikan juga percabangan bibit durian dapat tumbuh di segala arah tanpa ada yang patah atau rusak.

8. Akar yang kuat

Pastikan bibit durian yang dipilih memiliki akar yang kuat dan bebas dari penyakit akar. 

Tanaman dengan akar yang kuat akan mampu menyerap nutrisi dengan baik dan berkembang dengan optimal.

Itulah beberapa cara memilih bibit yang berkualitas, pastikan bibit yang ditanam mempunyai kualitas yang bagus dan optimal.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter