Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Diduga Akan Bunuh Diri, ODGJ di Ciparay Nekat Panjat Tower Setinggi 20 Meter

 

Diduga Akan Bunuh Diri, ODGJ di Ciparay Nekat Panjat Tower Setinggi 20 Meter
Potret ODGJ yang panjat tower setinggi 20 meter (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Pada Kamis (29/2) pagi, warga di RW 05 Kelurahan Babakan Ciparay, Kota Bandung, heboh dengan aksi seorang pria dalam keadaan gangguan jiwa yang memanjat tower telekomunikasi.

Tower tersebut memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Pria yang bernama Iyan tersebut, diduga ingin bunuh diri.

Kompol Wawan Setiawan, Kapolsek Babakan Ciparay, membenarkan kejadian tersebut. Ia menerima laporan dari anggota polisi pada jam 8.30 WIB tentang kejadian tersebut.

Menurut Wawan, Iyan sudah sejak lama menderita gangguan mental dan sudah pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Jawa Barat, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. 

Kambuhnya gangguan mental tersebut diduga karena Iyan terlambat meminum pil penenang sehingga memutuskan untuk memanjat tower tersebut.

Wawan melanjutkan bahwa sebelumnya Iyan baru saja pulang dari RSJ Cisarua. Diduga, Iyan mencoba bunuh diri karena keterlambatan pemberian obat dari keluarganya.

Kompol Wawan menerangkan bahwa Iyan sudah mengalami masalah kejiwaan atau stres selama 4 tahun terakhir. 

"Jadi yang bersangkutan itu sudah 4 tahun ke belakang mengalami gangguan kejiwaan atau stres," ujar Wawan.

Setelah 3 jam melakukan negosiasi, akhirnya Iyan berhasil dibujuk dan diselamatkan oleh petugas Rescue Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota.

"Alhamdulillah dengan susah payah, kerja keras Diskar PB, dinegosiasi, yang bersangkutan sadar dan ikut turun," tuturnya

Sekarang, Iyan dirujuk ke RSJ Jawa Barat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Atas usaha keras Diskar PB, Iyan sadar dan ikut turun dari tower.

 "Sekarang (ODGJ Iyan) dibawa ke RSJ Cisarua," ucap Wawan



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter