Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Serba-Serbi Ramadan: Mengenal Masjidil Haram, Salah Satu Masjid Terindah di Dunia

Masjid terindah di dunia
Masjidil Haram-SwaraWarta.co.id (Sumber: Deti


SwaraWarta.co.id - Masjid adalah tempat ibadah penting bagi umat Islam, sering kali dirancang dalam skala besar untuk menampung sholat berjamaah.

Beberapa masjid tidak hanya besar, tetapi juga dirancang dengan kemegahan dan kemewahan, terlihat dari arsitektur dan detail interior yang menawan.

Contoh utama dari kombinasi ini adalah Masjidil Haram, yang tidak hanya menjadi masjid terbesar di dunia, tetapi juga memancarkan keindahan paripurna.

Masjidil Haram, yang terletak di kota suci Mekah, memiliki status sebagai tempat paling suci bagi umat islam di seluruh dunia.

Setiap hari, jemaah dari berbagai belahan dunia berkumpul di masjid ini untuk menjalankan ibadah umrah, haji, atau sekadar melakukan sholat bersama.

Dengan luas lebih dari 40 ribu hektar, masjid ini memiliki kapasitas untuk menampung hingga 4 juta jemaah dalam satu waktu, menciptakan suasana spiritual yang luar biasa.

Tidak hanya dimensi fisiknya yang mengesankan, tetapi Masjidil Haram juga memukau dengan kemegahan arsitektur dan desain interior yang diperhatikan secara detail.

Kemewahan masjid ini terpancar dari ratusan pintu masuknya, menara yang menjulang tinggi, hingga bangunan-bangunan bersejarah di dalamnya.

Salah satu contoh adalah batu Hajar Aswad, batu hitam yang diyakini berasal dari surga dan menjadi titik awal dan akhir dalam tawaf.

Maqam Ibrahim, sebuah tempat bersejarah yang terletak di dalam Masjidil Haram, juga menambah nilai sejarah dan spiritual.

Di sana, terdapat jejak kaki Nabi Ibrahim yang diyakini terjadi saat membangun Ka'bah.

Selain itu, sumur zam-zam, sumber air suci yang diyakini muncul secara ajaib untuk memberikan minuman kepada Nabi Isma'il dan ibunya, Hajar, menambah keistimewaan Masjidil Haram.

Ketika berada di dalam Masjidil Haram, pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan keindahan fisik, tetapi juga merasakan atmosfer kekhusyukan dan keheningan yang melingkupi tempat tersebut.

Suara adzan yang berkumandang dari menara-menara masjid memenuhi udara, mengingatkan jemaah untuk melaksanakan ibadah mereka dengan khusyuk.

Dengan segala keistimewaan ini, Masjidil Haram telah mendapatkan predikat sebagai masjid terindah di dunia.

Keagungan dan kekhusyukan tempat ini menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap orang yang memiliki kesempatan untuk berada di sana.

Sehingga, tidak hanya sebagai tempat ibadah, Masjidil Haram juga menjadi pusat spiritualitas dan keindahan arsitektur Islam yang memukau.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter