Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jenis-jenis Makanan untuk Memperlancar ASI, Sudah Pernah Mencoba?

 

Jenis-jenis Makanan untuk Memperlancar ASI, Sudah Pernah Mencoba?
Sayuran hijau untuk memperlancar ASI (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Menjadi Ibu adalah suatu pengalaman yang indah dan luar biasa. Bahkan momen ini sering dinantikan oleh perempuan setalah menikah. 

Menyusui bayi Anda merupakan salah satu cara untuk memberikan nutrisi dan kehangatan yang dibutuhkan oleh bayi Anda. 

Makanan yang Bisa Memperlancar ASI

Pada saat yang sama, menjadi Ibu menyusui juga berarti Anda sukses memenuhi tuntutan produksi ASI yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi Anda, yang membutuhkan asupan nutrisi dalam jumlah besar setiap harinya.

1. Sayuran Hijau

Untuk memaksimalkan produksi ASI, Ibu menyusui perlu mengonsumsi makanan yang tepat dan bergizi. 

Salah satu contohnya adalah sayuran hijau seperti bayam, yang bisa membantu meningkatkan kualitas ASI karena mengandung vitamin A dan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. 

2. Gandum

Gandum juga direkomendasikan karena mengandung asam folat yang tinggi dan bisa melancarkan produksi ASI.

3. Bawang Putih 

Bawang putih sering kali dihindari oleh Ibu menyusui karena bau dan rasanya yang khas, tetapi nyatanya bawang putih bisa membantu meningkatkan kualitas ASI dan melancarkan produksinya. 

Hal ini karena bawang putih mengandung nutrisi yang dapat merangsang produksi ASI dan menjaganya agar tetap berkualitas.

4. Kacang-kacangan 

Selain sayuran hijau, ada juga kacang-kacangan seperti almond, mede, dan merah yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI karena kaya akan protein.

Tidak hanya itu saja, oatmeal dan biji-bijian lainnya yang dibutuhkan untuk melancarkan produksi ASI.

5. Ikan Salmon

Makanan lain yang dapat baik dimakan oleh ibu menyusui adalah ikan salmon. Memiliki kandungan gizi yang baik membuat ikan salmon sering dikonsumsi busui dan ibu hamil.

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 yang berguna untuk memperbaiki dan melindungi sel-sel tubuh Ibu dan bayi, serta mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi Ibu menyusui. 

Selain itu, susu kedelai juga bisa dikonsumsi karena mengandung protein alami yang baik dan dapat meningkatkan kualitas ASI.

Namun, jangan lupa untuk mengecek kondisi tubuh Anda sebelum mengonsumsi makanan tertentu dan meminta pendapat dokter tentang diet Anda selama masa menyusui. 

Ingatlah bahwa menjadi ibu menyusui membutuhkan penyesuaian dan kesabaran, sehingga Anda perlu membuat rencana yang terstruktur dan disiplin dalam pengaturan nutrisi tubuh. 

Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam merencanakan makanan sehat untuk memperbaiki produksi ASI Anda!.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter