Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Memiliki Banyak Keutamaan, Ini Dia Amalan Nifsu Syaban yang Bisa Diterapkan


Memiliki Banyak Keutamaan, Ini Dia Amalan Nifsu Syaban yang Bisa Diterapkan
Contoh amalan Nifsu Syaban (Dok. Istimewa)


 SwaraWarta.co.id - Malam Nisfu Syaban memiliki banyak keutamaan di mata Allah SWT. Selain itu, malam tersebut memiliki beberapa amalan yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. 

Amalan Nifsu Syaban yang Bisa Diterapkan 

Berikut ini adalah beberapa amalan yang dapat dilakukan di malam Nisfu Syaban:

1. Membaca Surah Yasin 

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah membaca Surah Yasin sebanyak tiga kali berturut-turut. 

Setiap kali membaca, sertakan niat yang berbeda. Bacaan pertama dimaksudkan untuk meminta umur panjang dengan ketaatan dan ketakwaan, bacaan kedua untuk dijaga dari marabahaya dan diberi rizki yang halal.

Sementara bacaan terakhir adalah agar hati selalu merasa cukup dan diakhiri dengan husnul khatimah. Waktu terbaik untuk membaca Surah ini adalah setelah salat Maghrib.

2. Membaca Doa Nabi Adam AS 

 erdoa di malam Nisfu Syaban juga sangat dianjurkan. Salah satu doa yang sering diutamakan oleh para ulama adalah doa Nabi Adam AS. Berikut doanya,

هُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّي وَعَلَانِيَتِي فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِي، وَتَعْلَمُ حَاجَتِي فَأَعْطِنِي سُؤَلِي، وَتَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي ذَنْبِي اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا يُبَاشِرُقَلْبِيْوَيَقِيْنَا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَا يُصِيبُنِي إِلَّا مَا كَتَبْتَ لِي وَرَضِنِي بِقَضَائِكَ.


Arab Latin: Allaahumma innaka ta'lama sirrii wa 'alaaniyati faqbal ma'dzirati, wata'lamu haajatii fa'thinii suaa-li, wata'lamu maa fii nafsii faghfir lii dzambii. Allaahumma innii as-aluka imaanan yubasyiru qalbii wa yaqiinan shaadiqan hattaa a'lamu annahu laa yushiibunii illaa maa katabta lii waraddanibiqadhaa-ik.

Baca doa tersebut dengan baik dan benar dan sertakan niat agar dimudahkan dalam segala urusan dan diberi keberkahan dalam hidup.

3. Berdzikir 

Dzikir setiap hari di bulan Syaban, khususnya di malam Nisfu Syaban juga sangat dianjurkan. 

Salah satu dzikir yang dapat dilakukan adalah mengucapkan,

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَالْمُشْرِكُونَ

Laa ilaaha illallaahu wa laa na'budu illaa Iyyahu mukhlishiina lahud diina wa lau karihalmusyrikuuna sebanyak 70 kali.

4. Memperbanyak Istigfar 

Selain dzikir, memperbanyak istigfar juga dianjurkan pada malam Nifsu Syaban. Hal ini bertujuan agar kita mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Berikut bacaan istifar yang dianjurkan untuk dibaca di malam Nifsu Syaban


أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوْبُإِلَيْهِ


Arab Latin: Astaghfirullaahaladzii laa ilaaha illaa huwar rahmaanur rahiimul hayyul qayyuumu waatuubuilaih.

5. Berpuasa Nisfu Syaban 

Pada malam Nisfu Syaban, kita dapat mengamalkan puasa Nisfu Syaban. Anjuran ini didasarkan pada sebuah hadits dari Nabi Muhammad SAW. 

Itulah beberapa amalan yang bisa dilakukan pada saat malam Nifsu Syaban. Anda bisa menerapkannya saat malam Nifsu Syaban tiba. 




Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter