Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Menarik untuk Dicoba, Ini Dia Cara Menjadi Pramugari dengan Mudah

 

Menarik untuk Dicoba, Ini Dia Cara Menjadi Pramugari dengan Mudah
Cara menjadi pramugari dengan mudah (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Pramugari merupakan salah satu provinsi yang disukai oleh banyak orang. Sebab jenjang karirnya cukup mudah. 

Cara Menjadi Pramugari dengan Mudah 

Jika Anda ingin menjadi seorang pramugari, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. 

1. Menyelesaikan Pendidikan Sekolah

Pertama-tama, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan dasar, seperti memiliki tinggi dan berat badan yang sesuai. 

Meskipun beberapa orang beranggapan bahwa menjadi seorang pramugari harus lulus dari sekolah khusus pramugari, hal itu sebenarnya tidak benar. 

Jadi, siapa saja dapat menjadi pramugari, termasuk lulusan SMA/SMK/sederajat atau S1 dari semua jurusan. 

Namun, biasanya perusahaan akan lebih memprioritaskan mereka yang lulus dari jurusan yang relevan, seperti akomodasi perhotelan, pariwisata, public relation, atau ilmu komunikasi. 

Jika berasal dari jurusan yang tidak relevan, pelamar bisa mencari pengalaman magang atau volunteer untuk meningkatkan skill yang dibutuhkan.

2. Mengikuti Sekolah Pramugari 

Ada beberapa cara untuk menjadi pramugari, yaitu melalui pendidikan di sekolah pramugari setelah lulus SMA/SMK, ikut pelatihan pramugari, atau belajar bahasa asing. 

Kelebihan dari mendaftar di sekolah pramugari adalah mendapatkan koneksi yang lebih luas di dunia penerbangan, belajar pengetahuan dan skill dasar pramugari secara mendalam, serta pelatihan yang cukup untuk menghadapi tes rekrutmen. 

Jika tidak dapat melanjutkan sekolah pramugari, beberapa maskapai atau lembaga pelatihan juga menyediakan pelatihan berbayar untuk calon pramugari.

Selain itu, penting untuk memeriksa kondisi kesehatan fisik dan mental sebelum melamar. 

3. Cek Kondisi Kesehatan 

Calon pramugari harus menjalani medical check-up yang akan memeriksa hampir semua bagian tubuh, seperti jantung, tes urine, pemeriksaan darah, cek USG dan rontgen, pemeriksaan gigi, pendengaran, kesehatan mata, dan ketahanan fisik. 

Oleh karena itu, disarankan untuk memperhatikan gaya hidup yang sehat dan mempersiapkan kebutuhan medical check-up yang cukup.

4. Mempersiapkan Berkas Lamaran Kerja

Untuk menjadi sukses sebagai pramugari, persiapkan semua berkas lamaran yang diperlukan dengan menonjolkan skill customer service dan pengalaman yang menunjukkan kekuatan fisik. 

Seorang pramugari harus pandai dalam menghadapi konsumen secara langsung, misalnya saat bekerja sebagai SPG atau saat magang sebagai resepsionis

Selain itu, penting juga untuk berlatih interview semaksimal mungkin.

5. Cari Lowongan Kerja Pramugari 

Apabila Anda sudah siap, carilah informasi lowongan kerja pramugari dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Biasanya, informasi tersebut dipublikasikan secara resmi oleh pihak penerbangan. Namun, hati-hati dengan kemungkinan adanya penipuan dalam proses rekrutmen. 

Demikianlah beberapa cara menjadi seorang pramugari. Selain pramugari, ada juga banyak pilihan karier lainnya yang dapat dieksplorasi. 

Untuk itu, jangan ragu untuk mencari referensi lebih banyak lagi di berbagai sumber yang ada.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter