Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Besaran Bunyi Adalah :Pengukuran dan Dampaknya pada Kesehatan Manusia

 

Besaran bunyi adalah tindakan untuk mengetahui intensitas suara
Besaran bunyi adalah tindakan untuk mengetahui intensitas suara
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Besaran bunyi adalah suatu ukuran yang digunakan untuk mengukur kekuatan atau intensitas suara yang terdengar oleh telinga manusia. 

Besaran bunyi adalah alternatif yang digunakan untuk mengetahui tingkat suara melalui indra pendengaran. 

Besaran bunyi adalah salah satu besaran turunan dari besaran fisika. Besaran bunyi diukur dalam satuan desibel (dB). 

Desibel merupakan satuan ukur untuk mengukur intensitas suara atau kebisingan. Perlu diingat bahwa besaran bunyi tidak hanya bergantung pada amplitudo suara, tetapi juga bergantung pada frekuensi suara yang dihasilkan.

Pengukuran besaran bunyi dapat dilakukan dengan menggunakan alat pengukur suara atau sound level meter.

Alat ini dapat mengukur besaran bunyi dengan akurat dan mudah. Besaran bunyi yang diukur dalam dB ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pengukuran tingkat kebisingan di area sekitar, dan juga sering digunakan dalam berbagai industri seperti industri musik dan kesehatan.

Salah satu contoh aplikasi besaran bunyi adalah dalam dunia musik. 

Dalam industri musik, besaran bunyi digunakan untuk mengukur tingkat kebisingan yang dihasilkan dalam sebuah konser atau festival musik bising dan ramai. 

Hal ini penting karena tingkat kebisingan yang tinggi dapat membahayakan pendengaran manusia jika terus-menerus terpapar dalam waktu yang lama. 

Oleh karena itu, para pengelola konser harus memperhatikan besaran bunyi yang terukur dengan sound level meter untuk memastikan keamanan pendengar.

Selain itu, besaran bunyi juga dapat digunakan dalam industri kesehatan untuk mengukur tingkat kebisingan di sekitar area rumah sakit.

Tingkat kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi kondisi pasien, khususnya orang yang sedang dalam keadaan sakit atau dalam tahap pemulihan. 

Oleh karena itu, besaran bunyi harus selalu dipantau dalam lingkungan rumah sakit untuk menjaga kesehatan pasien dan orang yang ada di sekitarnya.

Dalam dunia industri, besaran bunyi adalah alternatif pengukuran kebisingan mesin atau alat berat. 

Pekerja di pabrik atau di lokasi konstruksi sering terkena gangguan suara dari mesin atau alat berat yang digunakan dalam pekerjaan mereka. 

Oleh karena itu, penggunaan besaran bunyi adalah indikator yang sangat penting dalam industri yang melibatkan mesin atau alat berat. 

Dengan pengukuran dan pengontrolan besaran bunyi yang tepat, lingkungan kerja akan lebih aman dan kondusif.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan banyak alat yang menghasilkan suara, seperti televisi, radio, dan telepon genggam. 

Perlu diketahui bahwa penggunaan alat-alat ini dengan volume suara yang tinggi dalam waktu yang lama dapat membahayakan pendengaran kita. 

Oleh karena itu, disarankan untuk selalu memperhatikan besaran bunyi yang dihasilkan oleh alat-alat tersebut agar terhindar dari resiko gangguan pendengaran.

Keselamatan dan kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Dalam hal ini, besaran bunyi adalah salah satu faktor yang harus selalu diperhatikan. 

Penting bagi kita untuk memahami dan mengontrol besaran bunyi agar lingkungan tempat tinggal dan kehidupan kita bisa lebih sehat dan aman.

Jika besaran bunyi adalah alternatif mengukur tingkat suara maka volume terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan manusia. 

Kebisingan yang terjadi pada waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan dapat merusak sel-sel saraf di dalam telinga. 

Dampak Volume Terlalu Tinggi atau Bingsing

Selain itu, kebisingan juga dapat menyebabkan stres dan gangguan tidur. Beberapa dampak dari kebisingan yang terlalu tinggi seperti:

1.Gangguan pendengaran

Semakin keras suara, semakin banyak kerusakan yang ditimbulkan pada sel-sel saraf di telinga. Paparan cukup lama pada suara dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan kerusakan permanen pada telinga. 

2. Gangguan kesehatan mental

Kebisingan yang terus-menerus dapat menyebabkan tingkat stres dan kecemasan yang tinggi. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang dan memperburuk kondisi seperti depresi dan gangguan kecemasan.

3.Gangguan tidur 

Kebisingan yang terus-menerus dapat membuat seseorang sulit untuk tidur. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius karena kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental.

4. Gangguan pada sistem kardiovaskular

Kebisingan yang terus-menerus dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Peningkatan tekanan darah dan detak jantung dapat menyebabkan resiko tinggi terhadap serangan jantung dan stroke.

5. Gangguan pada sistem saraf 

Kebisingan yang terus-menerus dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti sakit kepala, kelelahan, dan kesulitan untuk berkonsentrasi.

Pengukuran besaran bunyi adalah metode yang digunakan untuk mengukur intensitas suara yang dihasilkan oleh bunyi. 

Intensitas suara ini dapat dinyatakan dalam satuan desibel (dB). Namun, sebelum melakukan pengukuran, hal yang perlu dipahami adalah fungsi dari besaran bunyi itu sendiri, yaitu sebagai ukuran kekuatan atau intensitas suara yang dapat didengar oleh telinga manusia.

Cara Mengukur Besaran Bunyi dengan Sound Level Meter 

Pengukuran besaran bunyi dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut dengan sound level meter. 

Sound level meter adalah alat yang dirancang untuk melakukan pengukuran intensitas suara dalam satuan desibel.

Alat ini biasanya digunakan oleh teknisi suara, ahli akustik, dan pekerja yang terkena paparan suara yang tinggi di lingkungan kerja.

Untuk melakukan pengukuran, alat sound level meter harus disetel dengan benar terlebih dahulu. Berikut cara penggunaannya:

  • Langkah berikut ini dapat diikuti untuk melakukan pengukuran besaran bunyi:
  • Tempatkan alat sound level meter pada titik pengukuran yang ingin diukur.
  • Pastikan alat dalam keadaan aktif dan sudah berfungsi dengan benar.
  • Pastikan bahwa alat berada dalam kondisi yang stabil dan tidak ada faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi hasil pengukuran.
  • Amati hasil pengukuran di layar alat pengukur. Perhatikan tingkat intensitas suara yang ditunjukkan dalam satuan desibel.
  • Selama proses pengukuran, pastikan agar positions alat sound level meter dapat diperoleh pengukuran secara akurat dan representatif dalam suatu area yang akan diukur.
  • Pelajari pengaturan pembacaan pada derajat pengalihan atau Filter yang disediakan pada alat tersebut, termasuk penyesuaian skala pengukuran jika perlu.

Cara Mengatasi intensitas Suara Terlalu Tinggi

Setelah melakukan pengukuran, hasil yang didapat dapat digunakan untuk menilai intensitas suara di sekitar lingkungan kerja atau hunian. 

Apabila besaran bunyi terlalu tinggi, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi merebaknya suara berlebih di sekitar lingkungan antara lain adalah:

  • Menambah unsur penyerap suara di sekitar area yang berisik. Contohnya dengan instalasi karpet atau memasang tirai untuk menyerap suara.
  • Menambahkan insulation berbahan akustik di bangunan yang sering mengalami tingkat kebisingan yang tinggi.
  • Mengurangi tingkat kebisingan dengan penggunaan earplug atau headphone noise-cancelling.

Dengan mengetahui metode cara mengukur besaran bunyi, kita dapat memantau intensitas suara di lingkungan sekitar kita, baik di lingkungan kerja atau pun hunian.

Ini sangat penting karena paparan suara yang tinggi atau terus-menerus dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia. 

Dengan mengukur besaran bunyi secara teratur, kita dapat mengidentifikasi kebutuhan untuk meningkatkan lingkungan kerja atau hunian yang berkualitas terutama menyangkut aspek kesehatan dan keselamatan.

Besaran bunyi adalah salah satu alternatif untuk mengetahui intensitas tingkat bunyi atau volume suara. Cara mengetahui besaran bunyi adalah dengan menerapkan sejumlah metode tersebut.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter