Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Curug Maribaya, 8 Hal Menarik yang Ada di Destinasi Lembang Ini

Curug Maribaya
Curug Maribaya Lembang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Curug Maribaya merupakan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bandung, tepatnya di Kawasan Lembang.

Lembang sendiri beberapa waktu ke belakang hingga saat ini, telah menjadi tujuan favorit para wisatawan domestik berkat udaranya yang sejuk, serta sangat cocok untuk dijadikan tempat healing pelepas lelah.

Curug Maribaya berada di Kawasan Lembang yang merupakan kawawan wisata yang jaraknya sekitar 22 kilometer dari Kabupaten Bandung Barat, ke arah timur laut melalui jalur Cisarua.

Di tengah semakin semaraknya perkembangan berbagai objek wisata yang terus bermunculan di Kawasan Lembang, Curug Maribaya masih tetap menjadi salah satu primadona tempat wisata di lokasi ini.

8 Hal Menarik Destinasi Wisata Curug Maribaya


Banyak hal menarik bisa ditemukan di Kawasan Wisata Curug Maribaya selain karena panorama alamnya yang indah, juga kesejukkan udaranya yang membuat pikiran tenang.

1. Memiliki Pemandian Air Panas


Curug Maribaya
Spot Air Panas Curug Maribaya - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Curug Maribaya terkenal dengan pemandian air panas-nya dan sangat ideal untuk menjadi tempat rileksasi bagi seluruh anggota keluarga.

Curug Maribaya berada tidak terlalu jauh dari lokasi Alun-Alun Lembang atau Pasar Lembang, yakni hanya sekitar 15-20 menit perjalanan melalui jalan Maribaya.

Akses untuk sampai ke lokasi ini membutuhkan kehati-hatian ekstra karena akses menuju lokasi ini harus melalui jalan dengan kondisi menurun yang curam, akan tetapi untuk kondisi jalannya sendiri tidak usah khawatir karena sudah dilapisi aspal yang mulus.


2. Destinasi Wisata Paling Legendaris di Lembang


Curug Maribaya
Spot Curug Maribaya - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Destinasi wisata Curug Maribaya bisa dikatakan sangat legendaris karena sebelum popularitas destinasi lain bermunculan di Lembang, Curug Maribaya sudah menjadi tujuan wisata favorit dari berbagai daerah.

Untuk saat ini, Curug Maribaya dikenal dengan nama yang lebih modern, yaitu Maribaya Natural Hotspring Resort.

Dalam perjalanan wisata ke Curug Maribaya pengunjung akan termanjakan karena sepanjang jalan bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Hal lain yang membuat Curug Maribaya begitu populer adalah keberadaan air panas alaminya yang bisa digunakan sebagai media penyembuhan terutama penyakit kulit.

3. Objek Wisata Lain di Sekitar Curug Maribaya


Di sekitar Curug Maribaya, atau seputaran Kawasan Lembang terdapat berbagai destinasi wisata menarik lainnya.

Dari mulai kebun stroberi, kebun teh yang hijau, hingga area peternakan rusa, yang tentunya dapat dinikmati oleh para pengunjung dengan leluasa.

Dalam hal ini, Pemerintah setempat selalu berupaya untuk memperbaiki segala infrastruktur dan fasilitas pendukung yang ada di Lembang guna menstabilkan daya tarik pengunjung agar terus terjaga.

Hal yang dilakukan oleh pihak Pemerintahan dengan termasuk di dalamnya pemeliharaan akses jalan, peningkatan keamanan dan kenyamanan pengunjung, serta terus membangun fasilitas umum yang memadai.

4. Populer Tidak Hanya Bagi Pengunjung Lokal, Tetapi juga Turis Asing


Curug Maribaya tidak hanya populer bagi para wisatawan domestik saja, tetapi juga sangat populer bagi kalangan wisatawan mancanegara.

Keindahan alam Curug Maribaya, kebudaya lokal Lembang yang kaya, serta  keramahan para penduduknya menjadi modal dan daya tarik utama bagi para pengunjung yang berasal dari luar negeri.

Dengan segala pesona alamnya yang luar biasa cantik serta keragaman atraksi wisatanya, Curug Maribaya Lembang tetap menjadi destinasi yang layak untuk dikunjungi baik bagi mereka para penyuka ketenangan maupun para penyuka petualangan.


5. Harga Tiket Masuk Curug Maribaya Relatif Murah


Sebagai informasi, untuk masuk ke kawasan wisata Curug Maribaya, para pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 45 ribu per orang pada hari libur nasional,

Sementara pada hari-hari biasa harga tiket masuk hanya harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 35 ribu per orangnya.

Kalau dihitung-hitung, harga tiket masuk tersebut masih terbilang murah dan masih bisa terjangkau oleh semua kalangan.

Dari harga tiket Rp 45 ribu tersebut Rp. 20 ribu adalah kupon untuk membeli makanan atau tiket masuk kolam air panas, sementara sisanya yang Rp. 25 ribu bisa digunakan untuk membeli makanan di area curug.


6. Memiliki Tiga Curug yang Indah


Bila diperhatikan lebih jeli, Curug Maribaya sebenarnya merupakan air terjun yang memiliki tiga curug berukuran sedang, yang masing memiliki aliran air yang sama derasnya.

Ketiga curug tersebut adalah Curug Cigulung, Curug Cikawari, dan Curug Cikolelang.

Untuk sumber air terjunnya sendiri berasal dari dua aliran sungai besar di Kabupaten Bandung Barat, yaitu Sungai Cigulung dan juga Sungai Cikawari.

Selain menikmati keindahan alam dan ketinggian air terjun Maribaya, para pengunjung juga bisa menikmati kesegaran airnya di area kolam tampung.

7. Banyak Spot Cantik untuk Foto-Foto


Pihak Pengelola Curug Maribaya telah menyediakan banyak lokasi pilihan untuk dijadikan spot foto instagramabls untuk keperluan para pengunjung berfoto.

Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk mengabadikan momen di sekitar curug.

Akan tetapi para pengunjung disarankan untuk lebih berhati-hati agar kameranya jangan sampai terjatuh atau tercebur ke dalam air terjun.

8. Fasilitas Tambahan yang Bisa Digunakan oleh Para Pengunjung


Bukan hanya menjadi spor untuk berfoto ria, Curug Maribaya juga menyediakan banyak fasilitas lainnya untuk dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Di lokasi ini, selain air terjun yang indah, juga terdapat berbagai fasilitas pemandian air panas.

Ada banyak pilihan jenis kolam air panas, dari mulai yang kelas standar hingga kelas private atau VIP.

Untuk biayanya sendiri tergantung dari jenis kolam yang dipilih; untuk kolam air panas kelas deluxe Rp 35 ribu.

Sementara untuk kelas VIP atau private, pengunjung perlu membayar lebih besar, yakni Rp 95 ribu per orang.


Selain fasilitas curug dan kolam air panas, di Kawasan Curug Maribaya ini juga terdapat wahana menarik lainnya.

Salah satunya adalah jembatan pelangi yang dicat dengan warna-warni, sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung untuk spot foto bersama.

Akan tetapi, pengunjung harus tetap waspada karena jembatan warna-warni ini cenderung bergoyang-goyang tatkala dilewati.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak bisa memanfaatkan fasilitas playground yang ada di lokasi Curug Maribaya.

Tetapi untuk masuk ke area playground ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tambahan yakni Rp 35 ribu per sekali masuk.

Selain playground, terdapat juga wahana bermain anak lainnya seperti Trick Art, dan bagi para pemburu kuliner sebaiknya tidak usah khawatir untuk menjelajahi menu-menu makanan di salah satu tempat makan yang juga terdapat di area Curug Maribaya yakni Twig Cafe.

Curug Maribaya memang sangat terkenal akan keindahan alamnya dan tentunya akan tetap terjaga dan terus diminati oleh para pengunjung meskipun destinasi-destinasi wisata baru terus bermunculan yang tentunya memiliki daya tarik yang tidak kalah luar biasanya.

Jadi, bila Anda sedang bersama keluarga dan hendak berwisata di Kawasan Lembang, sebaiknya menyengajakan untuk mampir di Curug Maribaya ini.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.