Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Gunung Lembu dan 5 Fakta Unik di Dalamnya

Gunung Lembu
Puncak Gunung Lembu - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Salah satu gunung yang cukup terkenal dan letaknya berada di Kabupaten Purwakarta dan merupakan gunung yang menyimpan banyak misteri adalah Gunung Lembu.

Berada satu deret dengan dua gunung lainnya yakni Gunung Bongkok dan Gunung Parang, keberadaan Gunung Lembu menjadi gunung yang cukup menarik perhatian warga setempat belakangan ini.

Gunung Lembu menjadi buah bibir sekaligus destinasi wisata baru di Purwakarta belakangan ini yang mulai banyak dikunjungi banyak orang.

Hal ini tentunya berhubungan dengan hal-hal menakjubkan yang ada pada gunung ini termasuk keindahan alamnya yang sangat mempesona yang tentunya menjadi tujuan para traveler untuk singgah.

Menurut beberapa keterangan yang berembus di dalam cerita warga setempat, Gunung Lembu bersinggungan dengan sejarah salah satu tokoh penting di wilayah tersebut yakni Ki Jongrang Kalapitung yang melegenda.

Bukan hanya itu, Gunung Lembu juga menyimpan keindahan tersembunyi lainnya yakni keberadaan Sungai Citarum di dalamnya yang memiliki keindahan yang luar biasa.

Beberapa Fakta Menarik Mengenai Gunung Lembu, Purwakarta

Gunung Lembu
Gunung Lembu - SwaraWarta.co.id (Sumber: Tempat.org)



Selain beberapa fakta menarik di atas yang menjadi daya tarik utama hingga para wisatawan penasaran untuk datang berkunjung ke Gunung Lembu adalah banyak fakta-fakta menarik lainnya yang patut diketahui.

Tercatat beberapa di antaranya menjadikan daya tarik yang membuat para pengunjung semakin penasaran untuk membuktikan sendiri kebenarannya, termasuk hal mistis yang membersamai destinasi wisata ini.

Berikut fakta-fakta menarik dari Gunung Lembu yang tidak banyak orang ketahui sebelumnya:

1. Gunung Lembu Terbentuk dari Jejak Pijakan Kaki Ki Jongrang Kalapitung

Gunung Lembu
Gunung Lembu - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Gunung Lembu memiliki legenda yang dipercayai oleh masyarakat setempat sebagai gunung yang terbentuk dari jejak kaki Ki Jongrang Kalapitung.

Ki Jongrang dalam cerita legenda ini merupakan salah satu tokoh yang memiliki kesaktian tiada tara.

Awal terbentuknya Gunung Lembu itu berdasarkan cerita bahwa kala itu Ki Jongrang sedang melakukan aktivitas memancing di Sungai Citarum.

Namun entah karena alasan apa kail pancing Ki Kongrang tersangkut pada dasar sungai dan sukar untuk ditarik.

Saking sukarnya, pancing itu ditarik berkali-kali hingga akhirnya mencelat bersama benda yang membuat mata pancing itu tersangkut.

Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut kedua kaki Ki Jongrang bertumpu di atas dua buah gunung yakni Gunung Bongkok dan Gunung Parang, di antara kedua gunung inilah pada cerita selanjutnya muncul Gunung Lembu.


2. Asal Usul Pemberian Nama Gunung Lembu

Pemberian nama gunung ini disebut sebagai Gunung Lembu sepertinya berkaitan dengan keberadaan sebuah batu besar yang berada di atas puncak gunung.

Sepintas, keberadaan batu besar tersebut bila diperhatikan sepintas sangat mirip dengan bentukan punggung seekor sapi.

Hal inilah yang kemudian yang membuat sebagian orang berpendapat bahwa nama Gunung Lembu diambil dari keberadaan batu besar tersebut.

Adapun keberadaan batu besar di atas puncak gunungnya tersebut bisa dijadikan tempat beristirahat bagi banyak pengunjung sembari menyaksikan pemandangan alam yang indah yang berada di bawahnya.

Bukan hanya itu, dari atas batu besar ini para pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan Waduk Jatuhur dari atas ketinggian yang sama indahnya seperti bentang alam di sekitarnya.

3. Letak Keberadaan Gunung Lembu

Gunung Lembu berdiri di area yang berdekatan dengan destinasi wisata air Waduk Jatiluhur, atau tepatnya berada di kawasan Dusun Panunggal, Sukatani, Purwakarta.

Posisi Gunung Lembu juga berada satu jalur dengan objek wisata lainnya yakni Gunung Bongkok dan juga Gunung Parang.

Gunung Lembu sendiri sangat populer di kalangan para wisatawan yang memiliki jiwa petualang, karena di lokasi ini orang-orang bisa melakukan aktivitas yang terbilang ekstrim, mulai dari rock climbing, pendakian gunung, maupun berkemah.

Gunung Lembu biasa banjir pengunjung ketika libur akhir pekan, kebanyakan dari mereka adalah menghabiskan waktu sambil berkemah.

4. Keindahan Panorama Alam yang Dapat Disaksikan dari Puncak Gunung Lembu

Bagi para penyuka pendakian gunung, Gunung Lembu akan menawarkan keindahan panorama alam dari atas ketinggian, di mana dari puncuk Gunung Lembu, para pengunjung bisa menyaksikan Kota Purwakarta dari atas, dan semakin tampak indah kalau dilakukan pada malam hari.

Di mana kerlap-kerlip lampu kota di Purwakarta tampak indah. Meskipun puncak Gunung Lembu tidak terlalu tinggi tetapi pesonanya tetap tidak terbantahkan.

Keindahan hamparan air Waduk Jatiluhur pun dapat disaksikan dengan leluasa di atas Puncak Gunung Lembu ini.

5. Destinasi Populer Para Pendaki Gunung

Gunung Lembu tidaklah terlalu tinggi akan tetapi memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta pendakian gunung.

Ada hal menarik dari keberadaan Gunung Lembu yang disukai oleh para pendaki gunung yakni keberadaan tiga bagian puncak yang berdiri masing-masing di atas Gunung Lembu ini.

Puncak Gunung Lembu tersebut terdiri dari puncak pertama, kemudian puncak kedua, dan terakhir adalah puncak ketiga.

Puncak ketiga menjadi puncak utama yang digemari oleh para pendaki karena puncak yang memiliki ketinggian paling tinggi.

Di mana puncak ketiga ini berada di atas ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut, sementara dua puncak lainnya ketinggiannya hanya di bawah 800 meter saja.

Karena ketinggian puncaknya yang tidak terlalu ekstrim, keberadaan Gunung Lembu bagi para pendaki ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi para pendaki di kelas pemula.

Bagi para pendaki pemula, menaklukkan puncak Gunung Lembu bisa dikatakan ajang latihan sebelum menaklukkan puncak gunung lainnya yang ketinggiannya berada di atas rata-rata tentunya.

Menaklukkan puncak Gunung Lembu tentu saja memiliki tingkat kerumitan tersendiri meskipun tidak terlalu tinggi.

Puncaknya bisa ditaklukkan siapa saja, tetapi tentunya butuh usaha ekstra juga untuk bisa naik ke atasnya.

Untuk sampai ke puncak Gunung Lembu, para pendaki harus melakukan hiking terlebih dahulu dari jalur awal pendakian.

Jika dirata-ratakan pendakian yang dilakukan ke Gunung Lembu ini akan memakan waktu sebanyak 2 sampai 3 jam perjalanan tergantung kecepatan masing-masing para pendaki.

Untuk biaya masuk untuk pendakian sendiri, para pendaki akan dikenakan biaya masing-masing yang jumlah nominalnya masih terjangkau, yakni sekitar Rp. 15 ribu saja per orangnya.

Bagi para pemula keberhasilan menaklukkan puncak Gunung Lembu memiliki kebanggaan tersendiri di tambah lagi, setelah berada di atas puncak bisa dengan leluasa mengabadikan momen di atas puncak dengan foto-foto seraya menikmati pemandangan alam di sekitarnya yang menakjubkan.

Termasuk menikmati keindahan pesona Waduk Jatiluhur dari atas puncak Gunung Lembu.

Gunung Lembu mulai menunjukkan daya tariknya bagi masyarakat sekitar Purwakarta, bahkan hingga ke daerah-daerah sekitarnya karena keindahan yang coba ditawarkannya.

Para pengunjung yang sekadar ingin hiking atau menikmati suasana tenang dan damai di atas ketinggian seraya menikmati keindahan alam di sekelilingnya bisa memutuskan untuk mendaki puncak Gunung Lembu ini.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.