Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Berwisata di Hutan Mangrove Kulon Progo, Menyaksikan Bentang Alam Cantik Khas Pesisir

Hutan Mangrove Kulon Progo
Hutan Mangrove Kulon Progo - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Sedang mencari tempat wisata yang tidak biasa tetapi mampu memberikan kepuasan karena keindahannya? Sudah pernah berkunjung ke Hutan Mangrove Kulon Progo, apa belum?

Kalau belum pernah sekalipun berkunjung ke Hutan Mangrove Kulon Progo, sebaiknya Anda mulai memikirkannya dan mencari tahu objek wisata ini seperti apa?

Atau kau perlu, bila benar-benar tertarik dan ingin mengunjungi Hutan Mangrove ini, mendingan mulai untuk googling di internet dan bacalah review teratas tentang tempat ini, dan segeralah berkemas bila tempat ini cocok dengan ekspektasi Anda.

Hutan Mangrove Kulon Progo sendiri merupakan hutan mangrove yang ada di wilayah Kulon Progo, D.I. Yogyakarta yang keberadaannya mulai dilirik para Wisatawan yang ingin berlibur di tempat dengan view eksotik.

Hutan Mangrove Kulon Progo adalah bentang alam yang luar biasa cantiknya yang berada di kawasan pesisir.

Hutan Mangrove Kulon Progo berada di kawasan Pasir Mendit, daerah Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, D.I Yogyakarta.

Di objek wisata ini menyajikan kedamaian dan rasa tenang jauh dari hiruk pikuk dan keramaian khas kota-kota besar, jadi yang mau menyepi, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Hutan Mangrove Kulon Progo, merupakan objek wisata yang jam operasionalnya tidak berbatas atau fulltime, atau buka 24 jam, jadi bagi para pengunjung tempat ini bisa datang kapan saja sesuai keinginan.

Hutan Mangrove Kulon Progo ini tentunya sangat memanjakan mata pengunjung jika didatangi pas siang hari dengan sinar matahari sempurna, tetapi akan terlihat indah juga bila didatangi pada saat malam hari apalagi pas bulan purnama muncul.

Remang cahaya bulan tentu saja bisa memperkuat aroma romantis sekaligus mistis bila datang di Hutan Mangrove Kulon Progo pada malam hari.

Di dua waktu tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tetapi tempatnya tetap sama, menyajikan keindahan hutan bakau.

Hutan Mangrove Kulon Progo ini bukan hanya terkenal akan keindahan alamnya saja tetapi lebih dari itu adalah tiket masuk tempat wisata ini tidaklah mahal, malahan bisa disebut sangat murah.

Hal Menarik di Hutan Mangrove Kulon Progo


Hutan Mangrove Kulon Progo
Hutan Mangrove Kulon Progo - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinteres



Untuk bisa masuk ke lokasi hutan bakau, pengunjung hanya dimintai untuk membayar harga tiket masuk sebesar Rp. 3.000 rupiah per orang.

Harga tiket murah ini tentu saja sangat diminati hingg tidak salah kalau banyak orang berkunjung sekadar menikmati hutannya sekaligus mencoba menyatukan diri dengan alam sekitar kita.

Ketika Anda telah memasuki kawasan hutan mangrove-nya, Anda langsung akan disuguhi oleh pemandangan unik di mana terdapat jalur-jalur kayu di tengah hutan yang merupakan jalur yang terbentuk secara alami karena proses alamiah.

Di tengah hutan mangrove selain para pengunjung disajikan keindahan alam luar biasa cantik yang merupakan ciptahan Tuhan yang tidak bisa ditiru oleh manusia, jiga para pengunjung bisa melihat flora dan faunana di dalamnya.

Kebanyakan, flora dan fauna yang ada di Hutan Mangrove Kulon Progo merupakan flora dan fauna khas yang menjadi bagian tak terpisahkan dari hutan mangrove tersebut.

Kawasan Hutan Mangrove Kulon Progo berada di area terbuka, akan tetapi banyak fasilitas umum yang sengaja dibuat untuk kenyamanan para pengunjung yang hendak berlibur di sana.

Fasilitas-fasilitas umum, yang merupakan fasilitas pendukung ini berupa tempat menyimpan kendaraan para pengunjung yang sangat luas.

Kemudian ada juga fasilitas lainnya semisal tempat makan yang berupa warung-warung kecil di sepanjang jalur menuju hutan mangrove.

Di warung-warung sekitar hutan ini banyak dijual aneka makanan kecil yang juga makanan khas wilayah ini, tak ketinggalan juga minuman-minuman ringannya juga tersedia.

Jadi untuk yang berkunjung ke tempat ini tetapi lupa membawa makanan dan minuman dari rumah, sebaiknya tidak usah kuatir karena di tempat ini tersedia kalau hanya untuk pengganjal lapar saja, ada banyak.

Hutan Mangrove Kulon Progo kali pertama dibuat sebenarnya adalah memiliki tujuan utamanya sebagai kawasan konservasi alam yang bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi.

Konservasi alam hutan bakau ini dikerjakan secara bersama-sama oleh kelompok masyarakat setempat. Seiring waktu, tempat konservasi alam hutan bakau ini kemudian menjadi tempat kunjungan wisata yang banyak diminati wisatawan.

Hutan Mangrove Kulon Progo menyajikan wisata alternatif tak biasa yang di dalamnya terdapat wisata edukatifnya juga.

Menurut informasi Hutan Mangrove Kulon Progo ini merupakan hutan bakau konservasi yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Secara letak geografis, objek wisata Hutan Mangrove Kulon Progo ini lokasinya sangat berdekatan dengan dengan objek wisata lainnya yakni Pantai Congot.

Untuk menuju ke hutan bakau ini bagi para pengunjung tidak perlu bingung karena jalan menuju ke objek wisata ini sangat mudah untuk diakses dan bisa dilalui oleh kendaraan.

Hutan Mangrove Kulon Progo
Hutan Mangrove Kulon Progo - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Luas keseluruhan area Hutan Mangrove Kulon Progo ini adalah kurang lebih mencapai angka 3 hektaran.

Di tempat ini juga kita bisa sekalian menikmati suasana pesisir pantai beserta dengan adanya sungai yang melintas di dalamnya, yakni Sungai Bogowonto yang juga tidak kalah indahnya.

Hutan Mangrove Kulon Progo terbagi menjadi tiga bagian besar yang meliputi Wisata Mangrove Pantai Kadilangu, kemudian ada Wisata Mangrove Jembatan Api-Api.

Dan bagian terakhir adalah Wisata Mangrove Pantai Medit. Ketiga bagian Hutan Mangrove Kulon Progo tersebut mewakili kawasan hutan ini di bagian timur, tengah, dan juga barat.

Yang jadi daya tarik utama hutan bakau ini adalah perpaduan yang cantik antara hijaunya hutan mangrove yang berpadu dengan putihnya pesisir pantai, ditambah birunya air laut dan langir.

Kawasan ini benar-benar menakjubkan untuk dinikmati oleh setiap orang yang sedang membutuhkan suasana penuh ketenangan dan kedamaian.

Di hutan ini pula terdapat banyak spot-spot menarik yang bisa digunakan oleh para pecinta foto-foto menarik, instagramable, serta foto yang indah untuk diunggah di medsos.

Dengan latar belakang hijaunya hutan mangrove, kecantikan foto-foto para pengunjung akan jauh terlihat alamiah.

Di hutan mangrove ini disediakan banyak spot tambahan yang berupa jalan yang terbuat dari bambu yang ada di hutan bakau, kemudian ada ayunan, juga bangunan gazebo.

Tidak ketinggalan pula ada jembatan api-api yang banyak diburu oleh para pecinta dunia traveling.

Wisatawan bisa menikmati keindahan hutan bakau ini sepuasnya tanpa perlu diganggu oleh suara-suara bising kendaraan, knalpot racing yang suaranya memekkakan telinga, klakson bus, hingga keriuhan kota-kota besar.

Di Hutan Mangrove Kulon Progo ini kita seolah sedang ada di sebuah tempat asing yang memukau di mana keselarasan alam terjaga dimana desir angin hutan bakau berpadu dengan aroma angin pesisir yang diselingi aroma garam, ditambah dengan lansekap biru air laut di sekitar hutan beserta biru lain dari langit.

Sangat indah dan menggoda untuk dikunjungi siapa pun.

Di Hutan Mangrove Kulon Progo ini, para pengunjung akan dimanjakan oleh suara-suara lirih alamiah nyanyian alam. Menarik bukan?


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.