Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jelang Ramadhan, Omzet Pedagang Tanah Abang Mengalami Kenaikan

 

Pembelian di tanah abang
Pembelian di tanah abang
( Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Mendekati bulan Ramadan, jumlah pengunjung di daerah Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, meningkat pesat. 

Banyak orang yang membanjiri toko-toko yang menjual pakaian. Pantauan detikcom di area Tanah Abang pada hari Minggu (3/3/2024) memperlihatkan kepadatan yang mulai terjadi di Stasiun Tanah Abang. 

Beberapa penumpang kereta terlihat membawa plastik berisi pakaian dengan berbagai ukuran.

Kepadatan pengunjung kadang membuat lalu lintas terhambat. Meskipun sudah sore, masih terlihat pengunjung mencari-cari pakaian di daerah Tanah Abang

Salah satu pedagang pakaian bernama Hidayat (36) mengatakan, fenomena tersebut biasa terjadi menjelang bulan Ramadan.

"Begini nih contohnya kalau udah mau puasa ya kayak gini, lebih ramai," kata dia.

"Kalau udah mulai puasa, Lebaran (meningkat). Kalau hari biasa nggak segini pengunjungnya, sepi malah," imbuhnya.

Banyak pengunjung yang berdatangan jauh lebih banyak dari biasanya. Dia menuturkan pendapatannya meningkat jelang Ramadan.

Saat jelang Ramadan, keramaian pengunjung tak hanya terjadi di akhir pekan saja, tetapi juga di hari biasa. 

Pedagang lain bernama Ilham (38) mengatakan keramaian pengunjung akan terus meningkat. 

"Akhir-akhir habis puasa, udah mau Lebaran puncak-puncaknya banget itu," tuturnya.

Puncak kepadatan pengunjung akan terjadi saat mendekati hari Lebaran Idul Fitri. Ilham melihat bahwa pengunjung tidak menentukan apakah akan membeli satuan atau grosir. 

"Nggak nentu sih, ada yang beli satuan, nggak pasti sih. Yang penting namanya orang pasar ngarepin berapa aja yang penting belanja. Puasa pertama sampai akhir gini suasananya, malah kadang lebih, pada gencet-gencetan," jelasnya.

Namun menurutnya, yang terpenting ialah ada pembeli yang tertarik pada dagangannya. Sementara itu, salah seorang pengunjung bernama Dian (31) mengungkapkan dirinya sudah biasa membeli pakaian di Tanah Abang menjelang bulan Ramadan. 

Dian membeli pakaian untuk anak-anak dan baju muslim.

"Udah biasa beli di sini kalau mau puasaan, beli pakaian anak sama baju muslim buat Lebaran," kata warga asal Jakarta Timur itu.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter