Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Pantai Banten Paling Eksotik! Cocok untuk Libur Lebaran

Pantai Banten
Pantai Tanjung Lesung - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Pantai Banten terkenal dengan panorama alamnya yang menakjubkan.

Tentunya menjelang masa libur Lebaran nanti, Pantai Banten menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Jabodetabek atau sekitarnya, juga pelancong luar daerah.

Pantai Banten adalah surga liburan bagi para pecinta keindahan dan bentang alam pantai dengan pasir dan gemuruh ombaknya.

Seperti yang sudah diketahui banyak wisatawan, wilayah Banten menyajikan banyak sekali objek wisata yang luar biasa dan menakjubkan karena panorama alamnya yang cantik, terutama untuk wisata yang bertema pantai.

Menghabiskan banyak waktu bersantai di tepi pantai sambil menikmati aktivitas seperti berenang atau bermain pasir bisa menjadi opsi yang menarik untuk libur Lebaran nanti.

10 Pantai Banten yang Eksotik dan Menakjubkan


Ada sejumlah pantai di Banten yang direkomendasikan dan tentunya bisa dijangkau dalam waktu beberapa jam saja, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan transportasi umum yang tersedia.

Berikut adalah rekomendasi 10 Pantai Banten yang bisa menjadi alternatif tempat liburan Lebaran yang akan datang.

1. Pantai Anyer


Pantai Banten
Pantai Anyer - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)




Pantai Banten yang pertama dan merupakan pantai pavorit, yakni Pantai Anyer.

Merupakan salah satu destinasi populer di kawasan Banten. Pantai ini merupakan destinasi yang kerap kali menjadi tujuan populer para wisatawan baik yang berasal dari wilayah Banten sendiri, maupun para oengunjung yang berasal dari luar daerah, terutama yang berasal dari area ibukota.

Untuk sampai ke Pantai Anyer para pengunjung akan menghabiskan waktu tempuh selama 2,5 jam perjalanan dengan transportasi darat semisal mobil ataupun motor.

Bukan hanya keindahan pasir dan air lautnya saja yang menjadi daya tariknya, tetapi di pantai ini juga para pengunjung bisa menikmati panorama Gunung Rakata yang menjulang di atas permukaan laut serta mercusuar yang berdiri sebagai peninggalan Belanda.

2. Pantai Tanjung Lesung


Pantai Banten
Pantai Tanjung Lesung - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Pantai Banten yang kedua adalah Pantai Tanjung Lesung yang lokasinya berada di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Jarak yang bisa ditempuhd sekitar 4 jam perjalanan dari pusat Kota Jakarta.

Di pantai ini, para pengunjung dapat menikmati pemandangan indah Gunung Krakatau di Selat Sunda serta hamparan perairannya yang menakjubkan.

Pantai Tanjung Lesung menawarkan beragam kegiatan wisata menarik seperti bersepeda di pesisir pantai, bermain voli pantai, juga berburu foto yang menakjubkan, atau bisa pula main snorkeling.

3. Pantai Carita


Pantai Banten



Pantai Banten berikutnya adalah Pantai Carita, pantai ini berada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, yang merupakan salah satu pantai terkenal di Banten.

Warna pasir putihnya bersemu kecokelatan dengan tekstur lembut dengan panorama laut yang luar biasa merupakan daya tarik utamanya.

Para pengunjung mempunyai opsi untuk menginap sebagai akomodasi atau sekadar bersantai ria di tepi pantai yang tenang.

Ada berbagai aktivitas olahraga air yang bisa dilakukan di pantai ini misalnya snorkeling, banana boat, surfing, dan jet ski dapat dinikmati di Pantai Carita.

4. Pantai Bagedur


Terletak di kawasan Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, dengan jarak tempuh sekitar 200 km dari Jakarta.

Dari area ibukota, para pengunjung bisa tiba di lokasi Pantai Bagedur dengan memakan waktu tempuh dengan perjalan darat selama sekitar lima hingga enam jam perjalanan tanpa berhenti atau istirahat.

Pantai ini berada di pesisir selatan, pantai ini dikenal juga karena memiliki ombak yang cukup kuat.

Daya tarik andalan tempat wisata ini adalah pesona pasir putihnya yang meliputi sepanjang pantai membuat siapa pun terpesona dengan keindahannya.

5. Pantai Ciputih


Kendatipun letaknya berada di ujung barat Pulau Jawa, Pantai Ciputih tetap menjadi destinasi yang rekomendasi untuk dikunjungi.

Perjalanan jika dilakukan dari Jakarta makan akan memerlukan waktu sekitar empat hingga enam jam untuk sampai ke tempat ini.

Meskipun terbilang lumayan jauh, pengelola pantai ini menyediakan berbagai fasilitas penting yang bisa digunakan oleh para pengunjung seperti sarana penginapan, sarana kamar mandi, kolam renang, serta area bermain anak.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Ciputih ini sebaiknya Anda mencoba salah satu aktivitas andalan yang menyenangkan, yakni aktivitas air seperti snorkeling untuk melihat keindahan bawah air beserta terumbu karangnya.

6. Pantai Sawarna


Pantai Sawarna dikenal karena lokasinya begitu alami yang tidak dimiliki oleh pantai manapun.

Di pantai Sawarna, para pengunjung bisa merasakan sensasi berpetualang dengan cave tubing, atau mencoba mengeksplorasi dengan masuk ke dalam goa-goa batu kapur yang tersedia di pantai ini.

Bagi yang suka berselancar air, di pantai ini Anda bisa melakukannya hingga puas.

Di kawasan pantai ini ada banyak homestsy yang bisa disewa, jadi setelah seharian menjelajah goa dan berenang, pengunjung tentunya bisa menentukan pilihan untuk menginapi.

Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbit atau terbenam tanpa harus terburu-buru untuk segera pulang.

7. Pantai Pulau Merak Kecil


Pantai Pulau Merak Kecil menjadi salah satu tujuan wisata pantai paling populer di wilayah Banten karena keindahan dan suasana pantainya yang dramatis.

Pantai ini, lokasinya terletak di kawasan Desa Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Kendatipun hanya berjarak sekitar 500 meter dari daratan, pulau ini menawarkan keindahan alam yang memikat dan tentunya menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan.

Di pantai ini ara pengunjung bisa bermain pasir sambil menyaksikan lalu lintas kapal feri yang sibuk di Pelabuhan Merak.

Keindahan bentang alam serta suasana yang tenang membuat pengalaman di Pulau Merak Kecil menjadi begitu istimewa bagi wisatawan siapa pun yang datang berkunjung.

8. Pantai Sambolo


Lokasinya terletak berada di Kawasan Karang Bolong, Tambang Ayam, Kecamatan Anyer, Banten.

Pantai ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh pengunjung karena keindahan panorama alamnya  yang alami, serta fasilitas lengkap yang ditawarkan.

Pengunjung dapat bersantai menikmati angin laut atau mengikuti berbagai aktivitas air seperti jet ski, surfing, banana boat, dan parasailing.

9. Pantai Pulau Peucang


Pulau Peucang, sangat terkenal dengan keindahan suasana pasir putihnya, lokasinya berada satu kawasan dengan Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Meskipun areanya tidak terlalu luas, pulau ini menyajikan pesona alam yang alami dan luar biasa.

Pantainya sendiri memiliki pasirnya yang berwarna putih bersih serta teksturnya lembut.

Letaknya yang terapit di antara Pulau Jawa serta Pulau Panaitan, pantai ini memiliki ombak cenderung kecil jadi tidak terlalu berbahaya, sehingga bisa menarik banyak wisatawan yang ingin berenang atau bermain air di sini karena risikonya aman.

10. Pantai Pulau Sangiang


Pulau Sangiang, menjadi salah satu destinasi dengan panorama indah di Banten, terletak di tengah Selat Sunda, Provinsi Banten, posisinya dekat dengan Kawasan Wisata Pantai Anyer, Serang.

Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat indah yang hamparannya sangat luas  dan tidak kalah menakjubkannya adalah air lautnya yang berwarna biru.

Pulau Sangiang menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Pantai pasir putih di pulau ini menjadi alternatif menarik bagi wisata pantai di sekitar Anyer.

Dengan keindahan alamnya dan suasana yang tenang, Pantai Banten memberikan pengalaman liburan yang menenangkan juga meninggalkan kepuasan tersendiri bagi para pengunjungnya.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.