Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pencarian Korban Longsor Bandung Barat Dihentikan Sementara

 

Evakuasi korban longsor Bandung Barat
Evakuasi korban longsor Bandung Barat
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Proses pencarian sisa korban hilang tertimbun longsor di Kampung Gintung, RT 03/07, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, telah dihentikan sementara. 

Hal tersebut diumumkan oleh Kepala Seksi Operasi dan Siaga pada Kantor SAR Bandung, yaitu Supriono, yang menyatakan bahwa penghentian sementara pencarian korban tertimbun longsor dilakukan karena adanya bahaya yang mengintai setelah hujan turun dengan deras.

 "Tadi pagi kita sempat laksanakan pencarian di hari ketiga, tapi kemudian dihentikan sementara sesuai hasil assessment. Kita hentikan sampai jam 12.00 WIB," kata Supriono di lokasi kejadian, Rabu (27/3/2024).

Potensi bahaya semakin meningkat mengingat material longsor semakin labil dan berbahaya bagi petugas.

"Dihentikan sementara karena di hari kedua pukul 17.00 sampai 23.00, terjadi hujan ringan sampai deras. Otomatis berpotensi mengancam keselamatan petugas dengan longsor susulan," kata Supriono.

Hujan deras telah mengguyur pada Selasa (26/3/2024), mulai pukul 17.00 WIB sampai 23.00 WIB, sehingga memperparah bahaya yang melekat. 

Dalam kondisi tersebut, pihak SAR Bandung akan mengevaluasi kondisi di lapangan terkait kemungkinan dilanjutkannya proses pencarian sisa korban atau justru menghentikan operasi di hari ketiga.

"Nanti akan kita evaluasi lagi kondisi di lapangan memungkinkan dilanjutkan pencarian lagi atau tidak. Karena kita juga harus terus melihat kondisi cuaca," ucap Supriono.

Dari hasil pemetaan, titik longsoran sebelumnya semakin meluas dan muncul titik longsoran baru yang juga berpotensi membahayakan petugas Tim SAR Gabungan. 

"Ada titik longsoran baru. Tim assessment sudah pemetaan, titik longsoran itu tentunya dari atas seperti yang sebelumnya," kata Supriono.

Oleh karena itu, masyarakat dilarang mendekat ke lokasi longsor. Petugas juga telah menurunkan diri ke zona yang lebih aman.

Hanya petugas di titik terakhir sebelum ke lokasi longsor yang berjaga-jaga untuk mengantisipasi orang yang menerobos masuk.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter