Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Tempat Wisata di Balikpapan Paling Hits Tahun 2024 ini

Tempat Wisata di Balikpapan
Aquaboom Waterpark Balikpapan - SwaraWarta.co.id (Sumber: aquaboombsb)


SwaraWarta.co.id - Tempat Wisata di Balikpapan itu sangat beragam dengan segala fasilitas dan keunggulan masing-mading yang dimilikinya tiap destinasi tersebut.

Balikpapan sendiri merupakan sebuah kota yang dikenal sebagai Kota Minyak, bukan hanya sebuah kota industri tetapi juga memiliki keindahan alam yang luar biasa, sehingga Tempat Wisata di Balikpapan ini banyak disukai orang.

Terletak di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, Balikpapan menawarkan beragam destinasi wisata yang patut dieksplorasi baik yang sudah terlebih dahulu populer maupun yang baru hendak menggeliat.

Tempat Wisata di Balikpapan beragam, dari destinasi yang berupa danau hingga pesisir pantai.

Dari kampung wisata, bukit, juga waterpark termasuk di dalamnya, ada banyak pilihan untuk menikmati keindahan alamnya.

Ada juga beberapa danau, danau ini menawarkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan serta hal-hal yang bisa dilakukan di danau tersebut semisal aktivitas berperahu dan memancing.

Sementara itu, pesona alam yang berupa pantai-pantai di Balikpapan juga menarik perhatian wisatawan dengan pasir putihnya serta air lautnya yang begitu jernih.

Aktivitas yang biasa dilakukan seperti berjemur, berenang, atau sekadar menikmati suasana senja juga bisa dilakukan di destinasi wisata ini.

Bagi para pengunjing yang menyukai suasana alam pedesaan, maka kampung wisata di Balikpapan menawarkan pengalaman yang unik.

Para pengunjung bisa melihat kehidupan sehari-hari masyarakat setempat sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Bukan hanya itu, keberadaan bukit-bukit di sekitar Balikpapan juga menawarkan pemandangan yang sangat spektakuler dari arah ketinggian, wisata ini tentunya cocok untuk hiking atau sekadar menikmati pemandangan.

Tidak pula ketinggalan, Kora Balikpapan juga memiliki objek wisata taman air atau waterpark yang bisa dikunjungi oleh Anda beserta seluruh anggota keluarga.

Dengan beragam wahana air serta fasilitas lainnya, serta adanya kolam renang, tempat ini menjadi favorit bagi pengunjung yang ingin bersenang-senang dan melepaskan penat setelah rutinitas harian yang menumpuk.

Untuk menikmati liburan yang lebih seru serta memuaskan, sebaiknya persiapkan segala sesuatunya dengan sangat matang agar agenda perjalanan Anda lancar.


Tempat Wisata di Balikpapan Paling Populer


Tempat Wisata di Balikpapan sangat beragam, untuk itu pastikan untuk mencari informasi tentang setiap destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi, termasuk jam operasional, fasilitas yang tersedia, juga aktivitas yang dapat dilakukan di sana.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa perlengkapan dan peralatan yang sesuai, terutama jika Anda berencana untuk melakukan aktivitas di alam terbuka seperti hiking atau aktivitas berperahu.

Dengan begitu, liburan Anda di Balikpapan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, sekaligus memenuhi rasa penasaran Anda dengan petualangan dan keindahan alam yang luar biasa.

Berikut destinasi wisata yang ada di Balikpapan


1. Dahor Heritage


Tempat Wisata di Balikpapan
Dahor Heritage - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Balikpapan yang pertama adalah Dahor Heritage, yang merupakan salah satu objek wisata populer di kota minyak ini.

Berdasarkan sejarahnya, pada era 1920-an, kompleks perumahan dinas ini digunakan oleh para pekerja kilang minyak untuk bersantai dan beristirahat setelah seharian bekerja.

Untuk saat ini, kompleks yang masih utuh tersebut kemudian diubah menjadi lokasi cagar budaya yang mempertahankan arsitektur khas Belanda yang masih otentik tersebut.


2. Pantai Kemala


Tempat Wisata di Balikpapan
Pantai Kemala - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Balikpapan yang kedua adalah Pantai Kemala, di mana keindahan pantainya sangat memukau para pengunjung dengan segala fasilitas yang disediakan sangat memadai.

Di pantai ini, para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seru seperti menikmati panorama alamnya, bermain istana pasir, berenang di pantainya, menikmati sunset dan sunrise, serta mencoba olahraga paragliding, dan naik banana boat.

Suasana di Pantai Kemala semakin luar biasa dengan keberadaan banyak pohon kelapa yang tumbuh berderet-deret.

3. Aquaboom Waterpark


Tempat Wisata di Balikpapan
Aquaboom Waterpark - SwaraWarta.co.id (Sumber: aquaboomwaterparkbsb)



Tempat Wisata di Balikpapan berikutnya adalah Aquaboom Waterpark, yang lokasinya berada di lantai 7 Balikpapan Superblox Complex.

Ada banyak wahana ditawarkan di tempat wisata ini di antaranya adalah Huricane Slider, Thunder Bolt, dan Race Buster. Taman bermain ini juga menawarkan pengalaman yang unik bagi para pengunjungnya.

Yang istimewa dari waterpark ini adalah, setelah menikmati berbagai wahana, para pengunjung dapat turun ke area mall untuk mencari makanan atau camilan sekaligus bisa melanjutkan acara jalan-jalan.

4. Mangrove Center


Meskipun pada mulanya dianggap sebelah mata oleh warga sekitar, tempat wisata ini lambat laun menjadi tempat wisata yang menarik banyak pengunjung untuk datang.

Di Mangrove Center ini, para pengunjung bisa menikmati sensasi naik perahu kelotok untuk menyusuri sungai dan menikmati keindahan hutan mangrove yang telah dibangun Agus Bei tersebut

5. Kampung Atas Air


Tempat Wisata di Balikpapan berikutnya yang sayang kalau dilewatkan adalah mencoba pengalaman seru di Kawasan Kampung Atas Air.

Di tempat ini, selain pengunjung bisa menyaksikan berbagai aktivitas warga, Anda juga bisa menikmati aktivitas berenang, berswafoto, maupun naik ke atas kapal.

Di tempat ini para pengunjung juga bisa menikmati berbagai jenis kuliner unggulan yang sangat khas.

6. Danau Cermin Lamaru


Tempat Wisata di Balikpapan berikutnya adalah Danau Cermin Lamaru yang terkenal karena airnya yang begitu jernih sehingga terlihat bak kaca.

Danau ini dikelilingi banyak pepohonan yang berdaun rindang, sehingga suasana di sekitar danau akan terasa semakin sejuk dan juga asri.

Lokasi danau ini masih sangat alami tetapi belum sepenuhnya dikelola dengan baik oleh pengurus atau pemerintahan setempat.

7. Kebun Raya Balikpapan


Bukan hanya ada di Cibodas dan Bogor, di Balikpapan terdapat taman yang berisi ragam flora endemik Indonesia, yaitu Kebun Raya Balikpapan.

Lokasinya berada di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain, destinasi wisata alam ini telah secara resmi dibuka pada tahun 2014 yang lalu.

Tempat ini dibuka pada mulanya memiliki tujuan awal untuk sarana rekreasi, konservasi alam, sekaligus tempat pelestarian tanaman asli khas Kalimantan.

Di lokasi ini terdapat fasilitas jogging track sekadar beraktivitas ringan sambil menikmati udara segar yang bebas polusi.

8. Pantai Sepinggan


Selain Pantai Melawai, Tempat Wisata di Balikpapan yang tidak kalah populer adalah Pantai Sepinggan.

Pantai ini merupakan deatinasi alternatif di Balikpapan yang sangat ideal untuk menikmati panorama matahari saat hendak terbenam.

Para pengunjung dapat menyaksikan dengan leluasa keindahan langit berwarna jingga serta pantulan cahaya matahari di atas permukaan air laut yang tenang, dari arah dermaga kayu yang membentang sepanjang sisi Pantai Sepinggan.

9. Bukit Bangkirai


Bukit Bangkirai merupakan destinasi wisata yang tepat untuk menyaksikan keindahan hutan Kalimantan secara langsung.

Selain menikmati pesona alamnya, para pengunjung juga bisa menikmati sensasi mengagumkan dari jembatan gantung yang terdapat di kawasan wisata ini.

Meskipun membutuhkan perjalanan sekitar 1.5 jam dari pusat kota Balikpapan, pengalaman yang didapat di Bukit Bangkirai sangatlah berharga.

10. Waduk Manggar


Tempat Wisata di Balikpapan yang terakhir adalah Waduk, yang sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai sumber air bersih PDAM untuk kebutuhan masyarakat, akan tetapi, setelahnya tempat ini jadi objek wisata karena keindahannya.

Di sini, para pengunjung bisa menikmati suasana segar dengan menjelajahi dek kayu yang mengelilingi waduk.

Bukan hanya itu, di Waduk Mamggar, Anda juga bisa menyaksikan beberapa orang memancing atau menebar jala untuk menangkap ikan yang hidup di dalam air waduk.


Itulah 10 Tempat Wisata di Balikpapan paling hits untuk tahun 2024 ini.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.