Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Tempat Wisata di Banten Paling Populer yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Tempat Wisata di Banten
Badak Ujung Kulon - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Keberadaan Provinsi Banten yang berada di sebelah Barat Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan perairan, tentu saja menjadikannya Tempat Wisata di Banten paling strategis.

Keberadaan Tempat Wisata di Banten menjadikannya tempat persinggahan banyak turis-turis sekadar menikmati potensi alam tanah Banten yang indah beragam ini.

Bukan hanya itu keberadaan Tempat Wisata di Banten yang menyajikan view yang luar biasa, mampu menyedot perhatian orang-orang untuk segera datang berkunjung.

Banten punya segalanya, terutama pantainya yang cantik.

Maka tak heran, warga-warga yang mendiami kota di sekitarnya berbondong-bondong untuk datang ke Tempat Wisata di Banten ini sekadar mencari suasana yang tenang dan penuh kedamaian.

Untuk saat ini, salah satu pantai di Banten menjadi salah satu yang banyak dikunjungi ketika musim liburan tiba.

Pada perayaan Natal serta Tahun Baru kemarin, tempat-tempat wisata yang ada di Banten dan sekitarnya menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan, terutama pantai terkenalnya yakni Anyer.

Tempat Wisata di Banten bukan hanya pantai saja, destinasi lain tidak kalah menariknya dari wisata pantai seperti Anyer.

Akan tetapi wisata Pantai Anyer masih menjadi primadonanya dibanding destinasi di Banten lainnya.

Jika dihitung-hitung ada puluhan tempat wisata di Banten yang dijamin menjanjikan kepuasan bagi para pengunjungnya, orang-orang lokalnya yang ramah, turut menjadi Banten menjadi salah satu kota tujuan wisata orang-orang yang hendak berlibur.

Tempat Wisata di Banten

Tempat wisata di Banten ada banyak macam ragamnya, selain pantai, ada pula cagar alam atau suaka margasatwa, gunung, tempat wisata budaya seperti kampung tradisional dan yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas tempat wisata di Banten yang jadi primadona dan menjadi aset pendapatan daerah yang menjanjikan.

Tempat mana saja itu, berikut hanya beberapa di antaranya saja.

1. Pantai Anyer

Tempat Wisata di Banten
Sunset di Anyer - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat wisata di Banten yang pertama dan paling terkenal di kota ini adalah Pantai Anyer.

Menurut data yang sengaja diumumkan, Pantai Anyer menjadi salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi oleh penduduk kota Jakarta dan sekitarnya semisal Bogor, Depok, Bekasi, dan lainnya.

Alasannya bukan karena memang tempatnya dekat dan sangat terjangkau dari Jakarta tapi lebih dari itu, Pantai Anyer adalah surga traveling bagi para penggemar wisata pantai.

Pantai Anyer tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan setiap harinya apalagi pada momen-momen liburan nasional, Pantai ini kebanjiran pengunjung.

Pantai Anyer terletak di Kecamatan Anyer tentunya, yang memiliki pantai dengan pasirnya berwarna putih dan bersih.

Di Pantai Anyer ada banyak pilihan untuk bereaksi melepas kepenatan. Ada banyak fasilitas dan wahana yang ditawarkan sepanjang kawasan Pantai Anyer.

Untuk yang suka olahraga air, di Pantai Anyer bisa berenang, atau berselancar, ataupula melakukan snorkling bahkan untuk penyelaman pun sangat bisa dilakukan.

Di lokasi pantai pun menjadi surga bagi penikmat keindahan juga para pemburu kuliner.

Karena di sepanjang kawasan banyak makanan-makanan enak siap disajikan seraya menikmati kesemarakan deburan ombak pantai.

Bukan hanya itu, bagi yang malam pulang pergi, ada banyak penginapan yang tersebar di sekitar pantai dari yang bertaraf penginapan murah hingga hotel bintang lima ada di sekirar Pantai Anyer

Pantai Anyer adalah surganya para pelancong. Di tempat ini para pengunjung dimanjakan oleh keindahan bentang alam laut, pantai, serta pemandangan tidak berbatasnya.

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Tempat Wisata di Banten berikutnya adalah Taman Nasional Ujung Kulon yang terkenal itu.

Taman Nasional Ujung Kulon letaknya paling Barat Pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan perairan bebas yang berupa samudera.

Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon lokasinya mencakup persebaran pulau-pulau di sekitar ujung barat Pulau Jawa, bukan hanya berupa daratannya, tetapi termasuk perairannya.

Banyak hal bisa dilakukan di Taman Nasional Ujung Kulon ini mulai dari sekadar trekking, melakukan kemping bersama, safari alam terbuka seperti di Afrika atau sekadar menikmati alamnya yang terhampar indah.

Taman Nasional Ujung Kulon sendiri adalah habitat dari beberapa binatang endemik Banten yang dilindungi, salah satunya badak bercula satu yang keberadaannya terancam punah.

Taman Nasional Ujung Kulon adalah tempat pelestarian sejumlah binatang langka dengan badak jawa sebagai ikon-nya.

Pelestarian badak ini diharapkan bisa berhasil agar jumlah badak yang semakin menipis bisa kembali bertambah.

3. Tanjung Lesung

Tempat wisata di Banten yang juga merupakan kawasan pantai adalah Tanjung Lesung.

Pantai ini dibilang sangat ekslusive karena penataan serta pemeliharaannya yang benar-benar maksimal, sehingga pantai ini sangat bersih dan indah, membuat pantai ini terlihat benar-benar cantik.

Posisi pantai sendiri ini bila ditarik garis lurus searah dengan kota Jakarta, posisinya berjarak kurang lebih 180 km dari Ibukota Jakarta.

Sama halnya seperti di Pantai Anyer, di Tanjung Lesung banyak hal bisa dilakukan mulai dari bermain pasir pantai, berenang, menyelam, ataupun snorkling.

Pantai ini terkenal karena kebersihan lokasinya hingga tampak sangat asri hingga tak salah sepertinya bila banyak wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini.

Tanjung Lesung menjadi pantai terbaik yang ada di kawasan Jawa Barat dan Banten dibanding pantai lainnya.

Ombak di Tanjung Lesung sangat besar di musim hujan, jadi upayakan untuk lebih berhati-hati.

Untuk akomodasi, pantai ini menyediakan banyak penginapan juga villa-villa, jadi tidak usah kuatir kalau harus bermalam di sekitar kawasan pantai.

Sebagai ingormasi, untuk luas kawasan Tanjung Lesung tercatat mencapai luas 1500 hektar dengan segala fasilitas lengkapnya yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola untuk para pengunjung.

4. Gunung Krakatau Selat Sunda

Tempat Wisata di Banten
Gunung Krakatau - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Gunung Krakatau adalah yang pernah erupsi dengan ledakan dahsyat di masa lampau yang sempat mengacauakan iklim dunia di masa lampau.

Gunung Krakatau menyajikan keindahan dengan sensasi berbeda dibanding gunung-gunung lainnya.

Pasca erupsi, gunung ini menjadi destinasi para pelancong meski hanya sekadar jarak jauh dengan menggunakan perahu.

Gunung Krakatau mampu menyajikan sensasi petualangan alam tidak biasa, dramatis, menakjubkan, serta mendatangkan sensasi yang berbeda yang luar biasa.

Bagi Anda para penyuka foto-foto, sepertinya berpose dengan membelakangi Gunung Krakatau yang berdiri gagah itu sepertinya akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

5. Kampung Adat Baduy


Tempat wisata di Banten berikutnya adalah kanpung adat Suku Baduy.

Suku Baduy merupakan suku asli yang mendiami sebagian wilayah Banten yang dalam kesehariannya belum terjamah modernitas.

Di mana para warganya masih menjunjung tinggi adat dan kebudayaan para leluhurnya yang diturunkan secara turun-temurun.

Para suku adat Baduy tidak menggunakan alat teknologi meodern kecuali dengan kehidupan serba tradisional. Meski untuk saat ini masyarakat Baduy tidak sekaku seperti sebelum-sebelumnya, mereka madih tetap memegang teguh keadiluhungan adat istiadat serta budaya leluhurnya.

Suku adat Baduy banyak mendiami Kabupaten Lebak dengan total warga yang tercatat mencapai angka 8.000 Jawa.

Masyarakat adat Baduy terbagi ke dalam dua golongan, yaitu Suku Baduy Dalam dan juga Suku Baduy Luar.

Perbedaan kedua golongan ini adalah bahwa Baduy Dalam benar-benar menolak interaksi dengan dunia luar, sementara Baduy Luar sudah mulai berbaur dan berinteraksi dengan pengaruh dunia luar.


Penjelasan di atas adalah mencakup 5 Tempat Wisata di Banten yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dan dikenal banyak orang.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.