Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

7 Tempat Wisata di Sumedang yang Tetap Hits di Tahun 2024 ini

Tempat Wisata di Sumedang
Gunung Tampomas - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Tempat Wisata di Sumedang bisa jadi menjadi destinasi alternatif yang patut dikunjungi setelah puas melakukan wisata di berbagai daerah di Jawa Barat lainnya.

Tempat Wisata di Sumedang sepertinya masih belum banyak orang tahu, padahal beberapa di antaranya lumayan hits dan dikenal oleh Wisatawan secara luas.

Sama halnya dengan wilayah lain di Jawa Barat, Tempat Wisata di Sumedang lebih mengedepankan wisata bertema bentang alam.

Salah satu Tempat Wisata di Sumedang yang paling populer dan dikenal secara luas adalah Waduk Jatigede, sebuah waduk buatan yang pada perjalannya menenggelamkan puluhan perkampungan.

Waduk Jatigede menjadi waduk dengan area wilayah yang sangat luas sehingga beberapa kecamatan di Sumedang harus dihapus dari peta.

Selain waduk masih banyak lagi tempat wisata yang bisa dikunjungi di Kota Sumedang.

Tempat Wisata di Sumedang paling Hits di Tahun 2024


Di tahun 2024 ini beberapa Tempat Wisata di Sumedang mengalami geliatnya dengan menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi.

Mungkin daya tarik wisata di Sumedang masih kalah bersaing dengan objek wisata lain di kawasan Bandung, Garut, atau daerah lain di sekitarnya, tetapi destinasi wisata di Sumedang pun, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dari banyaknya objek wisata di Kabupaten Sumedang beberapa di antaranya mulai dikenal oleh para wisatawan baik lokal maupun luar daerah dan juga memiliki sejumlah potensi untuk bisa menarik para wisatawan untuk datang lagi dan lagi.

1. Curug Cinulang


Tempat Wisata di Sumedang
Curug Cinulang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Secara administratif, lokasi Curug Cinulang ini berada di kawasan Kabupaten Sumedang meskipun di sisi lainny masuk pula ke dalam wilayah Kabupaten Bandung.

Curug Cinulang merupakan destinasi wisata yang letaknya lebih mudah dijangkau dari Cicalengka Kabupaten Bandung dibanding dari Kabupaten Sumedang.

Curug Cinulang sendiri merupakan objek wisata unggulan Sumedang yang merupakan air terjun yang memiliki luncuran air terjun yang kembar.

Di lokasi kolam tampungnya sendiri, para pengunjung bisa dengan bebas berenang tetapi dengan syarat harus lebih berhati-hati sehubungan dengan arusnya yang kuat.

Curug Cinulang menyajikan keindahan alam dan suasananya yang segar.

Bagi yang berada di Kawasan Bandung Timur, lokasi Curug Cinulang sangat gampang diakses karena letaknya memang berdekatan dengan wilayah ini.

Curug Cinulang memiliki ketinggian airnya yang mencapai 50 meter, untuk yang hendak berenang di bagian kolamnya disarankan untuk berhati-hati karena arus air kolamnya sangat deras.

Selain bisa berenang, di kawasan Curug Cinulang ini juga para pengunjung bisa melakukan selfie-selfie karena lokasinya sangat indah dan instagramable.

Selain kolam dan air terjunnya sendiri, Curug Cinulang juga menyediakan jembatan yang melintas mendekati mulut Air Terjunnya sendiri.

Bagi yang datang kelupaan membawa bekal, sebaiknya tidak perlu khawatir, karena di lokasi wisata ini banyak ditemui kios-kios makanan.

Untuk akses masuk ke Curug Cinulang, para pengunjung bisa melalui rute Cicalengka.

Jam operasional Curug Cinulang mulai buka pada pukul 08.00 pagi sementara untuk tutupnya sendiri pada pukul 16.00 sore.

Untuk harga tiket masuk ke objek wisata Air Terjun Curug Cinulang, para pengunjung hanya diminta mengeluarkan uang sebesar dua puluh ribu rupiah saja.

2. Waduk Jatigede


Tempat Wisata di Sumedang
Waduk Jatigede - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Sumedang yang terkenal adalah Waduk Jatigede, merupakan bendungan buatan yang luasnya mencapai angka 4.980 hektar yang membentang luas di beberapa kecamatan yang telah tenggelam.

Waduk Jatigede tampak luar biasa indah dengan kemunculan puncak-puncak bukit di tengah permukaan air waduk.

Di Waduk Jatigede ini, para pengunjung bisa menyewa kapal berbahan bakar solar bila ingin menjelajahi tengah waduk.

Di tengah waduk pun para pengunjung bisa mampir di tambak-tambak terapung yang menyediakan rumah-rumah kayu tempat tinggal para pengurus tambak.

Bagi yang suka memancing, ada banyak sport yang tersedia di waduk yang bisa digunakan untuk memancing ikan.


3. Gunung Kerenceng


Tempat Wisata di Sumedang berikutnya adalah Gunung Kerenceng yang merupakan sebuah gunung yang memiliki ketinggian di angka 1754 meter di atas permukaan laut.

Di Gunung Kerenceng ini, para pendaki bisa mendaki gunung sampai puncak.

Gunung Kerenceng merupakan gunung yang merupakan pusat pendakian di mana terbagi ke dalam beberapa pos pemberhentian yang bisa digunakan oleh para pendaki untuk beristirahat.

Di Gunung Kerenceng pemandangannya sangat indah. Selain biasa dilakukan kegiatan mendaki gunung, kawasan ini pun biasa digunakan untuk area kemping.

Untuk melakukan pendakian, para pendaki tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 5 ribu hingga Rp. 10 ribu rupiah sudah bisa melakukan pendakian.


4. Tanjung Duriat


Merupakan bukit yang letaknya di area Waduk Jatigede.

Tanjung Duriat memiliki view yang cantik dengan langsung menghadap ke arah Waduk Jatigede yang terhampar luas tersebut.

Banyak spot cantik yang ada di Tanjung Duriat, termasuk di dalamny adalah view deck yang mirip dek kapal, serta gardu pandang, juga beberapa gazebo tempat menikmati pemandangan.

Di Tanjung Duriat, para pengunjung pun bisa menyewa perahu untuk bisa menyeberang ke tengah pulau yang ada di tengah Waduk Jatigede.

5. Gunung Tampomas


Gunung Tampomas merupakan gunung paling tinggi yang ada di Sumedang. Gunung ini begitu populer hingga sempat diabadikan untuk penamaan sebuah kapal laut besar.

Namun sayangnya, kapal itu terbakar dalam sebuah tragedi memilukan di tengah laut.

Bagi para penyuka pendakian, Gunung Tampomas memang layak ditaklukkan, dengan hanya memakan waktu antara 4 sampai 7 jam, para pendaki sudah bisa menaklukkan puncak gunungnya.

Pendakian ke Gunung Tampomas bisa dilakukan melalui jalur pendakian Cibeureum.

Gunung Tampomas mampu meyajikan pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya dan kesegarannya yang memanjakan mata.

6. Kampung Karuhun Eco Green Park


Tempat Wisata di Sumedang berikutnya yang merupakan objek wisata yang bertema edukasi adalah Kampung Karuhun.

Objek wisata ini menyajikan suasana perkampungan yang berada di atas bukit, aroma pegunungan begitu kental di lokasi wisata ini.

Di tempat ini semua pengunjung terutama anak-anak memiliki kesempatan yang bisa diambil agar bisa belajar banyak hal terutama soal pendidikan seni dan juga pendidikan budaya.

7. Museum Prabu Geusan Ulun


Tempat Wisata di Sumedang berikutnya adalah Meseum Prabu Geusan Ulum yang merupakan objek wisata sejarah.

Di lokasi wisata ini ditemukan banyak hal seputaran sejarah berdirinya Kota Sumedang yang dulunya merupakan sebuah Kerajaan yang bernama Sumedang Larang.

Dari berbagai jenis koleksi yang ada di museum ini, koleksi kujang lah yang menarik banyak perhatian dari para pengunjung karena mempertontonkan berbagai bentuk kujang, serta masanya.

Bukan hanya kujang dan senjata tradisional lainnya, di Museum Geusan Ulum juga bisa ditemukan koleksi bersejarah lainnya seperti berbagai macam gamelan, kereta kencana, juga berbagai perabotan dan alat rumah tangga yang pernah digunakan oleh para pembesar di zaman terdahulu.


Tempat Wisata di Sumedang masih banyak lagi yang keberadaannya belum terekspos secara luas, akan tetapi memiliki potensi untuk bisa populer.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.