Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Bacaan Allahuna Bariklana Fi Rajaba Wa Saya Bana Wa Balighna Ramadhan Arab Beserta Keutamaannya

 

Bacaan Allahuna Bariklana Fi Rajaba Wa Saya Bana Wa Balighna Ramadhan Arab Beserta Keutamaannya
Bulan Rajab (Dok.Ist)

SwaraWarta.co.id - Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang sangat mulia dalam agama Islam. Seperti yang sudah menjadi pemahaman umat Muslim, Rajab dalam kalender Islam merupakan bulan ketujuh. 

Ada banyak tradisi ajaran Islam yang menjelaskan keistimewaan bulan Rajab.

Bacaan Doa Allahuna Bariklana Fi Rajaba Wa Saya Bana Wa Balighna Ramadhan Arab 

Bacaan Allahuna Bariklana Fi Rajaba Wa Saya Bana Wa Balighna Ramadhan Arab Beserta Keutamaannya
Bulan Rajab (Dok. Ist)


اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: "Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan." (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Memasuki bulan Rajab, ada sebuah doa yang populer di kalangan umat Muslim yang dianggap membawa keberkahan bagi mereka yang membacanya. 

 Doa ini dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai doa yang sangat baik dibaca pada awal bulan Rajab. 

Doa ini berisi sebuah permohonan agar Allah SWT dapat memberikan keberkahan umur kita selama bulan Rajab dan menjadikan kita panjang umur hingga bulan Ramadhan tiba.

Dalam ajaran Islam, bulan Rajab juga dipandang sebagai salah satu bulan yang sangat istimewa dan dirayakan secara khusus oleh umat Muslim. 

Di bulan Rajab ini, puasa menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad. 

Nabi sering berpuasa sebagai bentuk rasa syukur dan penghormatan kepada Allah SWT. Nabi Muhammad juga mendorong para sahabatnya untuk mengamalkan jenis ibadah ini untuk mendekatkan diri mereka kepada Allah dan memperoleh keberkahan.

Menurut sebuah hadis, puasa sehari di bulan Rajab dapat membawa anugerah yang besar dari Allah. 

Selain itu, bulan Rajab juga dianggap sebagai bulan pengampunan dan rahmat dari Allah SWT. 

Umat Muslim sering meningkatkan doa dan ibadah di bulan ini sebagai bentuk syukur dan memohon ampunan dari Allah SWT.

Keutamaan Membaca Doa Rajab 

Dalam buku "Kalender Ibadah Sepanjang Tahun", Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid menjelaskan bahwa doa "Allahumma bariklana fi rajaba wa sya' bana wa balighna Ramadhan" sering dibaca oleh para ulama salaf terdahulu. 

Doa tersebut mempunyai makna dan keutamaan permohonan kepada Allah agar diberikan keberkahan umur sepanjang bulan Rajab dan dipanjangkan hingga sampai di bulan Ramadhan.

Dalam Islam, bulan Rajab dipandang sebagai bulan yang sangat sakral. Dalam buku "Doa & Amalan di Bulan Rajab, Sya'ban & Ramadhan Nabi Muhammad dan Keluarganya", dijelaskan bahwa bulan Rajab merupakan bulan pengampunan bagi umat Muslim. 

Pada bulan ini, rahmat Allah dilimpahkan kepada umat-Nya. Serangkaian keutamaan juga diterangkan dalam buku tersebut, seperti doa- doa yang dianjurkan untuk dibaca selama bulan Rajab, dan adab-adab puasa Rajab.

Dalam kesimpulan, bulan Rajab adalah bulan yang mulia dalam ajaran Islam dan dirayakan secara khusus oleh umat Muslim. 

Doa "Allahumma bariklana fi rajaba wa sya' bana wa balighna Ramadhan" menjadi salah satu doa populer yang dibaca pada awal bulan Rajab sebagai bentuk permohonan keberkahan umur selama bulan Rajab dan agar Allah memanjangkan usia kita hingga bulan Ramadhan tiba. 

Selain itu, bulan Rajab juga dipandang sebagai bulan pengampunan dan rahmat dari Allah SWT dimana umat Muslim sering meningkatkan doa dan ibadah untuk mendekatkan diri kepada-Nya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter