Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Apa Yang Memotivasi Anda Menjadi Guru Penggerak?

apa yang memotivasi Anda menjadi guru penggerak.
Apa yang memotivasi Anda menjadi guru penggerak.


SwaraWarta.co.id – Dalam hal ini, kita akan menelusuri dari mengenai apa yang memotivasi Anda menjadi guru penggerak.

Dunia pendidikan Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Namun, nyatanya masih ada ruang untuk perbaikan.

Sebagai seorang pendidik, saya melihat program Guru Penggerak sebagai kesempatan emas untuk berkontribusi nyata dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

Hal yang motivasi saya menjadi Guru Penggerak lahir dari keprihatinan dan mimpi besar. 

Keprihatinan terhadap kondisi pendidikan yang belum optimal, dan mimpi untuk menciptakan ekosistem belajar yang lebih inspiratif dan berpusat pada murid.

Baca juga: 6 Tujuan Adanya Platform Rapor Pendidikan

Selama berkarir sebagai guru, saya kerap kali melihat metode pengajaran yang cenderung hanya terfokus pada penyampaian materi. Padahal, peranan pendidik jauh lebih dari sekadar itu.

Guru memegang tanggung jawab untuk melahirkan generasi pembelajar yang kritis, kreatif, dan memiliki karakter unggul.

Di sinilah program Guru Penggerak berperan. Program ini tidak hanya membekali saya dengan kemampuan mengajar yang mumpuni, namun juga memperkaya keterampilan kepemimpinan dan pengembangan komunitas belajar.

Dengan ilmu dan pengalaman yang didapat, saya ingin menjadi agen perubahan.

Baca juga: Sebagai Pengajar Praktik, Apa yang Ingin Anda Capai dalam Program Pendidikan Guru Penggerak

Selain itu, hal yang memotivasi saya sebagai guru penggerak:

  • Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Dunia pendidikan Indonesia membutuhkan guru yang tak hanya transfer ilmu, tapi juga bisa menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Sebagai Guru Penggerak, saya ingin mengembangkan metode mengajar yang inovatif dan berpusat pada siswa.

  • Menumbuhkan Kompetensi Diri: Program Guru Penggerak menawarkan kesempatan untuk belajar dan berkembang. Saya ingin memperkuat kemampuan kepemimpinan, pedagogi, dan pembelajaran untuk menjadi pendidik yang lebih efektif.

  • Membangun Komunitas Belajar: Visi saya adalah menciptakan ekosistem belajar yang kolaboratif. Guru Penggerak memiliki peran penting dalam menggerakkan komunitas belajar antar guru, baik di dalam maupun luar sekolah. Dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan, kita bisa bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan.

  • Menjadi Teladan bagi Guru Lain: Guru Penggerak diharapkan menjadi pemimpin perubahan. Saya ingin menjadi inspirasi bagi guru lain untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas masing-masing.

  • Membawa Dampak Positif yang Luas: Pendidikan adalah pondasi kemajuan bangsa. Dengan menjadi Guru Penggerak, saya ingin berkontribusi dalam menciptakan generasi penerus yang cerdas, kreatif, dan berkarakter.

  • Menjawab Tantangan Pendidikan di Era Digital: Dunia terus berkembang, begitu juga dunia pendidikan. Sebagai Guru Penggerak, saya ingin membekali diri dengan keterampilan mengajar di era digital agar siswa siap menghadapi masa depan.

  • Mengejar Pengembangan Diri: Program Guru Penggerak menawarkan kesempatan untuk belajar dari para ahli dan praktisi pendidikan. Saya haus akan ilmu dan pengalaman baru untuk terus bertumbuh menjadi pendidik yang lebih baik.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter