Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Kunci Jawaban! Demokrasi yang Digunakan di Indonesia adalah?

Demokrasi yang Digunakan di Indonesia
Demokrasi yang Digunakan di Indonesia


SwaraWarta.co.id – Di dalam artikel ini kita akan membahas mengenai yang berkaitan dengan demokrasi yang digunakan di Indonesia.

Indonesia, negara kepulauan dengan kekayaan budaya dan sejarah yang mempesona, juga memiliki perjalanan panjang dalam menerapkan sistem demokrasi.

Sejak kemerdekaannya di tahun 1945, Indonesia telah mencoba berbagai model demokrasi, dengan penyesuaian terhadap nilai-nilai luhur bangsa dan konteks sosial politik yang berkembang.

Pada awal kemerdekaan, Indonesia menganut demokrasi parlementer, di mana parlemen memiliki peran sentral dalam pemerintahan.

Sistem ini berlangsung singkat, dari tahun 1950 hingga 1959, karena pergolakan politik dan instabilitas internal.

Era selanjutnya diwarnai dengan demokrasi terpimpin di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno.

Sistem ini menekankan konsolidasi nasional dan peran sentral pemimpin, namun diwarnai pula dengan pembatasan kebebasan politik dan pers. Periode ini berlangsung dari tahun 1959 hingga 1966.

Pasca-Soekarno, Indonesia memasuki era Orde Baru yang menerapkan demokrasi Pancasila dengan penekanan pada stabilitas dan pembangunan ekonomi.

Baca juga: Sistem Pendidikan di Tiap Negara

Sistem ini, meskipun menghasilkan kemajuan ekonomi yang signifikan, dikritik karena sentralisasi kekuasaan dan minimnya partisipasi rakyat. Demokrasi Pancasila Orde Baru berlangsung dari tahun 1966 hingga 1998.

Akhirnya, krisis ekonomi dan gejolak politik di tahun 1998 memicu reformasi dan peralihan ke demokrasi Reformasi yang kita kenal saat ini.

Sehingga, demokrasi yang digunakan di Indonesia adalah demokrasi Reformasi menjunjung tinggi prinsip kebebasan, transparansi, dan akuntabilitas, serta membuka ruang partisipasi rakyat yang lebih luas.

Sistem ini terus berkembang dan beradaptasi dengan dinamika masyarakat Indonesia.

Perjalanan demokrasi di Indonesia tidak luput dari tantangan dan hambatan. Korupsi, politik uang, dan polarisasi politik menjadi beberapa contoh yang perlu diatasi. 

Namun, semangat untuk membangun demokrasi yang adil, sejahtera, dan inklusif terus berkobar di hati rakyat Indonesia.

Demokrasi yang digunakan di Indonesia saat ini adalah demokrasi Reformasi. Sistem ini berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945, dengan ciri-ciri utama sebagai berikut:

  • Kedaulatan rakyat: Rakyat memiliki hak untuk menentukan nasib bangsa dan negara melalui pemilihan umum yang bebas dan adil.
  • Perwakilan rakyat: Rakyat diwakili oleh lembaga perwakilan rakyat, seperti Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
  • Pembagian kekuasaan: Kekuasaan negara dibagi menjadi tiga cabang: eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
  • Negara hukum: Seluruh warga negara dan lembaga negara tunduk pada hukum.
  • Hak asasi manusia: Hak asasi manusia dijamin dan dilindungi oleh negara.

Demokrasi yang digunakan di Indonesia masih terus berkembang dan berbenah diri. Tantangan dan hambatan masih ada, namun semangat untuk membangun demokrasi yang lebih baik dan berkualitas terus berkobar di hati rakyat Indonesia.

Baca juga: Apakah Pendidikan Kewarganegaraan Bisa Dikatakan Belum Berhasil?

Beberapa poin penting terkait demokrasi di Indonesia:

  • Sejarah panjang dan beragam: Indonesia telah mencoba berbagai model demokrasi sejak kemerdekaannya.
  • Demokrasi Reformasi: Sistem demokrasi yang digunakan saat ini adalah demokrasi Reformasi, yang menekankan kebebasan, transparansi, dan akuntabilitas.
  • Tantangan dan hambatan: Korupsi, politik uang, dan polarisasi politik adalah beberapa tantangan yang perlu diatasi.
  • Semangat untuk terus berkembang: Demokrasi di Indonesia terus berkembang dan berbenah diri untuk menjadi lebih baik.

Demokrasi di Indonesia merupakan perjalanan panjang yang penuh dengan dinamika dan pembelajaran. Dengan semangat untuk terus belajar dan berinovasi, Indonesia optimis dapat membangun demokrasi yang semakin adil, sejahtera, dan inklusif bagi seluruh rakyatnya.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter