Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi hingga Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi hingga Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer
Erupsi gunung ibu yang terjadi dini hari (Dok. Ist)


SwaraWarta.co.id - Gunung Ibu di Maluku Utara baru saja meletus dan melontarkan abu vulkanik setinggi 3,5 kilometer dari puncaknya. Kejadian ini terjadi pada Minggu (28/4) pukul 00.37 WIT. 

"Erupsi itu terjadi pukul 00.37 WIT, Minggu (28/4). Tinggi kolom teramati lebih kurang 3.500 meter di atas puncak," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Axl Roeroe, 

Kolom abu tampak berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah barat. Ketinggian Gunung Ibu sendiri mencapai 1.325 meter di atas permukaan laut dengan puncaknya merupakan kawah vulkanik

Baca Juga:

Banjir Lahar Dingin, 3 Warga Tewas Terseret Arus

Pusat kawah memiliki lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter serta bagian luar berukuran 1,2 kilometer. 

Para penghuni di sekitar Gunung Ibu diminta untuk menghindari aktivitas di dalam radius 2 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu. 

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan menggunakan masker dan kacamata untuk melindungi hidung, mulut, dan mata. 

Baca Juga:

Pagi Ini Semeru Kembali Erupsi Sebanyak 4 Kali, Ini Kata PVMBG

Kepada seluruh pihak, diimbau untuk tetap menjaga kondusivitas suasana di masyarakat dan tidak menyebarkan narasi bohong, serta tidak terpancing oleh isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

"Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong, dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya," kata Roeroe



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter