Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pantai Ngrenehan beserta 5 Fakta Istimewa dari Pantai Ini

Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Kota Jogja merupakan salah satu dari sekian daerah yang kerap menawarkan destinasi wisata terbaru yang menarik bagi para wisatawan, baik itu wisatawan lokal dari maupun wisatawan mancanegara.

Di tahun 2024 ini, Kabupaten Gunungkidul, salah satu wilayah di Jogja, menjadi pusat perhatian banyak orang dengan beragam destinasi wisata yang menakjubkan.

Salah satu destinasi wisata populer yang paling diminati salah satunya adalah Pantai Ngrenehan, yang lokasinya terletak di Desa Kanigoro, sebuah area yang dikelilingi oleh bentang alam perbukitan.

Untuk mencapai ke area Pantai Ngrenehan membutuhkan usaha yang sangat ekstra karena medannya yang sulit serta menantang, akan tetapi meskipun demikian, semua usaha ekstra tersebut terbayarkan dengan keindahan alamnya, sehingga membuat semua perjalanan sulit itu menjadi sangat berharga.

Sebab, pada saat tiba di pantai ini, para pengunjung akan langsung disuguhi oleh panorama alam yang memukau.

Bukan hanya itu saja, pantai ini begitu alami, tenang, dan tentunya nuansanya sangat damai.

Semua itu menjadikan pantai ini sebagai pantai dengan suasana surga kecilnya di bumi.

Ada banyak pantai lainnya di Kawasan Gunungkidul, bukan hanya Pantai Ngrenehan saja, termasuk sejumlah pantai lain yang tak kalah menakjubkannya.

Keindahan alam yang masih alami tersebut masih terjaga keasriannya hingga membuat setiap kunjungan para wisatawan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

BACA JUGA: 7 Villa di Jogja yang Memiliki Kolam Renang Pribadi, Cocok untuk Menginap Sekeluarga

Fakta di Balik Pantai Ngrenehan, Gunungkidul


Dengan fakta tersebut di atas, setidaknya ada banyak pilihan destinasi wisata yang menarik yang layak untuk dikunjungi.

Dan tentunya Gunungkidul menjadi salah satu tempat yang diremomendasikan untuk dikunjungi bagi para wisatawan mana pun yang mencari sebuah petualangan dan keindahan alam yang sangat autentik.


1. Daya Tarik Pantai Ngrenehan


Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Pantai Ngrenehan memiliki keistimewaan yang memikat dengan keindahan alamnya yang seperti surga tersembunyi di balik bukitnya yang berwarna hijau.

Memang untuk mencapai lokasi pantai membutuhkan usaha yang cukup ekstra akan tetapi, keheningan serta ketenangan pantai ini membuat seolah-olah pantai ini adalah pantai pribadi.

Sebagai daya tarik utama dari pantai ini adalah panorama bentang alamnya yang sangat menggoda untuk dijamahi, juga pesonal alamnya yang sangat menakjubkan.

Secara struktural bentang alam, pantai ini diapit oleh dua gugusan karang hijau besar, bukan hanya itu saja, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir putihnya yang memikat.

Keindahan ini pun ditambah pula dengan adanya deretan perahu nelayan tradisional yang tertambat sepanjang pantai menambah semakin semaraknya pesona pantai ini.

2. Sunset yang Menakjubkan


Bukan hanya keindahan pantainya saja yang layak dinikmati, tetapi lebih dari itu adalah keajaiban Pantai Ngrenehan pada  saat matahari terbenam.

Fenomena menakjubkan saat menjelang senja tersebut mampu menciptakan suasana yang begitu romantis di area pantai ini.

Puncaknya tentu saja mampu menciptakan pemandangan alam yang tidak terlupakan bagi para pengunjung yang beruntung mendapatkan momen ini.

Sebagai hal menarik dari pantai ini, pastinya dengan segala keunikan dan pesonanya menjadikan destinasi yang tak boleh dikesampingkan oleh siapa pun yang mencari pengalaman wisata yang menakjubkan di Jogja.

BACA JUGA: Stonehenge Jogja, Replika Situs Megalitikum Inggris yang Instagramable dan Eksotis


3. Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Ngrenehan


Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Sebagai informasi, di Pantai Ngrenehan ini, ada terdapat setidaknya tiga aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh para pengunjung.

Yang pertama, tentunya yang sedang populer di era medsos adalah hunting foto atau fotografi.

Dengan menjelajahi pantai ini tentunya akan banyak memberikan peluang untuk menangkap momen-momen yang sangat menakjubkan seperti misalnya deretan perahu nelayan tradisional, panorama pantainya, juga kehidupan sehari-hari penduduk lokalnya.

Bukan hanya itu, pantai ini juga sangat terkenal sebagai lokasi yang biasa digunakan untuk keperluan foto prewedding yang tentunya indah.

Aktivitas yang kedua, adalah berenang. Dengan kontur ombaknya yang tidak terlalu besar, para pengunjung bisa menikmati berenang di tepi pantai dengan risiko keamanan relatif terjamin.

Akan tetapi terkhusus anak-anak, tentu saja harus selalu dalam pengawasan orang dewasa karena hal itu sangat diperlukan.

Aktivitas ketiga adalah menikmati kebudayaan lokal yang kerap ditampilkan di sekitar Pantai Ngrenehan.

Para pengunjung memiliki kesempatan untuk menyaksikan bebepara upacara adat yang digelar di sekitar pantai, seperti halnya perayaan Hari Raya Nyepi oleh umat Hindu yang sering diadakan di pantai ini pada bulan purnama.

Dengan adanya beragam aktivitas menarik tersebut, Pantai Ngrenehan tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memesona, tetapi juga memberikan pengalaman wisata yang sangat memuaskan bagi siapa pun pengunjungnya dari berbagai latar belakang juga minat.

BACA JUGA: 6 Tempat Wisata Jogja dengan Deretan Pesona Nyata

4. Destinasi Wisata Lain Sekitar Pantai Ngrenehan


Ada hal yang menarik saat melakukan perjalanan menuju Pantai Ngrenehan, tidak sekadar menawarkan pengalaman di satu destinasi wisata saja, tetapi juga bisa memiliki akses dengan mudah ke beberapa destinasi wisata menarik lainnya.

Sebagai informasi, di sekitar pantai ini, terdapat juga tiga destinasi lainnya yang layak untuk dikunjungi, yakni Pantai Ngrawah, Pantai Dadap Ayam, juga Pantai Torohudan.

Pantai Dadap Ayam memiliki hal yang menarkik yakni menawarkan pesona alam yang menakjubkan dengan pantainya yang indah dengan batu-batu besarnya yang menghiasi sepanjang garis pantai.

Kemudian ada Pantai Ngrawah yang menawarkan keindahan alam yang merupakan hamparan pasir putihnya dengan air lautnya yang jernih, sangat ideal untuk berenang juga bersantai.

Dan pantai yang terakhir adalah Pantai Torohudan yang menawarkan suasana yang lebih sepi serta tenang, merupakan pantai yang ideal untuk menikmati keindahan alam seraya menjauh dari hiruk-pikuk keramaian.

Dengan beberapa pilihan destinasi wisata yang ada di sekitar Pantai Ngrenehan tersebut, setiap wisatawan bisa merencanakan liburan yang menjanjikan kepuasan dengan menjelajahi panorama alam yang indah dengan beragam hal menarik dalam satu perjalanan wisata.


5. Rute Mencapai Pantai Ngrenehan


Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Untuk panduan dalam mencapai lokasi Pantai Ngrenehan ini, bila berasal dari luar kota, bila turun di Bandara Adisucipto Yogyakarta, maka perjalanan akan dilanjutkan ke Jalan Nasional III, tentunya ke arah yang menuju Pantai Ngrenehan.

Lantas perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau motor dari Bandara Adisucipto menuju Desa Kanigoro yang normalnya memakan waktu tempuh sekitar 1 jam 32 menit, dengan 55 kilometer.

Dengan jarak yang lumayan jauh, sebaiknya para pengunjung mengambil opsi menginap karena akan capek bila harus pulang pergi.

Opsi yang bisa diambil untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menginap di hotel atau penginapan biasa.

BACA JUGA: Wisata Puncak Sosok, Tempat Menikmati Pemandangan Kota Jogja dari Atas Bukit

Fasilitas akomodasi yang ada terbilang nyaman dengan lokasi yang cukup strategis, para pengunjung bisa menikmati perjalanan mereka ke Pantai Ngrenehan tanpa harus khawatir tentang kelelahan perjalanan.

Menjelajahi keindahan Pantai Ngrenehan di Yogyakarta tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat menarik dan tentunya sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.