Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Saung Abah Apud, Wisata Kekinian untuk Liburan Akhir Pekan

 

Saung Abah Apud
Saung Abah Apud
( Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id - Ada tempat wisata baru di Ciamis bernama Saung Abah Apud yang didesain untuk anak-anak usia dini sebagai wahana edukasi alam.

Saung Abah Apud terletak di Dusun Ancol, Desa Sindangkasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis dengan jarak sekitar 30 menit dari pusat kota. 

Meskipun tempatnya sederhana dan kecil, Saung Abah Apud memberikan manfaat luar biasa untuk sarana pendidikan anak-anak.

Bagi warga perkotaan Ciamis yang menggunakan kendaraan pribadi, rute ke lokasi cukup ke arah Sindangkasih di Jalan Nasional. 

Sedangkan untuk yang naik kendaraan umum, bisa menggunakan angkutan carry Ciamis-Tasikmalaya. 

Kemudian, turun di Terminal Sindangkasih lalu naik angkot ke arah Cihaurbeuti yang lewat Saung Abah Apud.

Bagi warga luar daerah, lokasinya cukup strategis karena berada di Jalan Nasional yang dirayapi berbagai bus yang akan menuju Jawa Tengah

Patokannya adalah Gedung Dakwah Kecamatan Sindangkasih. Di Saung Abah Apud, terdapat berbagai koleksi hewan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pengetahuan. 

Ada binatang reptil seperti iguana, biawak, dan buaya. Selain itu, ada juga berbagai jenis burung, kelinci, angsa, domba merino dan ikan.

Pengunjung dapat memberi makan hewan-hewan tertentu di Saung Abah Apud dengan pakan yang tersedia, seperti wortel atau pelet. 

Di sana juga terdapat beberapa spot selfie yang menarik untuk dikoleksi sebagai album di media sosial.

Tiket masuk ke Saung Abah Apud sangat terjangkau, pengunjung hanya perlu membayar biaya Rp 5 ribu dan akan mendapatkan bonus pakan untuk hewan. 

Sementara itu, pengelola Saung Abah Apud Cecep Muhamad Syehabudin menjelaskan tujuan utama dalam mendirikan tempat wisata ini. 

BACA JUGA : 8 Pantai di Blitar yang Diminati Para Pengunjung dengan Panoramanya yang Menakjubkan

Ia mengaku prihatin dengan kondisi anak-anak di era teknologi saat ini yang lebih cenderung menghabiskan waktunya di depan layar smartphone dan jarang beraktivitas. 

Maka, Saung Abah Apud dibuat sebagai alternatif tempat wisata murah dan terjangkau. Awalnya, Cecep hanya mempunyai dua domba Merino dan beberapa jenis binatang lainnya untuk anak-anak PAUD dan TK di wilayah Sindangkasih. 

Namun, animo masyarakat cukup tinggi hingga akhirnya tempat wisata tersebut dibuka untuk umum.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter