Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Tempat Wisata di Garut yang Direkomendasikan untuk Destinasi Liburan Lebaran 2024 Nanti

Tempat Wisata di Garut
Pantai Sayang Heulang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Tempat Wisata di Garut merupakan salah satu tujuan liburan yang sangat menarik yang memiliki banyak kelebihan yang tentunya jadi daya tarik tersendiri.

Kabupaten Garut yang terletak di Jawa Barat, memiliki beragam pesona alam yang menakjubkan, yang tentunya menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk datang ke lokasi di kota ini.

Saat berkunjung ke Tempat Wisata di Garut ini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai panorama yang menarik juga unik.

Tempat Wisata di Garut banyak ragam dan temanya, mulai dari destinasi wisata pemandian air panas yang menenangkan hingga puncak gunung dengan panorama yang mempesona.

Garut memiliki banyak destinasi menarik untuk dieksplorasi, salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah pemandian air panas Cipanas di Tarogong yang terkenal untuk terapi kesehatan dan juga keindahannya.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi Situ Bagendit atau Candi Cangkuang yang menawarkan keindahan alam serta wisata sejarahnya yang memesona.

Garut juga terkenal dengan banyak ragam kulinernya yang lezat, jadi pastikan untuk mencicipi makanan khas daerah tersebut seperti Chocodot dan dodol Garut.

Dengan beragam pilihan wisata alam dan kuliner yang menggoda, liburan di Garut pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Tempat Wisata di Garut Paling Populer untuk Wisata Lebaran Anda


Terdapat banyak sekali destinasi wisata di Garut yang direkomendasikan untuk dikunjungi, dan berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Pantai Sayang Heulang


Tempat Wisata di Garut
Pantai Sayang Heulang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Garut yang pertama adalah Pantai Sayang Heulang yang merupakan salah satu wisata pantai yang unik di bagian selatan Kota Garut yang menarik banyak perhatian para pengunjung.

Berbeda dengan pantai-pantai pasir pada umumnya, pantai ini mempesona dengan adanya formasi batu karang yang sangat menakjubkan.

Bagi yang hendak menginap, di sekitar area pantai banyak menyediakan penginapan dengan harga sewa per malamnya sangat murah dan terjangkau.

Pesona batu karang di Pantai Sayang Heulang ini, tentunya menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang datang ke Garut.

Pantai Sayang Heulang adalah destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan saat sedang singgah atau liburan di Kota Garut.

Di sini, para pengunjung bisa mengabadikan momen berharga dengan latar belakang batu karang yang indah dengan berfoto selfie ataupun foto bareng.

2. Gunung Papandayan


Tempat Wisata di Garut
Gunung Papandayan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Garut yang kedua adalah Gunung Papandayan, yang terletak di daerah Cisurupan, Kabupaten Garut, merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Garut yang tidak pernah sepi di kunjungi para wisatawan.

Dengan ketinggian mencapai 2.665 mdpl, gunung ini menawarkan pemandangan alam yang luar bissa memukau serta pengalaman berwisata di area kawahnya.

Di sekitar gunung ini terdapat beberapa kawah menarik seperti Kawah Baru, Kawah Mas, Kawah Manuk, dan kawah lainnya yang mengandung senyawa belerang dan mengeluarkan uap, sehingga untuk para pengunjung yang ingin mengobati penyakit kulitnya bisa terapi di kawah belerang ini.

Selain kawah-kawah, para wisatawan yang datang, bisa mengunjungi Padang Edelweiss Tegal Alun yang mempesona dengan keindahan bunga edelweisnya yang terhampar.

Area ini juga merupakan tempat yang sempurna untuk berfoto di tebing sambil menikmati panorama matahari terbit di atas awan.

3. Gunung Guntur


Tempat Wisata di Garut
Gunung Guntur - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Garut berikutnya adalah Gunung Guntur, yang terletak di Desa Pesadi Garut dengan ketinggian mencapai 2.249 mdpl, adalah salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Garut.

Pemandian air panas di Kawasan Cipanas merupakan salah satu tujuan pavorit para pengunjung yang sangat terkenal di kaki Gunung Guntur, mirip dengan Darajat Pass, di mana para pengunjung bisa menikmati berendam di air panas alami yang menyegarkan.

4. Darajat Pass


Tempat Wisata di Garut
Darajat Pass - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Destinasi berikutnya adalah Objek Wisata Darajat Pass yang merupakan tujuan wisata keluarga yang tidak boleh dilewatkan ketika sedang berada Garut, lokasinya sendiri dekat dengan pusat kota sehingga mudah diakses untuk sampai ke titik tujuan.

Terletak di area perbukitan, Darajat Pass menawarkan taman wisata air dengan air panas alami yang bermanfaat bagi kesehatan dan perawatan kulit.

Di kawasan Darajat Pass, para pengunjung bisa menikmati sensasi berendam air panas dengab seraya menikmati berbagai wahana menarik yang ada di lokasi yang mengusung konsep waterboom atau waterpark.

Karena berada di daerah pegunungan, udara di sekitarnya sejuk dan pemandangan alamnya sangat asri, menciptakan pengalaman bersantai yang tak terlupakan.

5. Candi Cangkuang


Salah satu tempat wisata terdekat di Garut adalah Candi Cangkuang, yang mudah dijangkau setelah memasuki kota.

Mengunjungi candi ini bisa menjadi awal yang sempurna untuk liburan di Garut, menawarkan suasana yang asri dan udara yang sejuk untuk melepas penat.

Candi Cangkuang merupakan candi Hindu pertama yang ditemukan di tanah Sunda, bahkan menjadi satu-satunya, dengan lokasi yang terletak di tengah danau yang dapat diakses melalui rakit, Candi Cangkuang menjadi salah satu wisata populer yang kerap dikunjungi.

Selain candi, pengunjung juga dapat menemukan kampung adat pulo di sekitarnya, juga makam keramat tokoh penyebar agama Islam, Embah Dalem Arief Muhammad.

6. Karacak Valley


Objek wisata selanjutnya adalah Karacak Valley, yang lokasinya tepat di bawah kaki Gunung Karacak dan termasuk dalam kawasan Perhutani.

Karacak Valley merupakan salah satu tempat wisata yang telah dibuka di Garut dan mulai banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang menyukai ketenangan.

Tempat ini menawarkan panorama hutan pinus dan perbukitan yang indah, serta bisa melihat pemandangan Kota Garut yang spektakuler dari atas ketinggian.

Udaranya yang sejuk tentu saja membuat para pengunjung ingin menikmati waktu lebih lama di lokasi ini.

Keindahan matahari terbenam juga menjadi salah satu daya tarik utama Karacak Valley, juga ada berbagai atraksi lannya dan juga spot foto yang instagramable tersedia untuk dinikmati.

7. Kawah Talaga Bodas


Kawah Talaga Bodas, yang terletak di kaki Gunung Talaga Bodas, adalah salah satu tempat wisata terkenal di Garut.

Kawah ini merupakan bekas letusan Gunung Talaga Bodas dan meskipun tidak terlalu besar, tetapi memiliki daya tarik tersendiri, dan biasa digunakan untuk berendam serta terapi penyakit kulit.

Mirip dengan kawah putih di Bandung, kawah ini menawarkan pesona alami yang memukau.

Pengunjung dapat mengakses kawah ini langsung tanpa perlu mendaki gunung, sehingga mereka dapat langsung menikmati pemandangan alami dan indah yang disajikan oleh kawah ini.

8. Situ Bagendit


Tempat Wisata di Garut yang populer berikutnya adalah Situ Bagendit, salah satu tempat wisata terbesar dan terkenal di Garut, merupakan destinasi ideal untuk liburan keluarga dengan beragam atraksi yang menyenangkan.

Pengunjung bisa dimanjakan dengan keindahan alam di sekitar danau dengan menyewa bebek-bebekan atau bisa juga dengan menyewa rakit kayu untuk menjelajahi seputaran danau, kemudian bisa juga mampir di warung terapung yang ada di tengah situ untuk sekadar beri jajanan atau berburu kuliner khas Garut.

Tempat ini sangat ramai didatangi oleh para pengunjung karena lokasinya yang mudah dijangkau, sehingga menjadi salah satu destinasi wajib saat berkunjung ke Garut.

9. Pantai Santolo


Destinasi berikutnya merupskan salah satu destinasi wisata pantai paling terkenal di Garut, yakni Pantai Santolo, yang menarik banyak pengunjung dengan hamparan pasir putih luasnya yang bersih serta keberadaan air lautnya yang berwarna jernih.

Jika Anda berencana mengunjungi pantai ini bersama rombongan, disarankan untuk menggunakan jasa sewa bus pariwisata untuk menghemat anggaran.

Lokasinya yang sangat strategis dekat dengan Pantai Sayang Heulang memungkinkan Anda untuk mengunjungi kedua tempat tersebut secara bersamaan, sehingga akan memperkaya liburan Anda dengan pengalaman wisata pantai yang unik dan indah.

10. Objek Wisata Batu Tumpang


Jika Anda menyukai wisata yang bisa memacu adrenalin, maka tempatnya adalah di Batu Tumpang, Garut yang bisa menjadi pilihan yang menarik bagi para penyuka petualangan.

Tempat ini menawarkan panorama tebing yang bisa Anda panjat, cocok bagi para pecinta wall climbing yang mencari tantangan.

Meskipun terjal dengan tingkat kesulitan tersendiri, di puncak Batu Tumpang, para pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alamnya yang memukau.

Bagi mereka yang mencari sensasi ekstrim, Batu Tumpang adalah destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kota Garut.


Itulah 10 Wisata di Garut yang sangat Direkomendasikan untuk Dikunjungi pada liburan Lebaran 2024 nanti.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.