Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Penyebab Air Radiator Mobil Bocor Dibawah Mesin, Segera Lakukan Penanganan!

Penyebab Air Radiator Mobil Bocor Dibawah Mesin, Segera Lakukan Penanganan!
Penyebab Air Radiator Mobil Bocor Dibawah Mesin (Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id - Radiator mobil merupakan bagian penting dalam sistem pendingin, dimana berfungsi untuk menurunkan suhu mesin agar tetap berada pada suhu optimal. 

Hal ini sangat penting untuk melindungi mesin dari kerusakan dan pemakaian berlebihan, serta meningkatkan kinerja mesin. 

Baca Juga:

Motor Cruiser Yamaha : Spesifikasi Singkat

Oleh karena itu, perawatan radiator mobil sangat penting agar dapat tahan lama dan bekerja secara optimal.

Namun, terkadang pemilik mobil mengalami masalah dengan air radiator mobil yang bocor di bawah mesin. 

Kebocoran pada radiator mobil di bawah mesin bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti keausan pada komponen radiator, korosi pada sistem pendinginan, kesalahan dalam perawatan, tekanan dan suhu yang tinggi, cairan radiator tidak sesuai dan lainnya.

Penyebab Air Radiator Mobil Bocor Dibawah Mesin

Ketika memiliki kendaraan mobil, Kita harus mengetahui penyebab air radiator bocor dibawah mesin seperti:

1. Korosi pada Sistem Pendingin 

Korosi pada sistem pendingin bisa menjadi penyebab kebocoran, terutama ketika cairan pendingin tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau tidak mendapatkan perawatan yang cukup. 

Baca Juga:

Harley Davidson Road King: Kesempurnaan dalam Kebebasan Berpetualang

Korosi menyebabkan bagian dalam radiator, seperti pipa dan inti radiator, mengalami kerusakan sehingga retak atau lubang kecil pada bagian bawah radiator dapat muncul dan menyebabkan kebocoran. 

Bila terdapat kesalahan dalam perawatan seperti tidak rutin melakukan pemeriksaan dan membersihkan radiator, maka kotoran akan menumpuk dalam sistem dan memicu kerusakan pada komponen radiator.

2. Cairan Radiator yang Tidak Sesuai Spesifikasi Pabrikan 

Penyebab Air Radiator Mobil Bocor Dibawah Mesin, Segera Lakukan Penanganan!
Penyebab Air Radiator Mobil Bocor Dibawah Mesin (Dok. Ist)

Cairan radiator yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan dapat menjadi faktor penyebab kebocoran. 

Penggunaan air radiator yang tidak kompatibel dapat merusak kinerja komponen radiator dan pada akhirnya menyebabkan keausan atau korosi yang dapat menyebabkan kebocoran. 

3. Terjadi Hantaman Benda Keras

Adapun terhantam benda keras menjadi salah satu situasi yang dapat mengakibatkan kebocoran pada radiator mobil. Kondisi jalan yang tidak stabil, lubang di jalan, atau bahkan benda keras yang tercecer dapat menjadi ancaman serius terhadap radiator.

Baca Juga:

Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Motor Hilang Kompresi

Benturan dengan benda keras dapat menyebabkan kerusakan langsung pada struktur fisik radiator, pipa-pipa yang mengalirkan cairan pendingin dan tangki radiator yang menampung cairan tersebut.

Ciri-ciri Radiator Mobil Bocor 

Selain itu, teknologi radiator mobil mengalami perkembangan, sehingga merk radiator yang berbeda-beda memiliki spesifikasi yang beragam pula. 

Oleh karena itu, pemilik mobil perlu tahu merk radiator yang digunakan di mobilnya dan melakukan penggantian radiator yang sesuai ketika radiator lama rusak atau pecah.

Anda dapat mengetahui air radiator bocor melalui beberapa ciri-ciri, seperti adanya bercak air di bawah mobil, penurunan kinerja sistem pendinginan, bau cairan pendingin, peningkatan suhu mesin, dan air radiator cepat habis. 

Jika terjadi masalah kebocoran pada radiator mobil, segera perbaiki agar masalah tidak semakin parah dan dapat berdampak pada kerusakan mesin mobil.

Panduan perawatan radiator yang bisa dilakukan adalah melakukan perawatan pada radiator secara rutin seperti melakukan pemeriksaan kondisi pipa air, check tekanan angin dalam ban mobil, serta membersihkan komponen radiator secara rutin. 

Baca Juga:

Tiger 2000, Motor Favorit Anak Muda yang Miliki Sejumlah Kelebihan

Bila radiator terlihat kotor dan mengalami kerusakan, segera ganti dengan radiator yang baru untuk menghindari terjadinya kebocoran dan mengakselerasi distributor air radiator. 

Selain itu, penting untuk memilih cairan pendingin yang tepat dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil.

Akhirnya, radiator mobil yang dirawat dengan baik akan meningkatkan kinerja kendaraan dan membuat mobil lebih awet, sehingga dapat menghemat biaya perawatan yang cukup besar.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter