Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Berdirinya Daulah Abbasiyah

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Berdirinya Daulah Abbasiyah
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Berdirinya Daulah Abbasiyah

 


SwaraWarta.co.id – Apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi berdirinya daulah abbasiyah?

Daulah Abbasiyah, yang menggantikan Daulah Umayyah pada tahun 750 M, muncul sebagai kekuatan besar dalam sejarah Islam.

Berdirinya daulah ini tidak lepas dari berbagai faktor yang saling terkait, baik dari sisi politik, sosial, maupun ekonomi.

1. Ketidakpuasan terhadap Daulah Umayyah

Salah satu faktor utama yang mendorong berdirinya Daulah Abbasiyah adalah ketidakpuasan yang meluas terhadap pemerintahan Daulah Umayyah.

Pemerintahan Umayyah dianggap telah menyimpang dari ajaran Islam yang sebenarnya, terutama dalam hal kesetaraan dan keadilan.

Kemewahan dan kezaliman yang dilakukan oleh para penguasa Umayyah menimbulkan kebencian dan perlawanan dari berbagai kelompok, termasuk Bani Hasyim (keturunan Al-Abbas, paman Nabi Muhammad) yang merasa lebih berhak atas kepemimpinan umat Islam.

2. Dukungan dari Kelompok Mawali

Mawali, yaitu orang-orang non-Arab yang masuk Islam, juga memainkan peran penting dalam berdirinya Daulah Abbasiyah. 

Mereka merasa didiskriminasi oleh Daulah Umayyah yang lebih mengutamakan orang-orang Arab. Dukungan mawali terhadap gerakan Abbasiyah didasarkan pada harapan akan kesetaraan dan keadilan di bawah pemerintahan baru.

Baca juga: Apakah yang Dimaksud dengan Khulafaur Rasyidin?

3. Kepemimpinan yang Kuat

Gerakan Abbasiyah dipimpin oleh tokoh-tokoh yang memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat, seperti Abu Muslim al-Khurasani dan Abu Ja'far al-Mansur. 

Kemampuan mereka dalam mengorganisir dan memobilisasi massa menjadi faktor penting dalam keberhasilan menggulingkan Daulah Umayyah.

4. Strategi Propaganda yang Efektif

Gerakan Abbasiyah menggunakan propaganda yang efektif untuk menarik dukungan dari berbagai kalangan. 

Mereka menekankan nilai-nilai kesetaraan, keadilan, dan kembalinya kepada ajaran Islam yang murni. Propaganda ini berhasil membangkitkan semangat perlawanan terhadap Daulah Umayyah.

5. Kelemahan Internal Daulah Umayyah

Selain faktor-faktor eksternal, kelemahan internal Daulah Umayyah juga turut berkontribusi pada keruntuhannya. Konflik internal, korupsi, dan ketidakmampuan dalam menghadapi berbagai pemberontakan membuat Daulah Umayyah semakin lemah dan rentan terhadap gerakan oposisi.

Berdirinya Daulah Abbasiyah merupakan hasil dari kombinasi berbagai faktor yang saling terkait. Ketidakpuasan terhadap Daulah Umayyah, dukungan dari mawali, kepemimpinan yang kuat, strategi propaganda yang efektif, dan kelemahan internal Daulah Umayyah menjadi faktor-faktor kunci yang memungkinkan Daulah Abbasiyah muncul sebagai kekuatan baru dalam dunia Islam.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter