Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Harga USG Abdomen Paling Umum, Bisakah Pakai BPJS?


USG
USG Abdomen
( Dok. Ist


 SwaraWarta.co.id - Harga USG Abdomen sebenernya tergantung dengan kebijakan masing-masing rumah sakit atau klinik.

Setiap klinik memiliki ketentuan sendiri dalam menetapkan harga USG Abdomen.

Harga USG abdomen memiliki biaya yang bervariasi antara Rp. 500.000 sampai dengan lebih dari Rp. 750.000, tergantung dari rumah sakit tempat pemeriksaan dilakukan.

Baca Juga:

Mengenal Penyebab Jantung Bengkak dan Gejalanya yang Perlu Diwaspada

 Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan teknologi gelombang suara frekuensi tinggi yang diarahkan ke dalam perut untuk menghasilkan gambaran organ-organ di dalamnya. 

Alat sensor atau probe akan digunakan untuk membuat gambaran ini, yang kemudian ditampilkan di layar monitor.

Baca Juga:

8 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Pemeriksaan USG perut dilakukan untuk mengecek apakah ada kelainan pada organ-organ di dalam perut, seperti hati, ginjal, limpa, empedu, dan pankreas. 

Selain itu, pemeriksaan ini juga dapat membantu mendeteksi kelainan lain seperti radang usus buntu, hernia, dan pembesaran kelenjar getah bening di dalam perut. 

USG perut juga dapat digunakan untuk melihat aliran pembuluh darah di dalam perut dan membantu sebagai panduan ketika dokter melakukan pengambilan sampel jaringan pada organ di dalam perut atau mengeluarkan cairan dari rongga perut.

Baca Juga:

Temuan Mikroplastik dalam Testis Manusia, Kekhawatiran Terhadap Kesuburan Pria dan Perlunya Tindakan

Beberapa kali, Anda mungkin diminta untuk berpuasa selama 8-12 jam sebelum menjalani pemeriksaan USG perut. 

Hal ini bertujuan agar tidak ada sisa makanan di dalam lambung dan usus yang dapat menghalangi gelombang suara saat prosedur berlangsung. 

Atau dokter juga mungkin akan menyarankan Anda untuk tidak makan makanan yang mengandung lemak sejak sore hari sebelum hari pemeriksaan, jika ingin memeriksa empedu, hati, pankreas, dan limpa. 

Baca Juga:

Kasus DBD di Surabaya Meningkat, Masyarakat Dihimbau Waspada

Pastikan Anda berkonsultasi kembali dengan dokter Anda mengenai persiapan yang harus dilakukan sebelum menjalani pemeriksaan USG perut. 

Terkadang, USG perut juga bisa dilakukan bersamaan dengan USG panggul, sehingga Anda perlu menahan buang air kecil selama 2 jam sebelum pemeriksaan dan minum air putih sebanyak 6 gelas.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter