Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jelaskan Perbedaan antara Planet Luar dan Planet Dalam?

Perbedaan antara Planet Luar dan Planet Dalam
 Perbedaan antara Planet Luar dan Planet Dalam


SwaraWarta.co.id – Mari disimak mengenai soal jelaskan perbedaan antara planet luar dan planet dalam?

Tata Surya kita adalah rumah bagi delapan planet yang menakjubkan, masing-masing dengan karakteristik uniknya sendiri.

Planet-planet ini dikelompokkan menjadi dua kategori utama: planet dalam dan planet luar. Mari kita telusuri perbedaan menarik antara keduanya.

1. Lokasi dan Komposisi:

  • Planet Dalam (Terestrial): Terletak lebih dekat dengan Matahari, planet-planet ini (Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars) memiliki permukaan padat yang terbuat dari batu dan logam. Ukurannya relatif kecil dan memiliki atmosfer yang tipis atau tidak ada sama sekali.

  • Planet Luar (Jovian): Berada jauh dari Matahari, planet-planet ini (Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus) adalah raksasa gas yang terdiri dari hidrogen dan helium. Mereka memiliki atmosfer tebal dan inti yang kecil dan berbatu.

2. Ukuran dan Massa:

  • Planet Dalam: Planet-planet ini jauh lebih kecil dan kurang masif dibandingkan dengan planet luar. Bumi, planet dalam terbesar, masih jauh lebih kecil dari planet luar terkecil, Neptunus.

  • Planet Luar: Planet-planet raksasa ini memiliki ukuran dan massa yang sangat besar. Jupiter, planet terbesar di Tata Surya kita, memiliki massa lebih dari dua kali lipat massa gabungan semua planet lainnya.

3. Suhu dan Kondisi Permukaan:

  • Planet Dalam: Karena kedekatannya dengan Matahari, planet-planet ini mengalami suhu yang sangat bervariasi. Merkurius, misalnya, memiliki suhu siang hari yang sangat panas dan suhu malam hari yang sangat dingin.

  • Planet Luar: Planet-planet raksasa ini sangat dingin karena jaraknya yang jauh dari Matahari. Suhu di atmosfer mereka bisa mencapai ratusan derajat di bawah nol.

4. Satelit Alami dan Cincin:

  • Planet Dalam: Planet-planet ini memiliki sedikit atau tidak ada satelit alami. Bumi memiliki satu satelit alami (Bulan), sementara Mars memiliki dua satelit kecil (Phobos dan Deimos).

  • Planet Luar: Planet-planet raksasa ini memiliki banyak satelit alami. Jupiter dan Saturnus bahkan memiliki puluhan satelit. Selain itu, planet-planet ini juga memiliki sistem cincin yang indah, yang paling terkenal adalah cincin Saturnus.

5. Rotasi dan Orbit:

  • Planet Dalam: Planet-planet ini berotasi relatif lambat pada porosnya. Bumi, misalnya, membutuhkan waktu 24 jam untuk menyelesaikan satu putaran. Orbit mereka mengelilingi Matahari juga relatif pendek.

  • Planet Luar: Planet-planet raksasa ini berotasi sangat cepat pada porosnya. Jupiter, misalnya, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk menyelesaikan satu putaran. Orbit mereka mengelilingi Matahari sangat panjang.

Dengan memahami perbedaan utama antara planet dalam dan planet luar, kita dapat lebih menghargai keragaman dan kompleksitas Tata Surya kita.

Setiap planet adalah dunia yang unik dengan cerita dan misteri yang menunggu untuk diungkap.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter