Ilustrasi pencarian ide bisnis (Dok. Ist)
Swarawarta.co.id – Di dalam dunia bisnis, menghadirkan pengalaman pelanggan yang baik, dapat menjadi barometer penting. Jika kamu sebagai pelaku bisnis belum pernah mendengar istilah ini, maka sederhananya, Pengalaman pelanggan adalah persepsi yang dirasakan pelanggan ketika berinteraksi dengan suatu merek, mulai dari kualitas produk hingga interaksi dengan staf dan kemudahan sistem.
Fungsi pengukuran pengalaman pelanggan ini cukup luas, dari meningkatkan kepuasan pelanggan, membangun loyalitas, hingga mendorong rekomendasi yang positif. Karena itu, menghadirkan pengalaman pelanggan yang baik, unik dan berkesan cukup penting karena dapat menjadi pembeda utama di pasar yang kompetitif, membantu perusahaan menarik dan mempertahankan pelanggan, serta meningkatkan citra merek.
Pengalaman pelanggan memiliki peran penting, karena secara langsung mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Lebih jelasnya, berikut beberapa alasan pentingnya menghadirkan pengalaman pelanggan yang unik dan berkesan di dalam bisnis.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Memahami manfaat penting di atas dapat membuat strategi ini sebagai investasi menarik yang menjamin keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang.
Churn rate dapat diartikan sebagai persentase konsumen yang keluar atau berhenti menggunakan layanan suatu bisnis, karena pelayanan pelanggan yang buruk. Karena itu, menghadirkan pengalaman pelanggan yang memuaskan akan dapat mengurangi persentase ini di dalam operasional bisnis.
Tidak hanya itu, rendahnya tingkat churn rate di dalam suatu bisnis dapat menjadi penanda bahwa strategi yang dijalankan dan layanan pelanggan yang dihadirkan cukup baik dan efektif.
Memiliki identitas yang unik sebagai suatu bisnis, dapat diraih dengan menghadirkan pengalaman pelanggan yang unggul. Bahkan ketika dua bisnis bersaing pada satu market yang sama.
Sebagai contoh, Netflix dan Apple TV sama-sama bersaing pada market yang menawarkan layanan streaming video. Bedanya, konsumen mengenal Netflix sebagai brand dengan identitas unik yang menawarkan layanan pelanggan berharga murah dan terjangkau, sementara Apple TV dikenal dengan layanan mereka yang eksklusif dan premium.
Berbagai perusahaan telah berhasil menciptakan pelayanan pelanggan yang unik sehingga mampu memberikan identitas tersendiri dari para kompetitornya. Berikut contoh beberapa perusahaan besar dengan pelayanan unik dan cara mereka mengimplementasikannya ke dalam bisnis
Belajar dari perusahaan besar di atas, berikut beberapa hal yang bisa ditiru dan dijadikan tips, untuk menghasilkan pengalaman pelanggan yang unik dan berkesan.
Dengan memahami dan menerapkannya hal ini, bisnis tidak hanya dapat bertahan dalam pasar yang kompetitif tetapi juga untuk berkembang dan memperluas pangsa pasar secara berkelanjutan.
Sementara itu, memanfaatkan strategi integrasi Customer Relationship Management (CRM) dengan media komunikasi WhatsApp dapat menjadi salah satu cara menghasilkan pengalaman pelanggan yang unik. Dengan memanfaatkan integrasi WhatsApp dan CRM software bisnis dapat menyinkronkan data pelanggan secara terpusat.
Pemanfaatan data yang terpusat ini, nantinya dapat digunakan untuk memberikan layanan promosi atau tanggapan terhadap permasalahan konsumen secara lebih personal dan efisien. Selain itu, dari integrasi ini, bisnis juga dapat membuat chatbot WhatsApp yang memungkinkan untuk menjawab keluhan pelanggan secara akurat dan tepat waktu dengan mengandalkan akses informasi seperti riwayat pembelian hingga preferensi produk yang ada pada sistem CRM. Dengan demikian, Strategi integrasi ini tidak hanya mengoptimalkan proses internal perusahaan tetapi juga menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih personal, responsif, dan berkesan.
Terakhir, untuk menghasilkan pengalaman pelanggan yang unik, penting untuk secara aktif mendengarkan dan menganalisis feedback dari pelanggan. Dari sini, bisnis dapat merespons dengan cepat terhadap masalah atau keluhan yang muncul, serta beradaptasi untuk memperbaiki proses layanan atau produk sesuai dengan kebutuhan yang konsumen yang dinamis.
Sementara itu, dengan konsisten mendengarkan umpan balik pelanggan dan membangun komunikasi yang transparan tentang perubahan yang dilakukan, perusahaan dapat memastikan setiap interaksi dengan pelanggan tidak hanya memenuhi harapan tetapi juga memperkuat loyalitas mereka.
Sebagai penutup, setiap bisnis di dunia saling berlomba-lomba dalam menghadirkan pengalaman pelanggan terbaik mereka. Masing-masing berusaha menghadirkan layanan pelanggan yang tidak hanya baik, namun unik dan berkesan di benak para konsumennya, karena dengan ini, konsumen akan berkemungkinan besar kembali atau bahkan mempromosikan secara sukarela akan merek bisnis yang mereka sukai.
Era internet dan teknologi digital telah membawa perubahan revolusioner pada lanskap media Indonesia. Salah satu…
Berikut penjelasan lengkap mengenai tata letak pabrikasi (back office) menurut Krajewski et al. (2007), yang…
Tata letak fasilitas merupakan aspek krusial dalam keberhasilan sebuah organisasi perusahaan. Pengaturan fisik elemen produksi,…
Penelitian merupakan pilar penting bagi keberhasilan organisasi, termasuk organisasi media massa. Artikel ini akan membahas…
Metode penentuan lokasi merupakan aspek krusial dalam berbagai bidang manajemen, khususnya dalam peramalan, perencanaan strategis,…
Tata letak (layout) dalam manajemen operasional merupakan aspek krusial yang mempengaruhi efisiensi, produktivitas, dan kelancaran…