SwaraWarta.co.id – Xiaomi resmi memperkenalkan SU7 Ultra Track Edition, versi terbaru dari sedan listrik andalannya yang dirancang khusus untuk balapan.
Mobil ini diperkenalkan dalam pameran otomotif di wilayah Guangdong-Hong Kong-Macao Greater Bay Area 2025.
Menurut laporan Carnewschina, mobil ini merupakan versi “Track Professional Package” dari SU7 Ultra, yang hadir dengan berbagai peningkatan untuk performa di lintasan balap.
ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT
Paket ini dijual seharga 100.000 yuan (sekitar Rp226 juta) dan akan segera tersedia untuk umum.
Track Edition dibekali suspensi Bilstein EVO R yang bisa disesuaikan, ban Pirelli P Zero Trofeo RS khusus lintasan, rem Endless, serta velg 21 inci berbentuk U yang ringan dan kuat. Semua komponen ini dirancang agar tahan dalam kondisi balapan ekstrem.
Xiaomi bahkan menguji mobil ini di sirkuit dalam negeri dan juga Nürburgring di Jerman untuk memastikan ketangguhannya.
Secara tampilan, mobil ini lebih agresif. Ada logo Xiaomi berbahan serat karbon berlapis emas 24 karat, kap mesin dari karbon ringan yang mengurangi bobot mobil, serta ventilasi udara tambahan.
Material serat karbon juga digunakan pada atap, spoiler belakang, diffuser, kaca spion, dan side skirt. Bagian belakang mobil dilengkapi diffuser aktif dan spoiler tetap untuk menambah efek aerodinamis saat melaju kencang.
Dimensi mobil ini cukup besar, panjang 5.070 mm, lebar 1.970 mm, dan tinggi 1.465 mm, dengan jarak antar roda 3.000 mm. Mobil ini juga punya sensor LiDAR di atap serta stiker “Ultra” berwarna perak di sisi samping.
Interior mobil menggunakan bahan mewah seperti Alcantara dan serat karbon di banyak bagian, termasuk setir, jok, pintu, dan konsol tengah. Total ada 21 bagian yang dilapisi serat karbon. Setir juga dilengkapi garis kuning di tengah, khas mobil balap.
Fitur hiburan mencakup layar instrumen 7,1 inci, layar sentuh utama 16,1 inci, 25 speaker, dan pengisi daya nirkabel ganda 50W.
Baik SU7 Ultra standar maupun versi Track Edition memakai tiga motor listrik: dua motor V8 di belakang (masing-masing 578 hp) dan satu motor V6 di depan (392 hp). Total tenaga mencapai 1.548 hp.
Mobil ini mampu melesat dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 1,98 detik, dan mencapai kecepatan tertinggi 350 km/jam.
Energi disimpan dalam baterai CATL Kirin II 93,7 kWh, yang mendukung arus tinggi dan voltase 897V. Jarak tempuhnya bisa mencapai 630 km (standar CLTC).
Berbeda dari versi standar yang perlu pembaruan perangkat lunak untuk tenaga penuh, Track Edition sudah langsung aktif tanpa perlu unlock tambahan. Sistem pendingin juga ditingkatkan, sehingga performanya tetap stabil meski dipakai balapan berkali-kali.
Di Sirkuit Internasional Shanghai, mobil ini mencatat waktu 2 menit 9,944 detik, mengalahkan Porsche Taycan Turbo GT.
Karena pencapaian tersebut, Xiaomi bahkan mendapat kehormatan untuk menamai Tikungan 12 di Nürburgring menjadi “Xiaomi Curve.”