Menurut Anda, Apa yang Berbeda antara Kegiatan Belajar Mengajar Selama ini Anda Jalankan dengan Desain Alur Pembelajaran Projek Profil?

- Redaksi

Thursday, 25 April 2024 - 07:05 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 Apa yang Berbeda antara Kegiatan Belajar Mengajar Selama ini Anda Jalankan dengan Desain Alur Pembelajaran Projek Profil

SwaraWarta.co.id – Menurut Anda, apa yang berbeda antara
kegiatan belajar mengajar selama ini Anda jalankan dengan desain alur pembelajaran projek profil.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebagai model bahasa yang besar, saya tidak memiliki
pengalaman langsung dalam memimpin kegiatan belajar mengajar.

Namun, saya dapat mengakses dan memproses informasi dari
berbagai sumber, termasuk kurikulum terbaru Indonesia, untuk membandingkan
pendekatan tradisional dan Desain Alur Pembelajaran Projek Profil (P5).

Untuk lebih jelasnya, mari disimak mengenai, apa yang
berbeda antara kegiatan belajar mengajar selama ini Anda jalankan dengan desain
alur pembelajaran projek profil.

Berikut Adalah Beberapa Perbedaan antara Kegiatan Belajar Mengajar Selama ini Anda Jalankan dengan Desain Alur Pembelajaran Projek
Profil:

Fokus Pembelajaran:

  • Tradisional:
    Berfokus pada penguasaan materi pelajaran dan penyelesaian soal.
    Pengetahuan diukur melalui tes dan ujian.

  • P5:
    Berfokus pada pengembangan karakter dan keterampilan abad ke-21 melalui
    proyek yang bermakna. Pengetahuan diukur melalui penilaian autentik,
    seperti portofolio, presentasi, dan observasi.
Baca juga: Perkembangan Budi Pekerti, Pikiran, dan Jasmani Murid Melalui Pendidikan Tidak dapat Dipisahkan Karena?

Peran Guru:

  • Tradisional:
    Sebagai penyampai informasi dan pemberi instruksi. Guru mendominasi
    pembelajaran dan siswa bersifat pasif.

  • P5:
    Sebagai fasilitator dan pembimbing. Guru membantu siswa dalam proses
    belajar dan mendorong mereka untuk mengambil inisiatif.

Keterlibatan Siswa:

  • Tradisional:
    Cenderung rendah. Siswa sering kali hanya mendengarkan ceramah dan
    mengerjakan tugas yang diberikan.

  • P5:
    Sangat tinggi. Siswa terlibat aktif dalam proses belajar dan bertanggung
    jawab atas pembelajaran mereka sendiri.

Suasana Belajar:

  • Tradisional:
    Formal dan kaku. Siswa duduk berjajar dan fokus pada guru.

  • P5:
    Informal dan kolaboratif. Siswa dapat bergerak bebas dan bekerja sama
    dengan teman mereka.
Baca juga: Bagaimana Rencana Anda dalam Mengatasi Tantangan Tersebut Agar Bisa Memastikan Perubahan Terjadi?

Dampak Pembelajaran:

  • Tradisional:
    Cenderung jangka pendek. Siswa mungkin hanya mengingat informasi untuk
    ujian, tetapi tidak dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata.

  • P5:
    Jangka panjang. Siswa mengembangkan keterampilan dan karakter yang dapat
    mereka gunakan dalam berbagai situasi.

Oleh karena itu, Desain Alur Pembelajaran Projek Profil (P5) menawarkan pendekatan yang lebih inovatif
dan berpusat pada siswa untuk pembelajaran. P5 memungkinkan siswa untuk
mengembangkan keterampilan dan karakter yang mereka butuhkan untuk sukses di
abad ke-21.

Berikut adalah beberapa poin penting tambahan:

  • P5
    membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang dari guru.
  • P5
    mungkin lebih sulit untuk dikelola daripada pembelajaran tradisional.
  • P5
    membutuhkan dukungan dari orang tua dan komunitas.

Meskipun P5 memiliki beberapa tantangan, namun manfaatnya
bagi siswa sangatlah besar. Dengan implementasi yang tepat, P5 dapat membantu
mewujudkan profil Pelajar Pancasila yang berkarakter mulia dan cakap dalam
berbagai bidang.

 

Baca Juga :  BERDASARKAN BMP EKMA 4473, Bagaimana Teknologi Flyknit Dari Nike Dapat Dipadukan Dalam Produk Inovasi

Berita Terkait

Seiring dengan Hadirnya Era Internet dan Teknologi Digital, Lanskap Media Indonesia Mengalami Perkembangan yang Sangat Pesat, Salah Satunya adalah Apa
TERJAWAB Menurut Krajewski et al (2007), Tata Letak yang digunakan Pada Pabrikasi (Back Office) dan Proses Lini yang Memiliki Aliran Kerja Linier dan
PENTINGNYA Tata Letak Fasilitas Bagi Organisasi Perusahaan Adalah
JAWABAN Penelitian Merupakan Bagian Penting Bagi Organisasi Apapun, Termasuk Organisasi Media Massa
SIMAK Metode Penentuan Lokasi yang diterapkan Dalam Peramalan (Forecasting), Perencanaan Strategik (Strategic Planning), Strategi Rantai Pasokan
TUJUANNNYA ADALAH Tercapainya Kerjasama yang Lebih Dekat Antar Karyawan pada Semua Level, Merupakan Tujuan dari Tata Letak
Bilamana Terjadi Praktik yang Bertentangan dengan UU No 5 Tahun 1999, Tindakan Apa Sajakah yang Dilakukan oleh KPPU Sebagai Lembaga Penegakan Hukum
Teknik Matematika yang Digunakan untuk Menemukan Lokasi Pusat Distribusi Tunggal yang Melayani Sejumlah Lokasi yang Terkait, seperti Pemasok

Berita Terkait

Monday, 16 June 2025 - 19:03 WIB

Seiring dengan Hadirnya Era Internet dan Teknologi Digital, Lanskap Media Indonesia Mengalami Perkembangan yang Sangat Pesat, Salah Satunya adalah Apa

Monday, 16 June 2025 - 18:58 WIB

TERJAWAB Menurut Krajewski et al (2007), Tata Letak yang digunakan Pada Pabrikasi (Back Office) dan Proses Lini yang Memiliki Aliran Kerja Linier dan

Monday, 16 June 2025 - 18:53 WIB

PENTINGNYA Tata Letak Fasilitas Bagi Organisasi Perusahaan Adalah

Monday, 16 June 2025 - 18:48 WIB

JAWABAN Penelitian Merupakan Bagian Penting Bagi Organisasi Apapun, Termasuk Organisasi Media Massa

Monday, 16 June 2025 - 18:43 WIB

SIMAK Metode Penentuan Lokasi yang diterapkan Dalam Peramalan (Forecasting), Perencanaan Strategik (Strategic Planning), Strategi Rantai Pasokan

Berita Terbaru

Pendidikan

PENTINGNYA Tata Letak Fasilitas Bagi Organisasi Perusahaan Adalah

Monday, 16 Jun 2025 - 18:53 WIB