Menurut Anda, Apa yang Berbeda antara Kegiatan Belajar Mengajar Selama ini Anda Jalankan dengan Desain Alur Pembelajaran Projek Profil?

- Redaksi

Thursday, 25 April 2024 - 07:05 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 Apa yang Berbeda antara Kegiatan Belajar Mengajar Selama ini Anda Jalankan dengan Desain Alur Pembelajaran Projek Profil

SwaraWarta.co.id – Menurut Anda, apa yang berbeda antara
kegiatan belajar mengajar selama ini Anda jalankan dengan desain alur pembelajaran projek profil.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebagai model bahasa yang besar, saya tidak memiliki
pengalaman langsung dalam memimpin kegiatan belajar mengajar.

Namun, saya dapat mengakses dan memproses informasi dari
berbagai sumber, termasuk kurikulum terbaru Indonesia, untuk membandingkan
pendekatan tradisional dan Desain Alur Pembelajaran Projek Profil (P5).

Untuk lebih jelasnya, mari disimak mengenai, apa yang
berbeda antara kegiatan belajar mengajar selama ini Anda jalankan dengan desain
alur pembelajaran projek profil.

Berikut Adalah Beberapa Perbedaan antara Kegiatan Belajar Mengajar Selama ini Anda Jalankan dengan Desain Alur Pembelajaran Projek
Profil:

Fokus Pembelajaran:

  • Tradisional:
    Berfokus pada penguasaan materi pelajaran dan penyelesaian soal.
    Pengetahuan diukur melalui tes dan ujian.

  • P5:
    Berfokus pada pengembangan karakter dan keterampilan abad ke-21 melalui
    proyek yang bermakna. Pengetahuan diukur melalui penilaian autentik,
    seperti portofolio, presentasi, dan observasi.
Baca juga: Perkembangan Budi Pekerti, Pikiran, dan Jasmani Murid Melalui Pendidikan Tidak dapat Dipisahkan Karena?

Peran Guru:

  • Tradisional:
    Sebagai penyampai informasi dan pemberi instruksi. Guru mendominasi
    pembelajaran dan siswa bersifat pasif.

  • P5:
    Sebagai fasilitator dan pembimbing. Guru membantu siswa dalam proses
    belajar dan mendorong mereka untuk mengambil inisiatif.

Keterlibatan Siswa:

  • Tradisional:
    Cenderung rendah. Siswa sering kali hanya mendengarkan ceramah dan
    mengerjakan tugas yang diberikan.

  • P5:
    Sangat tinggi. Siswa terlibat aktif dalam proses belajar dan bertanggung
    jawab atas pembelajaran mereka sendiri.

Suasana Belajar:

  • Tradisional:
    Formal dan kaku. Siswa duduk berjajar dan fokus pada guru.

  • P5:
    Informal dan kolaboratif. Siswa dapat bergerak bebas dan bekerja sama
    dengan teman mereka.
Baca juga: Bagaimana Rencana Anda dalam Mengatasi Tantangan Tersebut Agar Bisa Memastikan Perubahan Terjadi?

Dampak Pembelajaran:

  • Tradisional:
    Cenderung jangka pendek. Siswa mungkin hanya mengingat informasi untuk
    ujian, tetapi tidak dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata.

  • P5:
    Jangka panjang. Siswa mengembangkan keterampilan dan karakter yang dapat
    mereka gunakan dalam berbagai situasi.

Oleh karena itu, Desain Alur Pembelajaran Projek Profil (P5) menawarkan pendekatan yang lebih inovatif
dan berpusat pada siswa untuk pembelajaran. P5 memungkinkan siswa untuk
mengembangkan keterampilan dan karakter yang mereka butuhkan untuk sukses di
abad ke-21.

Berikut adalah beberapa poin penting tambahan:

  • P5
    membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang dari guru.
  • P5
    mungkin lebih sulit untuk dikelola daripada pembelajaran tradisional.
  • P5
    membutuhkan dukungan dari orang tua dan komunitas.

Meskipun P5 memiliki beberapa tantangan, namun manfaatnya
bagi siswa sangatlah besar. Dengan implementasi yang tepat, P5 dapat membantu
mewujudkan profil Pelajar Pancasila yang berkarakter mulia dan cakap dalam
berbagai bidang.

 

Baca Juga :  Jelaskanlah Manfaat dan Interpretasi dari Analisis Economic Value Added?

Berita Terkait

Apa yang Dimaksud dengan School Well-Being dalam Konteks Pendidikan? Berikut Penjelasannya!
Bapak Ibu Guru yang Bersemangat, Bagaimana Kita dapat Membuat Lingkungan Sekolah Menjadi Lebih Sejahtera?
DISKUSIKAN Kondisi Di Mana Pasar Monopoli Memperoleh Keuntungan Maksimal Dan Pasar Bagaimana Perbedaan Dengan Keuntungan Maksimal Dari Persaingan
40 SOAL UAS Manajemen Operasi UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen EKMA4369 Tahun 2025
40 SOAL Ujian UT Bahasa Inggris Niaga 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Niaga UT ADBI4201
40 SOAL UAS Administrasi Pertanahan UT Semester 1 Tahun 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Administrasi Pertanahan ADPU4335
40 SOAL UAS Manajemen Keuangan UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen Keuangan EKMA4213
40 SOAL UAS PDGK4401 Materi dan Pembelajaran PKN SD UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Materi dan Pembelajaran PKN SD

Berita Terkait

Sunday, 15 June 2025 - 13:51 WIB

Apa yang Dimaksud dengan School Well-Being dalam Konteks Pendidikan? Berikut Penjelasannya!

Sunday, 15 June 2025 - 13:43 WIB

Bapak Ibu Guru yang Bersemangat, Bagaimana Kita dapat Membuat Lingkungan Sekolah Menjadi Lebih Sejahtera?

Saturday, 14 June 2025 - 20:22 WIB

DISKUSIKAN Kondisi Di Mana Pasar Monopoli Memperoleh Keuntungan Maksimal Dan Pasar Bagaimana Perbedaan Dengan Keuntungan Maksimal Dari Persaingan

Saturday, 14 June 2025 - 20:12 WIB

40 SOAL UAS Manajemen Operasi UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen EKMA4369 Tahun 2025

Saturday, 14 June 2025 - 20:02 WIB

40 SOAL Ujian UT Bahasa Inggris Niaga 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Niaga UT ADBI4201

Berita Terbaru