Menurut Anda, Apa yang Berbeda antara Kegiatan Belajar Mengajar Selama ini Anda Jalankan dengan Desain Alur Pembelajaran Projek Profil?

- Redaksi

Thursday, 25 April 2024 - 07:05 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 Apa yang Berbeda antara Kegiatan Belajar Mengajar Selama ini Anda Jalankan dengan Desain Alur Pembelajaran Projek Profil

SwaraWarta.co.id – Menurut Anda, apa yang berbeda antara
kegiatan belajar mengajar selama ini Anda jalankan dengan desain alur pembelajaran projek profil.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebagai model bahasa yang besar, saya tidak memiliki
pengalaman langsung dalam memimpin kegiatan belajar mengajar.

Namun, saya dapat mengakses dan memproses informasi dari
berbagai sumber, termasuk kurikulum terbaru Indonesia, untuk membandingkan
pendekatan tradisional dan Desain Alur Pembelajaran Projek Profil (P5).

Untuk lebih jelasnya, mari disimak mengenai, apa yang
berbeda antara kegiatan belajar mengajar selama ini Anda jalankan dengan desain
alur pembelajaran projek profil.

Berikut Adalah Beberapa Perbedaan antara Kegiatan Belajar Mengajar Selama ini Anda Jalankan dengan Desain Alur Pembelajaran Projek
Profil:

Fokus Pembelajaran:

  • Tradisional:
    Berfokus pada penguasaan materi pelajaran dan penyelesaian soal.
    Pengetahuan diukur melalui tes dan ujian.

  • P5:
    Berfokus pada pengembangan karakter dan keterampilan abad ke-21 melalui
    proyek yang bermakna. Pengetahuan diukur melalui penilaian autentik,
    seperti portofolio, presentasi, dan observasi.
Baca juga: Perkembangan Budi Pekerti, Pikiran, dan Jasmani Murid Melalui Pendidikan Tidak dapat Dipisahkan Karena?

Peran Guru:

  • Tradisional:
    Sebagai penyampai informasi dan pemberi instruksi. Guru mendominasi
    pembelajaran dan siswa bersifat pasif.

  • P5:
    Sebagai fasilitator dan pembimbing. Guru membantu siswa dalam proses
    belajar dan mendorong mereka untuk mengambil inisiatif.

Keterlibatan Siswa:

  • Tradisional:
    Cenderung rendah. Siswa sering kali hanya mendengarkan ceramah dan
    mengerjakan tugas yang diberikan.

  • P5:
    Sangat tinggi. Siswa terlibat aktif dalam proses belajar dan bertanggung
    jawab atas pembelajaran mereka sendiri.

Suasana Belajar:

  • Tradisional:
    Formal dan kaku. Siswa duduk berjajar dan fokus pada guru.

  • P5:
    Informal dan kolaboratif. Siswa dapat bergerak bebas dan bekerja sama
    dengan teman mereka.
Baca juga: Bagaimana Rencana Anda dalam Mengatasi Tantangan Tersebut Agar Bisa Memastikan Perubahan Terjadi?

Dampak Pembelajaran:

  • Tradisional:
    Cenderung jangka pendek. Siswa mungkin hanya mengingat informasi untuk
    ujian, tetapi tidak dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata.

  • P5:
    Jangka panjang. Siswa mengembangkan keterampilan dan karakter yang dapat
    mereka gunakan dalam berbagai situasi.

Oleh karena itu, Desain Alur Pembelajaran Projek Profil (P5) menawarkan pendekatan yang lebih inovatif
dan berpusat pada siswa untuk pembelajaran. P5 memungkinkan siswa untuk
mengembangkan keterampilan dan karakter yang mereka butuhkan untuk sukses di
abad ke-21.

Berikut adalah beberapa poin penting tambahan:

  • P5
    membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang dari guru.
  • P5
    mungkin lebih sulit untuk dikelola daripada pembelajaran tradisional.
  • P5
    membutuhkan dukungan dari orang tua dan komunitas.

Meskipun P5 memiliki beberapa tantangan, namun manfaatnya
bagi siswa sangatlah besar. Dengan implementasi yang tepat, P5 dapat membantu
mewujudkan profil Pelajar Pancasila yang berkarakter mulia dan cakap dalam
berbagai bidang.

 

Baca Juga :  Perkataan Suami yang Termasuk Talak dalam Islam: Hati-hati Kalau Gak Mau Berakibat Seperti Ini....

Berita Terkait

Menurut Anda, Gambaran Penerapan CASEL dalam Pembelajaran Sosial Emosional di Kelas Seperti Apa? Berikut Penjelasannya!
20 CONTOH Tema MPLS 2025 untuk SD SMP SMA Paling Menarik dan Kreatif, Cocok Jadi Referensi Panitia
BUAH Permisi Teka Teki MPLS 2025 Adalah? Ternyata Buah Ini Jawaban Teka-Teki MPLS Buah Permisi
HARI Yang Baik MPLS 2025 Adalah? Ternyata Minuman Ini Jawaban Teka-Teki MPLS Hari Yang Baik
MAKANAN Tiga Rahasia MPLS 2025 Adalah? Ternyata Ini Jawaban Teka-Teki MPLS Makanan Tiga Rahasia
SUSU Basi MPLS 2025 Adalah? Ternyata Minuman Ini Jawaban Teka-Teki MPLS Susu Basi
INFO Panduan MPLS 2025 SD, SMP, dan SMA/SMK, Download Panduan MPLS 2025 Untuk SD SMP SMA SMK
Cara Cek Pencairan PIP Termin 2 Tahun 2025 dengan Mudah

Berita Terkait

Saturday, 5 July 2025 - 14:54 WIB

Menurut Anda, Gambaran Penerapan CASEL dalam Pembelajaran Sosial Emosional di Kelas Seperti Apa? Berikut Penjelasannya!

Friday, 4 July 2025 - 09:54 WIB

20 CONTOH Tema MPLS 2025 untuk SD SMP SMA Paling Menarik dan Kreatif, Cocok Jadi Referensi Panitia

Friday, 4 July 2025 - 09:39 WIB

BUAH Permisi Teka Teki MPLS 2025 Adalah? Ternyata Buah Ini Jawaban Teka-Teki MPLS Buah Permisi

Friday, 4 July 2025 - 09:29 WIB

HARI Yang Baik MPLS 2025 Adalah? Ternyata Minuman Ini Jawaban Teka-Teki MPLS Hari Yang Baik

Friday, 4 July 2025 - 09:24 WIB

MAKANAN Tiga Rahasia MPLS 2025 Adalah? Ternyata Ini Jawaban Teka-Teki MPLS Makanan Tiga Rahasia

Berita Terbaru

PSSI Wujudkan Impian Mauro Zijlstra Bela Timnas Indonesia

Olahraga

PSSI Wujudkan Impian Mauro Zijlstra Bela Timnas Indonesia

Friday, 4 Jul 2025 - 14:00 WIB