Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

KPU Memutuskan untuk Menggelar 3 Kali Debat Calon Presiden dan 2 Kali Debat Calon Wakil Presiden

KPU Memutuskan untuk Menggelar 3 Kali Debat Calon Presiden dan 2 Kali Debat Calon Wakil Presiden
KPU Memutuskan untuk Menggelar 3 Kali Debat Calon Presiden dan 2 Kali Debat Calon Wakil Presiden. (Foto: KPU.go.id)


SwaraWarta.co.id - Dalam sebuah keputusan yang mengejutkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah berencana untuk melakukan debat yang penuh kejutan di Pemilihan Presiden 2024.

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, mengumumkan dalam konferensi pers malam Rabu bahwa mereka akan menyelenggarakan tiga debat bagi calon presiden dan dua debat bagi calon wakil presiden.

Namun, yang membuat masyarakat terperangah adalah pola unik debat yang diusulkan oleh KPU.

Hasyim dengan lugas menjelaskan, "Debat pertama akan menjadi panggung bagi para calon presiden, diikuti oleh debat untuk calon wakil presiden pada sesi kedua.

Debat ketiga kembali diperuntukkan bagi calon presiden, diikuti oleh debat cawapres pada sesi keempat. Dan yang menarik, debat kelima atau debat pamungkas akan kembali menjadi sorotan bagi para calon presiden."

Penyusunan jadwal ini mematahkan dugaan sebelumnya bahwa KPU akan menghilangkan debat cawapres, yang sempat dianggap sebagai upaya menyembunyikan kelemahan salah satu calon.

Dengan keputusan ini, KPU berusaha memberikan sorotan yang setara untuk kedua posisi, menciptakan dinamika yang tak terduga di atas panggung debat nasional.

Hasyim Asy’ari juga merinci topik untuk setiap perdebatan itu.

Debat I: Capres

Tema : Pemerintahan, hukum, HAM, pemberatasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik dan kerukunan warga.

Debat II: Cawapres

Ekonomi (kerakyatan, digital), keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBN, infrastruktur dan perkotaan.

Debat III: Capres

Pertahanan, keamanan, hubungan LN dan geopolitik.

Debat IV: Cawapres

Pembangunan berkelanjutan, SDA, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Debat V: Capres

Kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, SDM dan inklusi.

KPU sudah menetapkan para moderator dan panelis untuk lima debat capres dan cawapres ini, tetapi belum mengumumkan nama-nama mereka.

Hasyim menegaskan bahwa dalam masing-masing debat, hanya capres atau cawapres yang diperkenankan bicara sesuai jadwal debat yang diumumkan ini. 

Mereka boleh saling mendampingi dan mendiskusikan jawaban untuk pertanyaan yang diajukan, tetapi tidak ikut berdebat.

Debat pertama akan dilangsungkan pada tanggal 12 Desember mendatang.

Sumber: VOA

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter