Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Kuliner Khas Palembang yang Populer hingga Mancanegara


Pempek merupakan makanan khas Palembang yang populer
Pempek merupakan makanan khas Palembang yang populer
( Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Palembang merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan kuliner khas Palembang yang unik dan lezat. 

Ada banyak sekali Kuliner khas Palembang yang diakui kelezatannya sampai ke seluruh penjuru Indonesia, bahkan mancanegara. 

Deretan Kuliner Khas Palembang yang disukai Sejumlah Kalangan

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Palembang yang harus dicoba saat berkunjung ke sana.

1. Pempek 

Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan tenggiri yang digiling halus dan dicampurkan dengan tepung sagu, garam, dan gula. 

Adonan ini kemudian dibentuk dan direbus hingga matang. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka dan ditambah dengan telur asin dan sayur. 

Pempek yang paling terkenal dari Palembang adalah pempek kapal selam, yakni pempek isi telur yang disajikan dengan kuah cuka yang khas.

2. Tekwan 

Tekwan adalah makanan khas Palembang yang terdiri dari bola ikan yang dicampurkan dengan tepung sagu dan bumbu rempah-rempah, seperti bawang putih, merica, dan ebi. 

Tekwan disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan segar, sayuran, dan telur rebus. Tekwan biasanya disantap sebagai hidangan pembuka, tetapi juga bisa dijadikan hidangan utama.

Terdapat berbagai macam variasi dari kuliner ini sehingga sangat sayang untuk dilewatkan jika mengunjungi Palembang. 

3. Model 

Model adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari sagu yang dikukus dan diiris-iris tipis. 

Model biasanya disajikan dengan kuah santan dan gula merah yang kental serta taburan kelapa parut atau kacang tanah yang goreng. 

Model memiliki rasa yang manis dan legit, sehingga cocok menjadi makanan pencuci mulut.

4. Laksan 

Laksan adalah makanan khas Palembang yang terdiri dari mie yang terbuat dari sagu yang diulas tipis dan dipotong-potong. 

Laksan disajikan dengan kuah santan, ikan teri, dan bumbu rempah-rempah lainnya. Laksan memiliki rasa pedas dan gurih yang lezat, sehingga cocok dijadikan hidangan utama.

Hingga kini makanan khas Palembang berupa laksana masih populer di kalangan masyarakat.

5. Mie celor 

Mie celor adalah makanan khas Palembang yang terdiri dari mie yang dikukus dan disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan, air ikan, ketumbar, dan rempah-rempah lainnya. 

Mie celor biasanya disajikan dengan tauge, telur, dan daun bawang yang diiris tipis sebagai pelengkap.

Seiring berjalanya waktu makanan ini bisa dijumpai di sejumlah daerah yang tersebar di wilayah Indonesia.

Itulah beberapa makanan khas Palembang yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Kelezatan dan keunikan dari kuliner Palembang sudah terkenal hingga ke seluruh Indonesia dan luar negeri. 

Jadi, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Palembang saat berkunjung ke sana. Selamat menikmati!



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter