Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pantai Krui Lampung, Nikmati Keindahan Alam dan Tantangan Ombak untuk Surfing

Pantai Krui Lampung, Nikmati Keindahan Alam dan Tantangan Ombak untuk Surfing
Pantai Krui Lampung, Nikmati Keindahan Alam dan Tantangan Ombak untuk Surfing


SwaraWarta.co.id - Jika kamu sedang merencanakan liburan atau wisata ke Lampung, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Labuhan Jukung Krui atau lebih dikenal sebagai Pantai Krui. 

Pantai ini merupakan sebuah surga tersembunyi dengan ombak laut yang terkenal bagus untuk berselancar, serta keindahan alam yang masih sangat asli.

Lokasi Pantai Krui

Pantai Krui terletak di Krui, Ibu kota Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Lampung Barat. Wilayah ini juga terkenal dengan keberadaan pohon damar mata kucing (Shorea javanica), yang hanya tumbuh di pegunungan Bukit Barisan Selatan.

Dari Kota Bandar Lampung, perjalanan menuju Pantai Krui memerlukan waktu sekitar enam jam atau sekitar 250 kilometer dengan mobil. Pendatang yang sering terlihat di Pantai Labuhan Jukung dan Pantai Mandiri adalah turis asing yang membawa papan selancar mereka.

Keindahan Pantai Krui yang Memesona

Pantai Krui memiliki daya tarik yang luar biasa, terutama bagi para peselancar. Ombak di beberapa spot, seperti Lidah Ombak Jimmy's di Pugung Penengahan, dapat mencapai ketinggian 6,9 meter ketika sedang mengamuk, hanya dapat ditaklukkan oleh peselancar profesional. Namun, Pantai Krui tidak hanya untuk mereka yang mahir menaklukkan ombak deras.

Bagi yang masih belajar berselancar, terdapat banyak lokasi yang tidak terlalu berbahaya. Salah satu spot yang banyak diminati adalah Tanjung Setia, karena ombaknya besar namun perairannya relatif dalam dan aman.

Pantai Krui juga dikenal dengan sebutan Pantai Labuhan Jukung Krui. Terletak di Pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Krui Pesisir Barat, pantai ini menawarkan berbagai aktivitas wisata menarik, termasuk menyaksikan indahnya sunset, berselancar, dan menikmati kuliner khas Pesisir Barat.

Keunikan Pantai Krui

Pantai Krui memiliki pasir yang luas dan lembut dengan warna putih bersih. Terdapat ciri khas berupa landmark Labuhan Jukung Krui yang menjorok ke arah pantai. 

Tempat ini sering dijadikan spot foto favorit bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka di pantai ini.

Bagi yang datang dari luar daerah, terdapat banyak pilihan penginapan di sekitar pantai untuk kenyamanan pengunjung.

Rute, Harga Tiket, dan Jam Buka Pantai Krui

Jika datang dari Pulau Jawa, perjalanan menuju Pantai Krui melibatkan penyeberangan Selat Sunda dengan kapal feri selama 2–3 jam, diikuti perjalanan darat melalui rute lintas barat selama sekitar 8 jam. Jalur akses menuju Pantai Krui dan Pesisir Barat sudah beraspal dan nyaman dilalui.

Alternatifnya, Moms dapat memilih penerbangan menuju Bandara M. Taufik Kiemas dan melanjutkan perjalanan darat selama 6–7 jam.

Harga tiket masuk ke Pantai Krui adalah gratis, namun biaya parkir kendaraan dikenakan tergantung pada jenis kendaraan yang digunakan.

Pantai Krui buka setiap hari selama 24 jam, memberikan kebebasan bagi pengunjung untuk menikmati pesonanya kapan saja.

Pantai Lain di Sekitar Pantai Krui

Selain Pantai Labuhan Jukung Krui, terdapat pantai-pantai lain yang juga menarik dan dekat dengan Pantai Krui:

1. Pantai Tembakak

Pantai Tembakak memiliki pasir berwarna hitam dan batu karang yang tersebar dengan ukuran yang beragam. 

Pantai ini juga merupakan pelabuhan kecil untuk menuju Pulau Pisang. Moms dapat menikmati keunikan pasir hitam dan batu karang di sini.

2. Pantai Karang Nyimbor (Ujung Bocur)

Terletak hanya sekitar 15 menit dari Pusat Kota Krui, Pantai Karang Nyimbor atau dikenal sebagai Ujung Bocur memiliki deburan ombak tinggi sekitar 5–6 meter. 

Spot ini sering dijadikan favorit peselancar karena terdapat ombak dengan karakter pipeline yang menantang.

3. Pantai Walur

Pantai Walur terletak di Desa Walur, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat. Pantai ini menawarkan padang rumput yang hijau dihiasi pohon kelapa tinggi. 

Keunikan lainnya adalah hamparan pasir putih yang lembut dan cocok untuk berenang.

4. Pantai Mandiri

Pantai Mandiri memiliki pasir berwarna hitam dan dikenal dengan deburan ombak kencang yang cocok untuk peselancar. 

Pantai ini memiliki Surf Camp khusus bagi para peselancar yang ingin menghabiskan waktu di Pantai Mandiri.

Itulah sebagian informasi mengenai Pantai Krui dan beberapa pantai menarik di sekitarnya. 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk menjelajahi keindahan semua pantai ini ketika berkunjung ke Lampung? Semoga artikel ini dapat membantu kamu merencanakan liburan yang tak terlupakan!



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter