Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Tawarkan 3 Warna, Ini Pesona Danau Kalimutu NTT

 

Tawarkan 3 Warna, Ini Pesona Danau Kalimutu NTT
Pesona Danau Kalimutu (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Danau Kalimutu merupakan danau dengan tiga warna air yang berbeda, yaitu warna merah, biru dan hijau. 

Danau Kalimutu menjadi satu-satunya danau di dunia ini yang memiliki tiga warna air yang berbeda.

Danau Kalimutu memiliki ketinggian sekitar 1.639 meter di atas permukaan laut dengan luas sekitar 1,051 hektar. 

Danau ini terletak di kawasan Taman Nasional Kelimutu yang memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya dengan hutan tropis pegunungan, satwa liar, dan tumbuhan endemik.

Air di Danau Kalimutu sangat khas, setiap warna air memiliki kandungan yang berbeda-beda. 

Danau dengan air warna merah dikarenakan adanya sulfur yang mengendap di dasar danau, sedangkan untuk air warna biru dan hijau disebabkan oleh pengaruh gas yang terkandung dalam danau tersebut.

Keindahan danau Kalimutu yang menakjubkan tersebut menarik banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk berkunjung kesana dan menikmati keindahan alam Flores. 

Karena keterpencilan tempatnya, akses ke danau ini tidaklah mudah, namun keindahan danau Kalimutu sangatlah sepadan dengan perjalanan yang harus dilakukan.

Selain keindahan alamnya yang luar biasa, di sekitar kawasan Danau Kalimutu juga terdapat beberapa desa penduduk yang unik dan menarik untuk dikunjungi. 

Salah satu dari desa tersebut adalah Desa Pengadangan, di mana para wisatawan bisa melihat tradisi dan budaya yang masih dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat.

Selain itu, di sekitar kawasan Danau Kalimutu terdapat beberapa spot foto yang menarik dan sangat Instagramable. 

Banyak wisatawan yang datang kesini untuk berfoto dengan latar belakang keindahan Danau Kalimutu tersebut.

Selain sebagai tempat wisata, Danau Kalimutu juga memiliki makna spiritual bagi masyarakat setempat. 

Menurut kepercayaan masyarakat Flores, warna air pada Danau Kalimutu merepresentasikan roh orang-orang yang telah meninggal dunia. 

Oleh sebab itu, tempat ini juga seringkali dijadikan sebagai tempat ziarah bagi masyarakat setempat.

Itulah penjelasan beberapa hal yang mungkin dapat menjelaskan keunikkan dari Danau Kalimutu. 

Keindahan alam yang memukau, tradisi dan budaya yang masih terpelihara serta nilai makna spiritual menjadi daya tarik dari danau Kalimutu. 

Diharapkan dengan adanya artikel ini, dapat menambah wawasan tentang keindahan alam Indonesia dan kekayaan yang dimiliki oleh Nusa Tenggara Timur.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter