Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pasca KA Pandalungan Anjlok, Jalur Kereta Kawasan Jember Sudah Bisa Dilintasi

Daop Jember Pastikan Lintasan Kereta Sudah Bisa Dilalui
Jalur Kereta Kawasan Jember Sudah Bisa Dilalui-SwaraWarta.co.id (Sumber: TribunNews)


SwaraWarta.co.id - Seluruh perjalanan kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, telah kembali normal setelah insiden anjloknya KA Pandalungan di Stasiun Tanggulangin Sidoarjo pada Minggu (14/1).

Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, mengkonfirmasi bahwa semua kereta beroperasi sesuai jadwal pada hari Senin.

Proses evakuasi lokomotif dan gerbong KA Pandalungan di Stasiun Tanggulangin berhasil diselesaikan pada Senin dini hari pukul 00.22 WIB, memungkinkan jalur dapat dilalui kembali.

KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang Banyuwangi - Semarang Tawang Bank Jawa Tengah menjadi kereta pertama yang melintasi jalur tersebut dengan kecepatan terbatas 20 km/jam pada jam 03.11 WIB.

Sebelumnya, beberapa rangkaian kereta api keberangkatan dari Daop 9 Jember, seperti KA Ranggajati relasi Jember - Cirebon, KA Logawa relasi Jember - Purwokerto, KA Sritanjung relasi Ketapang – Lempuyangan, dan KA Wijayakusuma relasi Ketapang – Cilacap, terpaksa harus memutar lewat Bangil – Malang – Kertosono.

Akibatnya, beberapa kereta mengalami keterlambatan signifikan.

Kereta Api Sritanjung tiba di Stasiun Ketapang pada pukul 22.20 WIB, kereta ini mengalami kelambatan selama 122 menit.

Sedangkan, KA Logawa datang di Stasiun Jember pada pukul 22.20 WIB, mengalami kelambatan 225 menit.

KA Ranggajati tiba di Stasiun Jember pukul 23.34 WIB dengan kelambatan 179 menit, sementara KA Wijayakusuma tiba di Stasiun Ketapang pukul 05.51 WIB mengalami kelambatan 123 menit.

KA Blambangan Ekspres tiba di Stasiun Ketapang pada 11.20 WIB dengan kelambatan mencapai 385 menit.

Cahyo menyatakan bahwa semua kereta yang mengalami keterlambatan tersebut diberangkatkan kembali dari Daop 9 Jember pada Senin ini sesuai dengan jam keberangkatan masing-masing.

Meskipun demikian, pihak KAI tetap menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang yang mengalami keterlambatan di sejumlah stasiun tujuan di wilayah Daop 9 Jember akibat proses evakuasi KA Pandalungan.

Kejadian anjloknya KA Pandalungan, relasi Gambir-Jember, terjadi pada Minggu (14/1) pukul 07.57 WIB di Emplasemen Stasiun Tanggulangin.

Kecelakaan ini mengakibatkan jalur KA tidak dapat dilalui, memicu sejumlah perubahan jalur dan keterlambatan signifikan pada perjalanan kereta api di wilayah tersebut.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter