Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Rekomendasi Pesantren Terbaik di Jawa Barat, Benarkah Cetak Lulusan Berprestasi?

Rekomendasi Pesantren Terbaik di Jawa Barat, Benarkah Cetak Lulusan Berprestasi?
Pondok pesantren terbaik di Jawa Barat (Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Pesantren menjadi salah satu lembaga yang dipilih oleh sebagian orang tua, untuk memberikan bekal pada putra-putrinya ilmu agama.

Saat ini sudah banyak pondok pesantren modern yang menerapkan pembelajaran lebih canggih. Oleh karena itu, tidak heran jika ponpes semakin tinggi peminat.

Rekomendasi Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Barat

Ponpes sendiri sudah terdapat di beberapa wilayah, seperti Jawa Barat. Berikut beberapa pondok pesantren terbaik di Jawa Barat, yakni:

1. Pesantren Darunnajah Jakarta

Pesantren Darunnajah Jakarta sejak lama sudah dikenal masyarakat sebagai institusi pendidikan Islam swasta yang andal. 

Didirikan pada 1 April 1974 oleh Almarhum KH. Manaf Muhayyar, lembaga pendidikan ini dikenal kerap berinovasi dan keberhasilan dalam melakukan transformasi pendidikan.

Pesantren Darunnajah memfokuskan diri pada pendidikan bahasa Arab dan Inggris, dan mampu menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas.

2. Pesantren Al-Fatah Temboro

Pesantren Al-Fatah ini terletak di Desa Temboro, Kecamatan Kares di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. 

Dulunya, pesantren ini adalah lembaga pendidikan sejajar dengan pondok pesantren pada umumnya.

Namun, seiring berjalannya waktu, perkembangan pesantren Al-Fatah luar biasa dengan mendirikan bangunan permanen yang sederhana.

Bahkan, pesantren ini dikenal sebagai pesantren dengan kebersihan lingkungan yang asri serta kamar mandi dan ketersediaan air bersih yang selalu terjaga.

3. Pesantren Al-Mu'min Sukoharjo Jawa Tengah

Pesantren Al-Mu'min Sukoharjo Jawa Tengah berlokasi di Desa Cemani, Grogol, Sukoharjo dan memiliki sejarah panjang dalam pengembangan pendidikan agama dan keagamaan. 

Didirikan oleh enam serangkai yaitu Abdullah Sungkar, Abu Bakar Ba'sir, Yoyot Ruswadi, Abdullah Baraja, Abdul Kohar, Haji Dae Maetase dan Hasan Basri pada tahun 1974.

Pada awalnya, Al-Mu’min hanya memiliki satu unit dakwah berupa siaran radio non-komersial saja yang berlokasi di Nguruki Solo yaitu selatan terminal Tifes Surakarta. 

Pesantren ini sangat populer dan banyak diakses masyarakat karena mengadakan berbagai kegiatan pendidikan dan pemahaman agama melalui penggunaan media radio.

4. Pesantren Al Ihya Ulumuddin Cilacap Jawa Tengah

Pesantren Al Ihya Ulumuddin Cilacap Jawa Tengah didirikan oleh KH. Badawi Hanafi pada tanggal 24 November 1925 dan dikelola oleh putranya, KH. Chasbullah Badawi dan KH. Ahmad Mustohli. 

Pesantren ini memiliki kurikulum berbasis agama Islam serta mengedepankan pendidikan karakter dan akhlak dan memberikan pengajaran filosofi hidup bagi para santrinya.

5. Pesantren Daarut Tauhid (DT) Bandung

Pesantren Daarut Tauhid (DT) Bandung merupakan pesantren yang paling terkenal di Jawa Barat. 

Lembaga pendidikan ini berawal dari kegiatan kelompok pengajian yang dilakukan oleh KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) pada tahun 1986. 

Kelompok pengajian tersebut diberi nama Kelompok Mahasiswa Islam Wirausaha (KMIW).

Setelah semakin banyaknya program yang dilakukan KMIW dan melakukan studi banding ke beberapa pesantren, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Pada tahun 1990 KMIW diubah namanya menjadi Yayasan DT, tepatnya pada tanggal 4 September 1990 yang dikukuhkan dengan Akta Notaris Wiranti Ahmadi, S.H. No. 8.

Pembentukan Pesantren Daarut Tauhid berawal ketika para mahasiswa di Bandung bergabung membentuk sebuah lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan agama Islam sekaligus pendidikan kewirausahaan bagi para santri. 

Selanjutnya, pesantren ini berkembang dan melahirkan berbagai kegiatan ekonomi dan usaha seperti Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) DT pada tanggal 9 April 1994 dan MQ Corporation atau PT Manajemen Qolbu pada tahun 2002.

Itulah beberapa pondok pesantren terbaik di Jawa Barat yang populer di kalangan masyarakat. Bahkan jumlah santrinya sudah cukup banyak.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter