Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Suka Coding? Inilah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Beserta Prospek Kerjanya!

 

Suka Coding? Inilah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Beserta Prospek Kerjanya!
Prospek kerja jurusan RPL(Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sangat diminati oleh para siswa yang tertarik di dunia teknologi adalah Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL. 

Jurusan ini mempelajari cara mengembangkan perangkat lunak seperti membuat website, aplikasi, game, bahkan pemrograman komputer. 

Selain itu, ada tiga hal utama yang harus dikuasai oleh siswa yang mengambil jurusan ini, yaitu coding, desain, dan algoritma.

Coding sangat penting dalam RPL. Coding adalah proses penulisan kode atau bahasa pemrograman untuk membuat program atau perangkat lunak. 

Kode ini harus bisa dijalankan pada berbagai perangkat atau sistem operasi untuk memastikan ketergantungan sistem yang stabil, aman, dan mudah digunakan. 

Kemampuan coding ini sangat dibutuhkan dalam membuat perangkat lunak tersebut. Oleh karena itu, jurusan ini seringkali menjadi pilihan pelajar laki-laki>

Desain juga sangat penting dalam RPL. Desain dimaksudkan untuk membuat tampilan atau antarmuka yang mudah digunakan oleh pengguna. 

Aelain itu, desain juga dapat memperoleh nilai tambah yang baik dalam pengembangan perangkat lunak karena dapat mempengaruhi persepsi dan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan perangkat lunak tersebut.

Terakhir, algoritma juga penting dalam RPL. Algoritma adalah suatu prosedur atau urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah atau mendapatkan keluaran dari data masukan. 

Algoritma sangat penting dalam pembuatan perangkat lunak karena dalam membuat program, perlu ada prosedur yang sistematis sehingga mampu menangani masalah dan proses pengembangan aplikasi yang lebih mudah untuk dikelola.

Selain tiga hal utama RPL, jurusan ini juga membahas tentang jaringan dasar, perakitan komputer, dan teknologi lainnya. 

Siswa juga akan mempelajari bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Java, C++, PHP, dan lainnya. 

Jadi, mereka akan mempelajari semua bagian yang terkait dengan pengembangan teknologi informasi.

Setelah menyelesaikan jurusan RPL, lulusan akan memiliki banyak peluang kerja yang menjanjikan. 

Beberapa bidang kerja yang bisa dipilih, seperti konversi PSD ke WordPress, developer IT, programmer, IT consultant, system analyst, database engineer, web engineer.

Selain itu, lulusan RPL juga bisa menjadi computer network/data communication engineer, game developer, intelligent system developer, atau software tester.

Jadi, jika kamu memilih jurusan RPL, tidak perlu khawatir akan sulit mencari pekerjaan karena banyaknya peluang karir yang bisa kamu pilih di masa depan. 

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak ilmu menarik tentang teknologi dan menjadi orang yang berpengalaman di bidangnya. 

Prospek kerjanya yang cukup luas, membuat jurusan RPL memiliki peminat yang cukup tinggi setiap tahunnya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter